7 Alasan Pengajuan Maucash Ditolak

pengajuan maucash ditolak tidak di ACC

Mau tahu kenapa pengajuan Maucash ditolak? Kesempatan ini saya akan berikan alasan utama kenapa pengajuan pinjaman dan paylater di apk MauCash tidak di ACC. Jadi simak terus artikel ini!

Maucash merupakan salah satu aplikasi yang dimiliki oleh PT. ASTRA WELAB DIGITAL ARTA yang menyediakan jasa layanan pinjaman dan paylater. Tentu layanan ini sudah legal dan aman No.KEP-84/D.05/2019 tepatnya tanggal 30 September 2019.

Tak sedikit para calon peminjam yang mana pengajuannya ditolak mentah-mentah. Yang herannya lagi, belum pernah berhutang atau menggunakan layanan kredit di platform lain, tapi pengajuannya tidak diterima.

Jadi di sini saya sudah mengumpulkan alasan kenapa pengajuan kamu di MauCash ditolak.

Alasan Kenapa Pengajuan MauCash Ditolak

#1. Masalah SLIK OJK (Alasan Utama)

Hal yang paling mendasar adalah data kamu di SLIK OJK. Maucash maupun platform pinjol/paylater lainnya sangat membutuhkan data kamu yang didapatkan dari OJK untuk melihat daftar riwayat kredit. Tujuan adalah untuk meminimalisir kredit macet.

Nah, perlu kamu tahu kalu di SLIK OJK itu ada 5 kategori status kolektabilitas. Mulai dari KOL 1 sampai KOL 5. Untuk Kolektabilitas 1, artinya status pembayaran atau riwayat kredit kamu kamu sangat bagus. Dan kalau Kolektabilitas 5, artinya status kamu sangat kurang bagus. Jadi, pastikan kamu memiliki status kolektabilitas yang baik.

Solusi untuk masalah ini adalah memperbaiki riwayat kredit kamu dengan melakukan pembayaran tepat waktu dan melunasi tunggakan pinjaman sebelumnya.

#2. Data Informasi Pengajuan Kurang Lengkap

Yang kedua kenapa pengajuan MauCash ditolak adalah masalah data informasi kamu yang kurang lengkap. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada penilaian kredit kamu di Maucash. Pastikan kamu sudah melakukan pengisian data pribadi yang benar dan akurat. Contohnya, nama, NIK dan alamat tinggal harus sesuai dengan yang ada di KTP. Kualitas foto KTP juga harus bagus agar bisa dibaca oleh sistem.

Satu lagi, pastikan kode pos yang kamu berikan sudah benar dan sesuai dengan pos tempat tinggal kamu.

#3. Data Pekerjaan Tidak Sesuai dengan Kriteria

Salah satu alasan kenapa pengajuan Maucash ditolak adalah soal data pekerjaan kamu. Hal ini juga sangat pengaruh pada penilaian skor kredit kamu. Berdasarkan pengalaman saya, orang yang bekerja di perusahaan besar (PT) akan jauh lebih mudah di ACC atau diterima bila dibandingkan dengan USAHA SENDIRI.

#4. Penghasilan Kamu Belum Masuk Kriteria

Penghasilan yang baik dan jelas merupakan langkah yang baik agar pengajuan kamu bisa diterima. Kalau sumber penghasilan kamu tidak jelas tapi nominal penghasilan kamu besar, ini akan menjadi sumber masalah. Jadi pastikan sumber penghasilan kamu jelas dan nominal pendapatan kamu sudah benar/valid.

#5. Hasil Foto KTP dan Selfie Buram / Tidak Benar

Kalau ini mungkin terjadi karena kesalahan saat melakukan pengambilan gambar KTP dan Selfie sehingga hasil gambarnya buram. Hal ini tentu akan membuat Maucash sulit untuk meninjau data pribadi kamu.

Saran saya, pastikan semua hasil gambar foto KTP dan selfie pegang KTP terlihat dengan jelas. Pastikan juga pencahayaannya mencukupi dan tulisan terlihat jelas.

#6. Kontak Darurat

Ada apa dengan kontak darurat? Apakah ini bisa menyebabkan pengajuan Maucash ditolak? bisa saja! Karena berdasarkan pendapat Bonar, mungkin mereka mengetahui bahwa salah satu informasi kontak darurat yang kamu berikan tidak dapat dihubungi. Jadi mereka menolak pengajuan kamu. Jadi, silahkan periksa dan ganti nama dan nomor telepon apabila ini bisa dilakukan.

#7. Daerah Rawan atau Zona Merah

Menurut saya pribadi, kemungkinan besar ini bisa saja penyebab kamu tidak dapat mengajukan limit MauCash. Pihak penilaian skor kredit mencatat daerah yang kamu tinggal saat ini merupakan zona merah atau daerah yang banyak mengalami gagal bayar.

Penutup

Kami tidak bisa memastikan kenapa pengajuan MauCash ditolak. Tapi yang pasti secara umum yang paling berdampak adalah soal SLIK OJK kamu yang kurang bagus. Kalau SLIK kamu masuk ke kategori KOL 4 atau 5, kemungkinan besar pengajuan kamu langsung ditolak meski data yang kamu berikan sudah benar semua. Mungkin itu saja yang bisa saya berikan informasi soal MauCash. Semoga berguna!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *