Apakah Sony Merilis Portabel PS5 ?

Apakah Sony Merilis Portabel PS5 ? – Sony pernah menjadi pemimpin pasar konsol genggam dengan seri PSP dan Vita, namun sudah lama sejak mereka merilis konsol genggam baru.

Kini, dengan beredarnya desas-desus tentang proyek perangkat genggam baru dari Sony, masih belum jelas apa yang sebenarnya akan mereka hadirkan. Namun, jika melihat tren terbaru, tampaknya banyak produsen konsol berusaha menghadirkan perangkat genggam yang lebih fleksibel dan mudah diakses oleh para gamer. Oleh karena itu, bisa jadi proyek yang sedang dikerjakan oleh Sony ini adalah upaya mereka untuk memperluas pasar dan menawarkan pengalaman bermain game yang lebih mobile dan mudah dijangkau.

Namun, apakah perangkat yang sedang dikembangkan hanya aksesori PS Remote Play, perangkat game lengkap, atau ada jenis perangkat lainnya, masih menjadi pertanyaan besar yang belum dapat dijawab dengan pasti.

Baca: Indonesia Bersiap-siap Menyambut Kedatangan Yu-Gi-Oh! Official Card Game

Rumor Tentang Perangkat Game Genggam Sony

berdasarkan laporan dari Tom Henderson dari Insider Gaming, Sony sedang mengerjakan perangkat game genggam bernama “Q Lite”. Namun, terdapat beberapa kategori di pasar game genggam dan nampaknya Sony tidak akan bersaing langsung dengan Steam Deck.

Berdasarkan rumor yang beredar, proyek Q Lite mungkin saja merupakan perangkat PS Remote Play karena Sony telah mempromosikan fitur tersebut secara konsisten. Namun, banyak penggemar game yang telah lama menantikan penerus PSP dan PS Vita untuk bersaing dengan perangkat game genggam terbaru seperti Steam Deck, Aya Neo, ONEXPlayer, dan ROG Ally. Oleh karena itu, jika benar tidak akan ada PlayStation portabel lengkap yang akan dirilis, hal ini mungkin dapat mengecewakan banyak gamer.

Rumor juga mengatakan bahwa proyek Q Lite direncanakan akan dirilis menjelang akhir tahun 2023 bersama dengan lebih banyak aksesori PS5 seperti proyek earphone dan headset nirkabel yang akan datang. Namun, sampai saat ini, Sony belum memberikan konfirmasi resmi terkait proyek Q Lite tersebut.

Akankah Perangkat Game Genggam Sony Menjadi Aksesori PS5 atau Konsol?

Tidak banyak detail yang diketahui tentang proyek Q Lite, tetapi kami memiliki alasan untuk percaya bahwa Q Lite hanya akan menjadi aksesori PS5 karena Sony tampaknya akan menggandakan PS5.

Sejak penghentian perangkat genggamnya, Sony telah mengambil pendekatan untuk berfokus pada satu platform dan mengembangkannya; menciptakan aksesori yang meningkatkan pengalaman produk utamanya.

Apakah Sony Merilis Portabel PS5 ?

Namun, hal lain yang dilakukan Sony adalah membuat beberapa versi konsolnya. Kedengarannya tidak masuk akal, tetapi selain versi PS5 Slim atau Pro, kita juga bisa mendapatkan PS5 genggam.

Valve telah menunjukkan bahwa Steam Deck bisa memainkan semua game PS5 yang tersedia di Steam (dan menggunakan PS Remote Play). Sony juga bisa mengikuti langkah Valve dan membuat konsol PS5 portabel mereka sendiri. Walaupun hal itu sangat menarik untuk dinanti, mengingat rumor yang beredar, kemungkinan besar proyek Q Lite hadir untuk melengkapi pengalaman inti-PS5.

Sony Kemungkinan akan Memasuki Pasar Gaming Cloud Genggam

Apakah Sony Merilis Portabel PS5 ?

Meskipun Q Lite mungkin memiliki potensi, hanya melakukan satu hal yang sudah dapat dilakukan oleh Steam Deck atau bahkan ponsel Anda plus pengontrol nirkabel mungkin tidak cukup menarik. Anda sebenarnya tidak memerlukan Q Lite untuk menikmati PS Remote Play karena fitur tersebut sudah tersedia di PS5 Anda.

Sony telah memiliki layanan cloud streaming melalui PlayStation Plus yang terbatas pada game PS4 dan yang lebih lama. Namun, kami yakin Q Lite akan menawarkan lebih dari itu. Mungkin saja Q Lite akan menjadi PlayStation genggam berbasis cloud; PlayStation portabel yang dirancang ulang untuk pasar gaming cloud.

Streaming cloud Q Lite dan PlayStation Plus memiliki peluang besar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh Google Stadia, yaitu menjadi platform cloud gaming yang sukses. Dengan memiliki perpustakaan game PlayStation yang besar dan pengalaman Sony selama lebih dari 20 tahun di pasar game, Q Lite dan PlayStation Plus bisa menjadi platform cloud gaming yang sukses dan mampu bersaing dengan Google Stadia yang sebelumnya gagal.

Cloud Gaming Bisa Menjadi Generasi Berikutnya dari PlayStation Portabel

Meskipun Q Lite awalnya hanya dianggap sebagai aksesori untuk Remote Play, Sony masih bisa mengembangkan perangkat tersebut menjadi produk mandiri dengan menyediakan layanan game cloud melalui langganan PlayStation Plus.

Hal ini dapat menjadikannya sebagai pesaing yang layak di pasar cloud gaming dan memberikan dorongan yang dibutuhkan untuk perkembangan industri tersebut. Artikel tersebut juga menyatakan harapan bahwa Sony dapat menghasilkan produk yang inovatif dan mengikuti jejak Valve dan perusahaan-perusahaan lain yang telah memperkenalkan perangkat game genggam baru.

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 351