cara iklan di shopee anti boncos

Cara Iklan di Shopee Anti BONCOS dg Biaya Kecil

Kali ini saya ingin bagikan kepada kalian cara iklan di Shopee anti BONCOS dengan menggunakan biaya yang minim atau kecil. So, buat Anda yang berencana ingin beriklan di Shopee tapi ga jadi atau ragu-ragu karena takut boncos, kalian bisa simak artkel ini karena isi artikel ini tentunya sangat bermanfaat.

Trik beriklan di Shopee yang saya berikan di sini sangat cocok bagi Anda sebagai Reseller, Dropshipper, Importir atau pun brand sendiri. Baca: 5 Tempat Supplier Tangan Pertama untuk Dropship/Reseller

Jadi jika Anda termasuk kategori yang saya sebutkan di atas, silahkan terus pantau artikel ini karena saya akan berikan trik-trik cara beriklan di Shopee dengan benar.

Berikut di bawah ini adalah poin-poin topik kita:


Cara Iklan di Shopee Anti BONCOS dg Biaya Kecil

Fakta: Banyak pelaku seller di Shopee lebih memilih tidak beriklan karena takut gagal atau boncos. Atau mungkin Anda belum pernah / mau melakukan periklanan di Shopee tapi sudah sempat mendengar banyak isu-isu tentang beriklan di Shopee sering GAGAL dan akhirnya Anda tidak jadi, padahal iklan itu sangat penting.

Bagi saya, BONCOS atau rugi merupakan hal yang sangat biasa dan semua pelaku usaha termasuk saya sendiri pernah mengalami hal sedemikian. Tapi dari situlah saya dapat belajar.

Tujuan Iklan

  • Visibilitas produk atau toko
  • Meningkatkan jumlah pengunjung ke produk / toko
  • Meningkatkan penjualan
  • Menemukan produk unggulan

Visibilitas Produk / Toko: Supaya calon custome atau pelanggan tahu kalau toko Anda itu ada di marketplace.

Meningkatkan Pengunjung: Dari sini kita sudah tahu tujuan kita beriklan di Shopee adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung baik itu berkunjung ke toko Anda atau pun produk.

Meningkatkan Penjualan: Semakin banyak atau semakin meningkat jumlah pengunjung ke toko / produk, maka potensi penjualan Anda juga akan meningkat.

Menemukan produk unggulan: Maksudnya, ketika kita iklanin produk, maka kita akan mengetahui oh, ternyata produk A paling banyak atau sering laku dari semua produk yang ada. Dengan begitu, Anda bisa menentukan produk A ini lah yang akan menjadi produk HERO di toko Anda.


Pemilihan Produk

Anda harus benar-benar tahu produk mana yang menurut kamu lebih cocok untuk di-iklan-kan di Shopee.

Untuk mengetahuinya, Anda harus melakukan yang namanya Testing Produk.

Bagaimana caranya?

  • Urutkan 1 – 5 produk mana yang menurut Anda bagus dan cocok untuk pasang iklan.
  • Atau Anda bisa juga bertanya kepada orang-orang di sekitar Anda, kira-kira produk mana yang menurut dia produk itu cocok dan bagus.
  • Kemudian, Anda kumpulan 5 produk itu, lalu iklankan dengan target budget yang sama.
  • Setelah Anda iklankan, Secara berlahan akan muncul produk-produk mana yang paling diminati, dilihat atau berpotensi sering mendapatkan orderan. Dari situlah kita menilai bahwa produk A atau Produk B adalah produk yang cocok untuk kita lanjutkan untuk beriklan di Shopee.

Kalau ternyata kelima produk tidak ada yang cocok, hasil iklannya kurang memuaskan, Anda bisa lakukan edit kata kuncinya dan ganti budgetnya,

Anda sudah sudah ganti kata kunci tapi hasilnya belum memuaskan, berarti kelima produk itu tidak layak untuk dilanjutkan. Anda harus stop atau matikan iklannya dan ganti dengan 5 produk lainnya.


Bid Rendah

kalau bicara soal bid, berarti kita bicara soal biaya per klik pada iklan kita.

Nih, saya akan berikan tips cara menentukan harga perklik yang bagus untuk produk Shopee Anda.

Saya biasanya melakukan harga bid terendah dulu. Biasanya ketika kita melihat harga rekomendasi dari Shopee kita langsung mengikuti arahannya, justru itu yang saya tidak sarankan (bukan berarti tidak boleh).

Jadi, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah berikan BID yang paling rendah dulu sambil melihat secara berlahan-lahan, jika traffik nya OK atau kurang nampol, kalian bisa naikkan secara berlahan lahan.

Dan juga, bagi Anda yang baru memulai buka toko di Shopee, produk terjual masih sedikit, lalu kalian pasang bid dengan harga tertinggi, maka maka kalian lebih dekat dengan BONCOS.

Jadi, jangan terburu-buru untuk memasang iklan dengan bid yang paling tinggi atau rekomendasi. Karena di sini kita itu testing bukan sudah menemukan Winning Product.

Baca: Membuat Desain Kemasan Produk Di Canva


Volume Pencarian

Yang ketiga tips cara iklan di shopee anti boncos adalah volume pencairan. Nah, bagian ini pasti banyak yang salah.

Jadi saat kita memasukkan kata kunci, biasanyakan ada muncul volume pencairan. Setiap kata kunci itu memuliki volume yang berbeda-beda. Ada yang besar dan ada yang sedikit.

Saya kasih tips cara mengiklankan barang di shopee dengan memanfaatkan volume pencairan.

Anda boleh saja pilih kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Tapi alangkah lebih baiknya Anda pilih banyak kata kunci yang volume pencariannya masih rendah.

Kebanyakan pemilik toko Shopee kalau mau beriklan pasti ga mau ambil kata kunci yang pencariannya masih sedikit, maunya angka-angkanya yang tinggi.

Apa keuntungan ketika memilih kata kunci yang volumenya masih rendah?

  • Pesaing / kompetitor seller Anda jauh lebih sedikit
  • Iklan produk Anda berpeluang besar tampil di halaman utama.
  • Harga bid lebih kecil
  • Lebih terasa manfaat beriklan di Shopee

Atau Anda bisa lakukan mixing kata kunci dengan volume pencarian Tinggi dan rendah. Lalu sambil melihat apakah kata kunci atau keyword tersebut efektif atau tidak sama sekali.

kalau kalian mau pasaang iklan dengan bid tertinggi, ya itu silahkan saja jika marketing Anda sudah kuat. Tapi sekali lagi, artikel ini adalah tips cara iklan di shopee anti boncos dengan biaya yang rendah atau minim.

Waktu

Yang terakhir, menurut saya ini juga harus diperhatikan saat sebelum kita melakukan iklan di Shopee.

Kalian harus tentukan waktu yang tepat kapan untuk mengaktifkan atau menjalankan iklan dan kapan waktu yang tepat untuk menonaktifkan iklan produk Anda.

Kalau Anda sebelumnya sudah pernah pasang iklan, Anda bisa lihat statistik kira-kira jam berapa iklan atau produk Anda sering dilihat oleh orang.

Rekomendasi dari saya, Jangan terlalu sering Anda mengaktifkan iklan produk di Shopee Anda selama 24 jam. Sekali-kali bolehlah untuk melihat atau memantau kapan waktu yang tepat untuk beriklan.

Siap untuk Bertempur

Jika Anda ikuti tips-tips di atas mulai dari pemilihan produk, menentukan BID, volume pencarian dan waktu yang cocok untuk beriklan, maka Anda sudah siap untuk beriklan secara lebih.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan tentang cara mengiklankan barang di Shopee. semoga artikel ini bermanfat bagi Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.