Memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 11?

Resolusi layar di Windows 11 tidak tampil, buram, ukuran tidak pas dengan monitor

Masalah Resolusi Layar di Windows 11

Cara Memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 11 – Istilah “resolusi” menunjukkan jumlah piksel yang dapat ditampilkan dalam unit tertentu seperti dots per inchi (DPI) atau pixels per inch (PPI). Namun, ketika berbicara tentang dunia komputer, ini menunjukkan jumlah total piksel yang dapat ditampilkan monitor baik secara horizontal dan vertikal. Misalnya, 1920 x 1080 berarti, monitor dapat menampilkan 1920 pixels dalam arah horizontal dan 1080 pixels dalam arah vertikal.

Ada resolusi tampilan standar yang berbeda yang tersedia untuk komputer Windows tergantung pada pabrikannya.

Jika Anda kesulitan mengatur resolusi tampilan yang tepat untuk komputer Windows Anda, berikut Bonar.ID telah menyediakan beberapa rekomendasi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Daftar Isi:

Panduan Cara Memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 11

Resolusi tampilan sangat penting untuk melihat konten dengan benar di layar monitor. Apakah Anda menggunakan laptop atau komputer desktop yang lebar, masalah resolusi layar dapat disebabkan karena banyak faktor. Dalam kebanyakan kasus, masalahnya muncul karena resolusi atau penskalaan yang salah dalam pengaturan Windows. Namun, bisa juga karena masalah perangkat keras di monitor Anda. Anda akan melihat satu atau beberapa gejala di bawah ini ketika Anda memiliki masalah resolusi layar.

  • Tampilan keluar dari layar dan tidak sesuai dengan lebar monitor
  • Ikon dan teks yang terlalu kecil atau terlalu besar sehingga sulit untuk dibaca
  • Tampilan blur yang mendistorsi konten teks di aplikasi
  • Layar berkedip dan aplikasi rusak.

Ikuti opsi di bawah ini untuk memeriksa dan memperbaiki masalah resolusi layar di Windows 11.

1. Ubah Pengaturan Resolusi Tampilan

Ketika tampilan monitor tidak berfungsi, pixels resolusi layar adalah hal pertama yang harus Anda periksa.

  • Klik kanan pada desktop dan pilih opsi “Display Setting”.
  • Ini akan membuka aplikasi Pengaturan Windows dan pergi ke bagian “System” dari sidebar.
  • Buka bagian “Scale & layout” di panel kanan dan klik dropdown “Display resolution”.
  • Anda akan melihat daftar opsi dan memilih ukuran resolusi layar yang ditandai seperti yang direkomendasikan dalam braket untuk model komputer Anda.
  • Jika Anda mengubah resolusi, Windows akan langsung menampilkan pratinjau dan memberi Anda waktu 15 detik untuk memutuskan apakah Anda ingin mempertahankan opsi yang dipilih atau kembali ke keadaan sebelumnya. Periksa tampilan dan putuskan tindakan Anda berdasarkan hasilnya.
ganti resoulis tampilan di windows 11

Tips

Laptop yang lebih kecil membutuhkan resolusi layar yang lebih tinggi seperti 2160 x 1440 piksel. Namun, Anda dapat mengubah ke 1920 x 1080 piksel untuk menyesuaikan tampilan layar yang nyaman bagi Anda.

2. Periksa Scaling / Penskalaan

Jika resolusi tampilan layar di Windows 11 tidak memperbaiki masalah, hal berikutnya yang perlu diperiksa adalah pengaturan penskalaan atau scaling. Ini membantu menyesuaikan ukuran teks dan jendela aplikasi di dalam layar.

  • Anda dapat menemukan opsi “Scale” tepat di atas opsi “Display resolution” di Settings app.
  • Klik dropdown dan pilih opsi yang disarankan untuk komputer Anda.
cara setting scale di windows 11
cara setting scale di windows 11
  • Opsi scale tersedia antara 100% hingga 225% dengan rentang tambahan 25%. Jika Anda ingin menetapkan beberapa nilai penskalaan khusus lainnya, cukup klik opsi “Scale” dari dropdown. Ini akan membuka opsi “Custom scaling” di mana Anda dapat memasukkan nilai apa pun antara 100% hingga 500%.

Windows akan langsung menerapkan pilihan Anda yang dapat Anda periksa dan memutuskan apakah ingin menyimpan perubahan atau mencoba opsi scaling yang lain.

3. Ubah List Mode

Saat mengubah resolusi tampilan, Anda juga dapat mencoba mengubah List Mode di Windows 11.

  • Saat Anda berada di bagian “Sistem > Display” pada Settings app, gulir ke bawah dan klik opsi “Advance Display”.
  • Di layar berikutnya, pilih tampilan Anda yang bermasalah. Jika Anda menggunakan satu monitor, maka akan selalu menampilkan “Display 1” Internal Display”. Jika Anda menggunakan beberapa monitor, pastikan untuk memilih monitor yang memiliki masalah resolusi layar.
  • Setelah sudah menemukan monitor yang bermasalah, klik link “Display adapter properties for Display x” di bagian “Display Information”.
display adapter properties for Display 1
Masalah Resolusi Layar di Windows 11

ini akan membuka kotak dialog monitor and graphics adapter’s properties. Pastikan Anda berada di tab “Adapter” dan klik tombol “List All Modes”.

Memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 11 dengan cara list mode

Anda akan menemukan daftar lengkap mode tampilan yang tersedia dan segera ubah mode ke mode yang berbeda. Klik “OK” dan kemudian “Apply” untuk menyimpan perubahan Anda.

Windows akan menerapkan perubahan dan meminta Anda dengan pop-up untuk menyimpan perubahan atau kembali ke keadaan sebelumnya. Uji mode yang berbeda untuk memutuskan mode mana yang membantu memperbaiki masalah resolusi layar Anda.

4. Perbarui / Update Driver Graphic Card

Cara Masalah Resolusi Layar di Windows 11 selanjutnya adalah memperbarui driver untuk kartu grafis Anda. Terkadang, ini dapat memengaruhi tampilan Anda jika driver terbaru tidak kompatibel dengan monitor Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan salinan pengandar Anda saat ini dari pabrikan sebelum Anda memperbarui ke versi terbaru.

  • Seperti dijelaskan di atas, buka kotak dialog monitor and graphics card properties.
  • Kali ini klik tombol “Properties” di bawah tab “Adapter”.
  • Ini akan membuka properti kartu grafis Anda. Buka tab “Driver” dan klik tombol “Update Driver”.
Memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 11 dengan cara update driver

Windows akan menampilkan dua opsi untuk memperbarui driver kartu grafis Anda. Jika Anda memiliki file driver terbaru, pilih “Browse my computers for drivers” dan perbarui driver secara manual. Jika tidak, klik opsi “Search automatically for drivers” untuk mendapatkan versi terbaru dari online.

Setelah memperbarui driver kartu grafis, restart komputer Anda dan periksa apakah itu membantu memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 11 Anda.

5. Periksa Pengaturan DPI pada Aplikasi

Jika Anda memiliki masalah dengan aplikasi tertentu, ikuti petunjuk di bawah ini untuk memeriksa pengaturan DPI.

  • Temukan aplikasi-aplikasi yang bermasalah (.exe) atau file pintasan di File Explorer. Anda dapat menggunakan Pencarian Windows untuk membuka lokasi file aplikasi dengan mudah.
  • Klik kanan pada shortcut aplikasi dan buka Properties
Masalah Resolusi Layar di Windows 11
  • Buka tab “Compatibility” dan klik tombol “Change high DPI settings”.
Masalah Resolusi Layar di Windows 11
  • Aktifkan opsi di bawah “Program DPI” dan pilih opsi “I open this program” dari dropdown.
  • Demikian pula, aktifkan opsi “High DPI scaling override” dan pilih “Application” dari dropdown.
  • Klik tombol “OK” untuk menerapkan perubahan Anda.
cara mengatasi Masalah Resolusi Layar di Windows 11

Buka kembali aplikasi dan periksa apakah teks dan tampilan disejajarkan dengan benar di layar. Jika Anda memiliki masalah, kembali ke pengaturan DPI dan nonaktifkan opsi untuk mengembalikan tampilan aplikasi ke keadaan sebelumnya.

6. Update Aplikasi dan Windows

Terkadang aplikasi atau OS Windows tertentu dapat memiliki bug yang memengaruhi tampilan monitor Anda. Dalam kasus seperti ini, memperbarui aplikasi dan OS Windows ke versi terbaru akan membantu memperbaiki masalah Anda.

Untuk pembaruan aplikasi, ikuti petunjuk untuk masing-masing aplikasi seperti memperbarui dari online atau dari Microsoft Store. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk memperbarui OS Windows:

  • Klik kanan pada tombol Start dan pilih opsi “Settings”.
  • Saat Anda berada di aplikasi Pengaturan, buka opsi “Windows Update” dari bilah sisi kiri.
  • Klik tombol “Check for updates” untuk menemukan apakah ada versi Windows terbaru yang tersedia untuk pembaruan.
  • Jika Anda menemukan pembaruan, klik tombol “Download & install” untuk memperbarui OS Windows Anda.

Catatan: Pembaruan Windows utama dapat membawa banyak fitur baru serta memodifikasi fitur yang ada. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa detail dari situs Microsoft sebelum memperbarui komputer Anda untuk menghindari masalah yang tidak perlu.

7. SFC Scan

Dalam kasus yang jarang terjadi, file yang rusak di sistem Anda dapat menyebabkan masalah tak terduga seperti memengaruhi tampilan. Dalam hal ini, Anda dapat mencoba memindai semua file dan memperbaikinya menggunakan perintah default Windows.

  • Klik kanan pada ikon menu Start dan pilih opsi “Terminal (Admin)”. Atau, tekan tombol pintas “Win + X” dan pilih opsi “Terminal (Admin)”.
  • Jika Anda tidak berada di aplikasi Command Prompt, tekan tombol pintas “Control + Shift + Space” di Terminal app dan pilih opsi “Command Prompt” dari dropdown.
  • Ketik sfc / scannow dan tekan tombol enter.
  • Tunggu hingga sistem menyelesaikan proses pemindaian dan perbaikan.

Sekarang, periksa apakah itu membantu memperbaiki Masalah Resolusi Layar di Windows 11 Anda.

8. Pertimbangan Lain

Berikut adalah beberapa pertimbangan tambahan untuk memperbaiki masalah terkait resolusi layar di Windows 11:

  • Video Resolution – jika Anda kesulitan dengan resolusi video, maka sebagian besar aplikasi/situs streaming video menawarkan fungsi khusus untuk memilih resolusi. Misalnya, Anda dapat mengeklik kanan video YouTube dan memilih resolusi yang diinginkan.
  • Dark Mode, Night Light Mode and Custom Colors – jangan bingung dengan resolusi layar dengan mode yang tersedia di Windows. Jika Anda salah mengatur mode malam, mode gelap, atau menerapkan warna khusus, setel ulang kembali dari aplikasi Pengaturan untuk menggunakan opsi tampilan default.
  • Hardware Problems – Anda dapat dengan mudah menemukan masalah perangkat keras saat Anda melihat garis berkedip-kedip mengalir di layar monitor atau bayangan muncul di tepinya. Dalam kasus ini, Anda mungkin perlu mendapatkan dukungan dari produsen.

Penutup (Masalah Resolusi Layar di Windows 11)

Dalam kebanyakan kasus, resolusi tampilan dan pengaturan penskalaan membantu memperbaiki masalah resolusi layar di komputer Windows 11. Jika itu tidak membantu, Anda dapat mencoba opsi lain yang dijelaskan di atas. Jika tidak ada saran yang membantu memperbaiki masalah Anda, Anda mungkin perlu menghubungi pengecer laptop/desktop Anda untuk mendapatkan dukungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *