Riwayat ChatGPT Hilang: Penyebab dan Tips

Riwayat ChatGPT Hilang – Chatbot yang diluncurkan pada November 2022 dan telah digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Meskipun ChatGPT memiliki fitur yang sangat berguna seperti menyimpan semua percakapan yang dilakukan pengguna dan menampilkannya dalam kotak riwayat, namun kadang-kadang ChatGPT juga menampilkan masalah seperti bug dan glitch.

Salah satu fitur terbaik dari chat ini adalah kemampuannya untuk menyimpan semua percakapan yang dilakukan pengguna dan menampilkannya dalam kotak riwayat. Namun, terkadang riwayat ChatGPT hilang, sehingga pengguna tidak dapat mengakses kembali percakapan sebelumnya dengan ChatGPT.

Kenapa Riwayat ChatGPT Tidak Muncul?

Pada bulan Maret 2023, OpenAI akan sementara menonaktifkan fitur riwayat ChatGPT. Percakapan sebelumnya tidak hilang, tetapi tidak tersedia sementara waktu selama tim pengembangan OpenAI memperbaiki bug dan masalah lainnya yang ada pada ChatGPT.

https://twitter.com/OpenAI/status/1639297361729191936?s=20

Dikarenakan adanya kelemahan pada sebuah perpustakaan open-source yang digunakan oleh ChatGPT yang memungkinkan beberapa pengguna untuk melihat judul dari riwayat percakapan pengguna lain, fitur riwayat ChatGPT dimatikan.

Menurut studi internal yang dilakukan oleh OpenAI, sekitar 1,2% dari pengguna ChatGPT Plus mungkin telah memiliki informasi pribadi mereka terbuka. Namun, jumlah total pengguna yang terdampak relatif sedikit, dan OpenAI memberitahukan setiap orang yang terkena dampak.

CEO Sam Altman mengumumkan di Twitter bahwa pengguna tidak dapat mengakses riwayat ChatGPT sementara waktu saat perusahaan bekerja untuk memperbaiki masalah tersebut, yang kemungkinan besar menyebabkan penundaan dalam pemulihan fitur tersebut.

https://twitter.com/sama/status/1638635717462200320?s=20

Bagaimanapun juga, masalah tersebut telah berhasil diselesaikan sekarang, sehingga riwayat percakapan Anda seharusnya muncul tanpa masalah. Jika riwayat ChatGPT Anda hilang, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memulihkannya:

riwayat ChatGPT

Tips Agar Riwayat ChatGPT Bisa Berfungsi

Apabila history atau riwayat chatGPT Hilang, berikut 6 tips yang bisa Anda coba:

1. Cek Koneksi Internet

Anda harus memiliki koneksi internet yang berfungsi untuk dapat menggunakan ChatGPT, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui. Jika koneksi internet Anda terputus saat Anda sedang berbicara dengan ChatGPT, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat melihat percakapan sebelumnya. Untuk mengatasi masalah ini dengan cepat, periksa apakah koneksi internet Wi-Fi atau data seluler Anda berfungsi dengan baik, kemudian restart tab browser yang sedang menjalankan ChatGPT.

Sebagai catatan tambahan, matikan semua VPN atau proksi yang Anda gunakan. Penggunaan VPN dapat mengganggu fungsi situs web karena layanan OpenAI dibatasi geografis. Selain itu, ChatGPT mungkin telah memblokir penyedia layanan VPN Anda, atau VPN itu sendiri mungkin sedang mengalami keterlambatan atau penundaan yang menghalangi situs dari berfungsi dengan baik.

Artikel: Cara Pakai ChatGPT dari Ubuntu via Shell GPT

2. Log Out dan Login kembali

Kemungkinan pembaruan untuk memperbaiki masalah sehinga dapat menimbulkan permasalahan pada sesi browser yang disimpan. Masalah tersebut dapat diatasi dengan keluar dan masuk kembali menggunakan akun OpenAI Anda.

keluar dari chatGPT

Untuk keluar, cukup klik tombol “Log Out” di bagian bawah halaman ChatGPT. Setelah keluar, Anda akan melihat tombol “Login” dan “Sign Up” dalam tata letak. Untuk melihat obrolan Anda tanpa masalah, klik tombol pertama, lalu tekan tombol OpenAI pada keyboard Anda untuk kembali ke bot.

3. Bersihkan Cache Pada Browser

Browser cache adalah kumpulan data yang sering Anda gunakan saat mengunjungi sebuah situs web, seperti cookie, status login, file kecil, dan data lainnya yang bisa membuat kembali ke situs web lebih nyaman.

Setiap situs web, termasuk ChatGPT, bisa mengalami masalah jika data ini rusak. Berikut adalah cara menghapus cache dari browser Chrome Anda.

  • Di pojok kanan atas, klik tiga titik. Pilih Setelan > Privasi dan Keamanan > Hapus data penjelajahan. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan pintasan Ctrl + Shift + Del.
  • Pilih data yang ingin Anda hapus dari kotak dialog, ubah Rentang waktu menjadi Semua, lalu klik tombol Hapus data.
cara hapus data penjelajahan di Chrome

Ini seharusnya dapat mengatasi masalah tersebut. Selain itu, perlu Anda ingat bahwa setelah menghapus cache browser, Anda perlu login kembali ke semua situs web lain, termasuk ChatGPT.

Baca: 6 AI Teks Jadi Gambar Terbaik dan Gratis

4. Periksa Status Server ChatGPT

Layanan ChatGPT sering mengalami masalah karena lalu lintas server yang padat. Kunjungi halaman Status Server ChatGPT untuk melihat riwayat waktu operasional untuk lab, playground, dan API ChatGPT selama 90 hari terakhir.

Anda tidak akan dapat masuk ke platform atau menggunakannya sepenuhnya jika server sedang down atau mengalami masalah lainnya. Hal ini juga dapat disebabkan oleh pembaruan proses atau pemeliharaan. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan dalam situasi ini adalah menunggu sampai masalah selesai.

5. Gunakan Ekstensi Pihak Ketiga

Benar, jika server ChatGPT sedang down atau mengalami masalah, maka kamu tidak akan dapat masuk ke platform atau menggunakan layanannya secara maksimal. Masalah tersebut juga bisa terjadi akibat adanya pemeliharaan atau pembaruan sistem. Di sini, yang dapat kamu lakukan hanyalah menunggu hingga masalah tersebut teratasi.

saveGPT ekstensi

Ada dua ekstensi yang sering digunakan yaitu SaveGPT dan ShareGPT. SaveGPT akan secara otomatis menyimpan riwayat obrolan di penyimpanan lokal browser, dan juga menambahkan tombol riwayat obrolan pada situs OpenAI itu sendiri.

Sedangkan ShareGPT menyimpan obrolan di situs yang berbeda dan dapat menghasilkan tautan yang dapat dibagikan, sehingga lebih mudah dalam membagikan obrolan jika dibutuhkan.

Alternatif Selain ChatGPT

Apabila history chatGPT tidak muncul dan kinerjanya sangat lambat yang diakibatkan padanya arus lalu lintas server, Anda masih bisa menggunakan fitur ChatGPT di berbagai tool alternatif lainnya. Silahkan baca artikel ini untuk mendapatkan 6 Alternatif ChatGPT: Solusi Terbaik dan Patut Dicoba.

Pulihkan Riwayat ChatGPT And

Anda dapat mengatasi kesulitan dalam mengulang percakapan dengan menyimpan riwayat ChatGPT Anda. Masalah yang mungkin disebabkan oleh cacat OpenAI telah diperbaiki hari ini. Jika Anda masih tidak dapat melihat riwayat obrolan Anda, coba perbaikan yang telah disebutkan di atas.

Meskipun ChatGPT telah menjadi sangat populer dengan kemampuan balasannya, Anda mungkin tetap mengalami masalah lain selain hilangnya riwayat obrolan. ChatGPT telah menarik minat dari seluruh dunia karena kemampuan balasannya, tetapi ada juga kelemahan-kelemahan yang perlu diperhatikan.