Membuat E-Book di Canva

Cara Membuat E-Book di Canva (PC) untuk Bisnis

Postingan hari ini saya mau membagikan tips cara membuat E-Book di Canva untuk keperluan bisnis atau hal lainnya.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan desain akan jauh lebih mudah jika kita menggunakan Canva. Sejak kemunculannya, semua orang bisa ber-kreasi desain apapun yang mereka mau, baik dalam kepentingan pribadi, bisnis, pendidikan dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, Canva sudah menyiapkan berbagai banyak fitur canggih yang dapat memudahkan kita melakukan tugas-tugas desain, salah satunya adalah E-Book.

Memuat E-Book atau buku elektronik digital yang memungkinkan kita membuat buku tanpa harus menggunakan kertas dan pulpen sebagai bahan dan alat dasar.


Cara Membuat E-Book di Canva (PC) untuk Bisnis

Kalau Anda saat ini sedang mencari tutorial membuat E-Book di Canva? Anda sudah berada di blog yang benar. Bonar.ID akan memandu tahap demi tahap pembuatan Ebook yang mudah, simple dan bagus tentunya.

Ukuran EBook di Canva

Saya merekomendasikan ukuran E-Book di Canva menggunakan Dokumen A4 atau Dokumen US Letter (8,5×11 inci). Ini adalah ukuran yang biasa saya buat.

Template E-Book di Canva

Canva sudah menyediakan beberapa desain untuk membuat E-Book. Anda bisa menemukannya di bagian template dan ketik “E-Book”.

template ebook di canva
template ebook di Canva

Pada bagian temlate, Anda bisa menemukan banyak template E-Book yang disediakan secara cuma-cuma. Ada yang versi gratis dan versi Pro atau berbayar.

Template yang berbayar biasanya ditandai dengan logo mahkota kuning di bagian sudut kanan bawah desain.

Jika Anda masih menggunakan Canva Free, Anda bisa mencoba Canva Pro Gratis selama 30 hari.


Contoh Membuat E-Book Panduan

Contoh saja, saya akan membuat E-Book atau buku tentang panduan kursur Blog.

Terkadang, ada template di Canva yang sudah satu paket yang terdiri dari cover, daftar isi, konten dan template desain lainnya.

Contoh Membuat E-Book Panduan
Tulisan 2 dari 11 (template satu paket)

Di sini saya menemukan template yang cocok untuk membuat E-book panduan blogger.

template e-book gratis.
Klik terapkan semua untuk copy paste ke lembar kerja

Jadi kita tinggal mengeditnya sedikit seperti edit text, menambahkan logo, ganti gaya tulisan, warna dan sebagainya.

Untuk mengganti latar belakang sampul, cukup dengan cara meng-klik bagian sampulnya >> klik panel warna persegi yang ada di bagian atas (taskbar) pilih warna yang tersedia di sebelah kiri.

menambahkan warna

Untuk menambahkan logo di bagian atas sampul sangat mudah sekali, Anda hapus dulu tulisan (Your Logo Here). Upload logo Anda di bagian menu Unggahan >> Upload File (atau seret logo ke arah halaman Canva) >> Jika berhasil upload, klik logonya atau drag atau seret logo ke arah lembar kerja Anda. Sesuaikan ukurannya dengan template yang sudah disediakan.

edit di canva

Menambah / Meng-edit Font

Ganti tulisannya dengan kalimat Anda sendiri, misalnya “Buku Panduan Blogger Pemula”. Anda juga bisa mengubah gaya tulisan dengan cara mengklik pada elemen teks >> klik Font di bagian tasbar. Klik di sini untuk belajar cara menambahkan teks di lembar kerja Canva.

Profil

Klik bagian template profil >> Silahkan ganti foto dan teksnya. Buat lah tentang diri Anda secara singkat. Jangan lupa ubah dan sesuaikan nomor laman.

Membuat E-Book di Canva

Daftar Isi

Tambahkan laman daftar isi yang mana serangkaian topik yang ada pada buku tersebut. Ganti tulisannya sesuai dengan topik yang ada.

Membuat E-Book di Canva
Membuat E-Book di Canva

Bagaimana caranya supaya ketika teks di klik maka mengarah ke halaman tertentu. Sebagai contoh di kasus ini kita membuat daftar isi E-Book di Canva. Dan ketika kita klik topik Jenis Blog, maka akan diarahkan ke halaman Jenis blog.

Caranya cukup mudah sekali:

  • Pertama, pergi ke halaman Daftar Isi,
  • Klik bagian teks Topik (teks apapun)
  • Klik tiga titik di bagian sudut kanan atas
  • Kemudian klik ikon link
  • Pilih laman yang Anda ingin kaitkan.

Isi Konten

Membuat E-Book di Canva tentu harus ada konten. Silahkan Anda buat artikel tentang topik yang Anda buat.

Download / Convert ke PDF

Setelah Anda selesai membuat E-book di Canva, tiba saatnya Anda download atau convert ke dalam PDF. Caranya mudah sekali, klik Bagikan >>Unduh >> Pilih PDF >> Unduh

Pastikan di bagian Pilih halaman semua laman dicentang semua.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan soal cara membuat E-Book di Canva dengan mudah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.