Cara Memblokir dan Membuka Blokir Kontak di iPhone

Blokir Kontak di iPhone

Bagaimana Cara Memblokir dan Membuka Blokir Kontak di iPhone? – Meskipun smartphone memiliki banyak teknologi yang canggih, tidak ada cara real untuk menghindar dari panggilan yang bersifat SPAM dari penelepon yang tidak dikenal. Terkadang, Anda juga ingin memblokir sementara kontak yang mengganggu dan terus mengganggu Anda saat sedang rapat penting atau di luar waktu saat tidur.

Meskipun Anda memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga, sebagian besar pengguna iPhone lebih memilih fitur iOS default untuk memblokir kontak.

Apple meluncurkan fitur pemblokiran kontak di iOS 7. Dengan beberapa ketukan, Anda tidak hanya akan memblokir panggilan telepon yang tidak diinginkan tetapi juga pesan teks (SMS). Berikut adalah cara melakukannya.

Daftar Pilihan


Tutorial Blokir Kontak di iPhone

Meskipun iPhone menawarkan aplikasi Kontak untuk mengelola buku alamat Anda, Anda dapat memblokir kontak dari aplikasi yang berbeda. Anda juga harus tahu bahwa ketika Anda memblokir kontak, Anda akan memblokir panggilan telepon, pesan, email, dan FaceTime. Dengan kata lain, Anda tidak dapat memblokir kontak dari hanya menelepon atau mengirim pesan secara terpisah di iPhone. Ini adalah kesepakatan yang dikemas.


Blokir Penelepon di iPhone

Ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini untuk memblokir panggilan yang tidak diinginkan dari kontak di iPhone Anda.

  • Ketuk aplikasi “Phone / Telepon” di layar beranda Anda.
  • Pilih “Contact” dari navigasi bawah untuk mengakses daftar kontak Anda.
  • Pilih kontak yang ingin Anda blokir dari daftar. Jika Anda ingin memblokir penelepon baru-baru ini, ketuk tab “Recents” dan pilih tombol ikon informasi pada nomor penelepon.
  • Gulir ke bawah pada halaman kontak dan ketuk opsi “Blokir Penelepon ini” atau “Block this Caller”.
  • Konfirmasi lagi dengan menekan “Block Contact” untuk memblokir orang tersebut.
Blokir Penelepon di iPhone

Cara Menggunakan ID Penelepon dan Aplikasi Pemblokiran

Sebagian besar waktu spammer akan menelepon dari nomor yang tidak dikenal. Ada aplikasi seperti Hiya yang memungkinkan Anda melihat id penelepon asli dan memblokir panggilan spam. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan pencarian terbalik dan menemukan detail panggilan masuk.

Baca: 10 Top Ekstensi Safari Gratis untuk Mac Safari

Cara Menggunakan ID Penelepon dan Aplikasi Pemblokiran

Blokir Kontak dari Aplikasi Pesan

Apple memperkenalkan fitur pemfilteran spam baru di iOS 12. Ini akan membantu memfilter dan mengelompokkan pesan spam secara otomatis sebagai “Unknown Senders”. Anda juga dapat melaporkan pesan spam ke Apple sebagai sampah untuk membantu mengidentifikasi spam. Selain itu, Anda juga dapat memblokir pesan yang tidak diinginkan dari kontak.

Berikut adalah cara melakukan blokir kontak di iPhone melalui aplikasi pesan:

  • Ketuk ikon “Settings” di layar beranda Anda.
  • Gulir ke bawah dan pilih “Messages”.
  • Ketuk “Blocked Contacts” untuk Menambahkan kontak baru ke daftar yang diblokir.
Cara Menggunakan ID Penelepon dan Aplikasi Pemblokiran
Memblokir Kontak di iPhone

Atau, Anda dapat membuka aplikasi Pesan dan membuka pesan dari pengirim. Ketuk nama pengirim yang ditampilkan di atas dan pilih ikon info. Di sini Anda dapat memilih opsi “Block this Caller” untuk berhenti menerima pesan dan panggilan dari kontak.


Blokir Kontak Menggunakan FaceTime

Mirip dengan Telepon dan Pesan, Anda dapat memblokir kontak dari aplikasi FaceTime.

  • Buka “Settings > FaceTime” dan gulir ke bawah ke bagian halaman pengaturan.
  • Ketuk opsi “Blocked Contacts” lalu ketuk “Add New”.
  • Pilih kontak dari daftar untuk diblokir dari panggilan FaceTime.

Memblokir Pengirim Email di iPhone

Anda mungkin menyinkronkan kontak email dengan aplikasi Kontak Anda untuk pengelolaan yang mudah. Dalam hal ini, menerima email dari kontak spam akan membuat banyak kontak sampah di aplikasi Kontak Anda.

Karena pemblokiran berfungsi di iPhone di seluruh aplikasi, setelah Anda memblokir penelepon atau pengirim pesan, orang tersebut juga akan diblokir di email. Namun, Anda juga dapat memblokir pengirim di email untuk memblokir di aplikasi lain.

  • Buka aplikasi Mail lalu lihat email dari pengirim yang ingin Anda blokir.
  • Ketuk pengirim email untuk info detailnya.
  • Sekali lagi ketuk link nama pengirim yang ditampilkan di bidang “From”.
  • Ini akan membuka halaman kontak untuk pengirim email itu dan pilih opsi “Block this Contact”.
Cara Menggunakan ID Penelepon dan Aplikasi Pemblokiran
Blokir Kontak di iPhone
  • Selanjutnya, setiap email yang diterima dari pengirim tersebut akan secara otomatis dikirim ke folder sampah.
  • Anda dapat membuka folder sampah dan menandai email sebagai bukan sampah untuk memasukkan pengirim ke daftar putih lagi.

Untuk pemblokiran massal, buka bagian “Settings > Mail” dan ketuk opsi “Blocked”. Dari sini, Anda dapat memblokir beberapa orang dari daftar kontak Anda.


Lihat Semua Daftar Kontak yang Diblokir di iPhone

Ketika Anda mulai memblokir banyak orang di daftar kontak Anda, Anda akhirnya akan melupakan nomor yang telah Anda blokir. Mungkin tidak setelah beberapa waktu untuk mengingat penelepon yang telah Anda blokir. iPhone menawarkan fitur praktis untuk mendapatkan daftar semua nomor yang diblokir.

  • Ketuk ikon “Settings”.
  • Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Phone”.
  • Pilih “Blocked Contacts”.
  • Di sini Anda dapat melihat daftar semua nama penelepon yang diblokir.

Perhatikan bahwa dari halaman pengaturan ini Anda juga dapat memblokir penelepon tertentu. Anda juga dapat melihat semua kontak yang diblokir dari halaman pengaturan aplikasi Pesan dan FaceTime.


Cara Membuka Blokir Kontak di iPhone

Terkadang Anda mungkin memblokir sementara nomor teman Anda yang dikenal untuk menghindari gangguan. Meskipun Anda dapat mengaktifkan mode jangan ganggu, sangat berguna untuk memblokir penelepon dari aplikasi Telepon. Anda dapat membuka aplikasi Telepon dan mengetuk kontak. Di bagian bawah, pilih “Buka blokir penelepon ini” untuk mengizinkan panggilan dari kontak.

Jika Anda ingin membuka blokir beberapa kontak yang telah Anda blokir melalui telepon, email, atau pesan, Anda dapat melakukannya sambil melihat kontak yang diblokir dari halaman Pengaturan telepon.

  • Buka bagian “Settings > Phone >Blocked Contacts”.
  • Ketuk “Edit” yang muncul di sudut kanan atas.
  • Ketuk ikon minus yang muncul di depan kontak yang ingin Anda buka blokirnya.
  • Sekarang ketuk opsi “Unblock”.

Apa Yang Terjadi Ketika Anda Memblokir Nomor?

Saat Anda memblokir kontak, orang tersebut tidak akan tahu bahwa Anda telah memblokirnya. Ketika mereka mencoba menelepon Anda, kebanyakan mereka akan mendengar pesan sibuk seperti “nomor yang Anda tuju sedang sibuk”. Mereka dapat mengirim pesan suara, namun Anda tidak akan pernah menerimanya. Demikian pula kontak yang diblokir masih dapat mengirim pesan kepada Anda, tetapi Anda tidak akan pernah menerima pesan itu.

Namun, memblokir kontak bekerja secara berbeda untuk email. Anda memiliki opsi untuk memilih apa yang harus dilakukan dengan email dari pengirim yang diblokir. Buka bagian “Settings > Mail > Blocked Sender” dan aktifkan opsi “Mark Blocked Sender”. Ini akan menunjukkan tindakan untuk meninggalkan email di kotak masuk dan memindahkannya ke sampah. Bagaimanapun, email akan ditandai dengan tanda lingkaran merah agar Anda dapat dengan mudah mengidentifikasinya dari pengirim yang diblokir. Pelajari kiat lainnya tentang menggunakan aplikasi Mail di iPhone.


Penutup (Cara Blokir Kontak di iPhone)

Seperti yang Anda lihat, memblokir panggilan atau pesan kontak di iPhone tidak serumit yang Anda bayangkan. Anda dapat memblokir dari aplikasi Telepon, Mail, Pesan, atau FaceTime dan kontak akan diblokir di semua aplikasi di seluruh ponsel Anda. Anda dapat membuka halaman pengaturan untuk memblokir dan membuka blokir kontak secara massal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *