Cara Withdraw dari Amartha & Alasan Berhenti Berinvestasi

Withdraw dari Amartha

Kali ini duwita.com akan membahas tentang gimana cara kita melakukan withdraw dari Amartha dan alasan kenapa kami melakukan withdraw dari Amartha.

Di artikel sebelumnya duwita sudah menjelaskan apakah berinvestasi di Amatha aman, bagaimana cara investasi di Amartha beserta tips-tips memilih mitra yang cocok untuk Anda.

Cerita Pengalaman dan Alasan Berhenti Investasi di Amartha

Jadi sekarang kami memiliki portofolio sebanyak Rp8.600.000. Sejauh ini kami sudah masukkan sebanyak Rp8.500.000. Cuma karena setiap minggunya ada pengembalian dana pokok dan bunganya, maka sekarang asetku udah bertambah jadi 8 juta 600ribu rupiah.

Kemudian dana tersedia saat ini ada di angka Rp.1.478.190. Kalau misalnya kita cek ke portofolio, berikut adalah portofolio yang kami punya saat ini :

portfolio amartha terbaru
portfolio amartha terbaru

Duwita.com punya beberapa pendanaan yang sekarang sedang aktif. Untuk mengeceknya Anda bisa langsung masuk ke menu Portfolio.

Melalui menu Portfolio ini, kita bisa melihat siapa-siapa saja mitra kita bayar tepat waktu dan sebagainya.

Namun, di bagian menu portfolio ini kita bisa lihat ada dana yang saya investasikan ternyata statusnya “nyangkut” atau sedang dalam proses.

dana sedang dalam proses di amartha

Apa yang sebenarnya terjadi? Kenapa dana kita bisa nyangkut atau dalam proses oleh pihak Amartha?

Jadi sebenarnya kejadian ini sudah berlangsung hampir satu bulan nyangkut di Amartha sebesar Rp3.500.000. Entah kenapa penyebabnya sehingga dana kami nyangkut dan dana sebesar itu juga tidak dikembalikan ke saldoku sehingga dana tersebut akhirnya nggak berkembang dan juga kami tidak bisa berbuat banyak.

Karena terjadi hal seperti ini, yang kami lakukan adalah withdraw dari Amartha dan mungkin aku akan menggunakan platform lain untuk Aku melakukan yang namanya investasi.

Kalo menurut duwita, kejadian seperi ini jadi kurang nyaman dan dana yang kami punya tersangkut dan tidak berkembang.

Memang sih, kalau dari pihak Amartha sendiri selalu mengirimkan informasi terkait hal tersebut.

Berikut di bawah ini adalah isi dari email terkait masalah dana dalam proses:

isi email dari amartha

Setelah kita baca isi email dari Amartha ternyata yang menjadi masalah adalah dari pihak mitra telah mengundurkan diri atau gagal cair sehingga dana tersebut nyangkut alias dalam proses di Amartha.

Dan isi email Amartha juga mengatakan kalau dana kami akan dikembalikan ke saldo akun dengan maksimal estimasi 3×24 jam.

Namun faktanya adalah mulai dari tangga 18, kemudian tanggal 19 kami dikirimkan email yang sama. Kemudian di tanggal 20 juga dikirimi email sama lagi dan sampai tanggal 21 dan tanggal 22 yang terjadi adalah kami juga sudah melaporkan masalh ini ke tim customer service dari Amartha.

Jadi aku udah sempet tanyain dan juga menceritakan semuanya bahwa aku memiliki dana yang tersangkut sebanyak Rp3.500.000, Apakah bisa segera dibantu proses untuk dikembalikan karena dalam janjinya  (email) maksimal 3 hari akan dikembalikan. Namun terjadi adalah sudah sekitar empat hari lebih dananya tetap tersangkut.

Kalau misalnya ini dibiarkan saja, yang kami kuatirkan adalah dana tersebut tidak bisa berkembang.

Seperti yang kita ketahui, kita harus melawan yang nama inflasi. Jadi kalau kita tidak menginvestasikan uang kita, mungkin pada akhirnya uang tersebut nilai akan berkurang dan pada akhirnya akan merugikan kita sebagai seorang investor.

Akhirnya akupun memberitahukan kendala yang aku alami bahwa ada dana kami yang tersangkut. Kemudian tim Amartha cukup baik dan sangat suportif. Tim Amartha membalas bahwa mereka akan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Lalu aku menunggu sebanyak 30 menit, namun pengecekannya belum selesai jadi aku berusaha untuk bertanya lagi namun yang terjadi adalah mereka memproses pengecekan tersebut dan mungkin masih butuh waktu beberapa saat yang lalu dibilang nanti kami akan informasikan lebih lanjut kepada bapak.

whatsapp amartha terbaru

Jadi mungkin langkah yang perlu kami lakukan hanya tinggal menunggu. Atau mungkin kami akan memindahkan dana tersebut ke investasi P2P lending yang lain.

Cara Penarikan atau Withdraw dari Amartha

Mungkin karena pengalaman di Amartha yang kurang baik inilah saya buatkan sekalian tutorial cara melakukan penarikan di Amartha.

Bagi Anda yang bingung melakukan withdraw, silahkan ikuti panduan di bawah ini:

Pengingat: Dana bisa dicairkan minimal saldo Rp50.000

cara tarik dana dari amartha
cara tarik dana dari Amartha
  1. Buka aplikasi Amartha
  2. Masuk ke menu Activity
  3. Pilih tombol Withdraw
  4. Pada bagian halaman Tarik Dana, ketik nominal yang ingin Anda withdraw dari Amartha.
  5. Jika ingin menarik semua dana yang Anda punya di saldo Amartha, silahkan ketikkan berdasarkan jumlah dominal Dana tersedia.
  6. Pastikan semua data daro nomor rekening, nama rekening dan pemilik rekening sudah benar.
  7. Jika sudah tekan tombol Tarik.
proses penarikan di amartha
proses penarikan di amartha

Gambar di atas bisa kita lihat bahwa butuh waktu proses penarikan di Amartha maksimal 3×24 jam.

Biasanya butuh beberapa waktu untuk melihat total aset yang kita punya setelah melakukan withdraw. Karena menurut saya data aset portfolio kita muncul tidak secara realtime sehingga ketika sudah withdraw dan aset belum berkurang.

Jadi, seperti itulah cara melakukan withdraw dari Amartha terbaru. Silahkan terus lakukan pengecekan di rekening kita secara berkala apakah sudah masuk atau belum.

Jika selama 3 hari dan dana belum juga masuk ke rekening. Segera laporkan masalah ini ke pihak CS Amartha.

Kesimpulan (Pengalaman Investasi di Amartha)

Setiap investasi P2P lending setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan. Contohnya di pembahasan sebelumnya saya sendiri sudah membahas kelebihan Amartha.

Jika Anda pengen berinvestasi di Amartha, saya katakan boleh-boleh saja dan sebenarnya itu adalah hal yang baik. Saya tekankan sekali lagi. Tidak ada aplikasi P2P lending yang sempurna. Pasti ada kekurangan. Ini hanya pengalaman kami berinvestasi di Amartha dan bukan menjadi patokkan bahwa Amartha itu jelek atau penipuan. Tidak ya…

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *