Proses Cepat Pengajuan Pinjaman Tunaiku

proses pengajuan pinjaman Tunaiku

Ingin mengajukan pinjaman di Tunaiku tapi bingung mulainya dari mana? atau sebelum mengajukan pinjaman online, Anda ingin melihat / me-review tampilan dan proses pengajuan dari awal hingga akhirnya seperti apa?

Table of Contents

Proses Cepat Pengajuan Pinjaman Tunaiku

Sebelum kita lanjut ke pembahasan, ada baiknya untuk mempertimbangkan pinjam uang di Tunaiku ini. Karena, aplikasi ini sangat ketat banget. Mereka sangat berhati-hati untuk memberikan pinjaman kepada calon nasabahnya. Makanya banyak teman–teman kita yang ditolak atau tidak di ACC.

Tetapi, kalau saya bandingkan aplikasi penyelenggara pinjaman online lainnya, Tunaiku merupakan aplikasi yang paling baik dari segi bunga yang ringan dan tenor hingga 20 bulan.

Syarat Pinjam Uang di Tunaiku

Adapun syarat-syarat yang harus Anda penuhi untuk meminjam uang di Tunaiku ini:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia miminal 21 hingga 55 tahun
  • Punya rekening pribadi (nama rekening dan nama pengajuan harus sama)
  • Punya pekerjaan dan penghasilan.
  • Berdomisili di wilayah kawasan Tunaiku.

Saya yakin semua syarat tersebut bisa Anda penuhi. Tetapi, di poin terakhir inilah yang membuat kita tidak di ACC karena daerah tempat tinggal kita belum ada (belum terjangkau) oleh layanan Tunaiku.

Mungkin ada yang bertanya, kenapa harus berada di daerah layanan Tunaiku? Karena di salah satu bagian pengajuan pinjaman di Tunaiku ini ada yang namanya prosedur tanda tangan kontrak.

Apa itu tanda tangan Kontrak? Kalau di dunia kerja, momen inilah yang paling ditunggu-tunggu karena ini merupakan  momen penting untuk memulai karir mereka.

Kalau di dalam dunia fintech, ini merupakan sebuah tahap proses pengajuan pinjaman antara peminjam dan pemberi pinjaman.

5 Tahap Proses Pengajuan Pinjaman Tunaiku

Secara garis besar, ada 5 tahapan cara pengajuan Tunaiku;

  1. Pendaftaran: memilih jumlah pinjaman serta tenor seusai dengan kemampuan. Mengisi beberapa formulir pengajuan pinjaman.
  2. Terima Persetujuan: Tim Tunaiku akan memproses semua informasi Anda yang mereka terima. Lama proses kurang lebih dari 24 (dua puluh empat) jam. Setelah itu mereka akan memberikan info mengenai status pengajuan Anda.
  3. Konfirmasi Pinjaman: Jika sudah disetujui, selanjutnya mengatur jadwal tanda tangan kontrak dengan kurir Tunaiku
  4. Proses Tanda Tangan Kontrak: Kurir Tunaiku membawakan surat kontrak untuk Anda, selanjutnya Anda tandatangani sebagai bukti perjanjian pinjaman. (tidak melakukan survei). Simak FAQ mengenai Tanda Tangan Kontrak Tunaiku.
  5. Menerima Dana: Setelah itu dana pinjaman yang Anda ajukan akan dikirim melalui rekening bank pribadi.

1. Pendaftaran

Anda akan diminta beberapa data informasi Anda seperti:

  • Data Pribadi
  • Data Bank
  • Data Pasangan
  • Alamat KTP
  • dan beberapa informasi lainnya.

Lamanya proses pengisian formulir pendaftaran tidak sampai 15 menit. Jadi, Anda harus benar-benar mengisi data dengan baik, jangan sampai Anda salah menginput data.

2. Verifikasi Data (SMS dan Email)

Proses pinjam uang di Tunaiku Selanjutnya adalah melakukan proses verifikasi data pribadi Anda.

Setelah mengisi formulir, Anda akan mendapatkan email dari pihak Tunaiku. Isi dari Email ini adalah memberikan informasi status pinjaman Anda di Tunaiku apakah pengajuan diterima atau kebalikannya.

Proses lamanya verifikasi data ini akan memakan waktu paling lama 3 hari kerja.

Perlu Anda ketahui, besarnya cicilan yang akan diterima adalah <30% dari penghasilan. Hal ini sangat penting untuk menjaga cash flow agar tetap aman dalam menjalani kebutuhan sehari-hari.

3. Tanda Tangan Kontrak

Proses pengajuan pinjaman Tunaiku yang ketiga adalah tanda tangan kontrak. Ini merupakan proses setelah Anda mendapatkan informasi status pinjaman Anda diterima.

Kamu harus bertemu dengan kurir dan menandatangi surat perjanjian pinjaman. Anda bisa tentukan mau ketemuan di rumah pribadi atau tempat Anda bekerja.

Oleh karena itu penting sekali Anda mengisi formulir alamat rumah dan kantor Anda sejujur-jujurnya agar tidak terjadi pembatalan pinjaman uang di Tunaiku.

Jangan lupa siapkan KTP dan buku rekening pribadi Anda sendiri saat sebelum melakukan proses tanda tangan kontrak perjanjian pinjaman.

Tidak bisa menggunakan buku rekening atas nama orang lain, sekalipun punya orangtua atau pasangan Anda.

4. Pencairan Uang

Tahan pengajuan pinjaman Tunaiku selanjutnya adalah proses pengiriman uang pinjaman yang Anda ajukan ke rekening pribadi Anda.

Jika Anda tidak sempat membuka rekening bank baru, Anda bisa daftar beberapa bank online yang mana bisa kita daftar buka rekening tanpa harus pergi ke kantor Bank (offline).

5. Pembayaran Angsuran

So, Tunaiku menawarkan beberapa opsi cara melakukan pembayaran cicilan.

  1. ATM
  2. Internet Banking
  3. Mobile Banking
  4. Teller Bank
  5. Auto Debet

Kalau ada rejeki dan melakukan pelunasan lebih awal, maka bunga berjalan tidak akan dihitung.

Cara Pinjam Uang di Tunaiku (Aplikasi)

tunaiku di play strore terbaru

Step 1: Download dan Instal

Bagi Anda yang belum download aplikasinya, silahkan klik disini untuk dialihkan ke Play Store.

Bagi yang sudah instal, silahkan cek informasi pembaharuan aplikasi Tunaiku.

tampilan tunaiku

Saat pertama kali buka aplikasi Tunaiku, terdapat dua tombol: Cek Pinjaman dan Ajukan Sekarang. Jika Anda baru pertama kali dan ingin mengajukan pinjaman, silahkan pilih yang Ajukan Pinjaman.

Step 2: Tentukan Jumlah dan Periode Pinjaman

ajukan pinjaman di tunaiku terbaru

Berbeda dengan aplikasi pinjaman online lainnya, di Tunaiku kita bisa menentukan jumlah besar uang yang ingin kita pinjam serta periode periode pinjaman.

Silahkan tentukan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda membayar cicilan. Semakin panjang jangka waktu (periode pinjaman) maka semakin kecil besar cicilan dalam tiap bulan.

Jika sudah tekan Ajukan Pinjaman

Step 3: Area Layanan Tunaiku

area layanan tunaiku

Cara pinjam uang di Tunaiku berikutnya adalah menentukan lokasi tempat tinggal kita. Pada gambar di atas terdapat beberapa kota layanan. Pastikan kota Anda telah tersedia layanan pinjaman Tunaiku.

Apabila kota Anda tidak tersedia layanan Tunaiku, maka sayang sekali, Anda belum bisa mengikuti prosedur pinjam uang di Tunaiku ini.

Jika sudah tekan Lanjutkan.

Step 4: Buat Akun (Isi Formulir)

mengisi data tunaiku

Berikutnya, kita isi beberapa informasi seperti Nama KTP, NIK KTP, dan Nomor HP yang aktif. Silahkan isi sesuai dengan data asli Anda.

Setelah itu tekan tombol Lanjut Isi Formulir Pengajuan dan pastikan nomor Anda sudah benar

Step 5: Mengisi Rekening Bank, Email

mengisi rekening bank di Tunaiku

Selanjutnya isi informasi data Bank rekening pribadi Anda seperti nama Bank, nomor rekening dan juga Tujuan meminjam Dana.

pastikan nama rekening bank Anda sesuai dengan nama KTP agar tidak terjadi pembatalan pencairan ketika sudah di ACC.

masukkan alamat email di tunaiku

Gulir ke bawah, dan masukkan alamat email pribadi Anda, kepemilikan Email, Tingkat Pendidikan Terakhir, Agama dan Jenis Tempat Tinggal KTP. Setelah selesai tekan Lanjutkan.

Step 6: Alamat Tempat Tinggal

masukkan alamat lengkap

Berikutnya, kita masukkan alamat kita secara langkap. Tidak apa-apa apabila informasi alamat lengkap ini tidak sesuai dengan KTP asalkan berada di daerah layanan Tunaiku.

Step 7: Status Tempat Tinggal

status tempat tinggal

Berikutnya kita mengisi soal status tempat tinggal kita apakah jenisnya rumah, apartement atau Ruko. Anda juga harus menghitung kira-kira pengeluaran biaya PLN dalam satu bulan.

Jumlah Tanggunan artinya berapa banyak orang yang mana tanggung jawabnya dibiayai oleh Anda.

Jika sudah tekan tombol Lanjutkan untuk masuk ke proses pinjam uang di Tunaiku.

Step 8: Data Pekerjaan

 Data Pekerjaan di Tunaiku

Pilih salah satu jenis pekerjaan Anda. kemudian tekan tombol Lanjutkan.

Step 9 – Status Pernikahan

status pernikahan di tunaiku

Berikutnya pihak Tunaiku meminta informasi soal status pernikahan Anda. Apabila sudah menikah, Anda diminta untuk memasukkan nomor KTP, nama dan tanggal lahir pasangan Anda.

Step 10: Data Kerabat

masukkan data kerabat di Tunaiku

Selanjutnya, pilih salah salah satu data kerabat / teman Anda, masukkan juga nomor hp dan alamat lengkap. Setelah itu tekan Simpan.

Step 11: Periksa Data

periksa data

Terakhir, cara pengajuan pinjaman Tunaiku adalah memeriksa semua data pribadi kita. step ini harus Anda lihat dengan teliti mana tahu ada beberapa data yang salah input.

Salah satu tips agar pinjaman di Tunaiku berpeluang besar di ACC, Silahkan masukkan kode refferal yang Anda punya. Jika tidak ada, silahkan masukkan kode referral milik saya.

Kode Referal: Silahkan masukkan kode referral “ANDROKIT”

izinakan pernagkat dibutuhkan Tunaiku

Tekan Lanjutkan untuk memberikan izin perangkat mengakses perangkat Anda.

Meningkatkan Peluang Agar di ACC Pinjam Uang di Tunaiku

pengajuan pinjaman tunaiku

Setelah Anda mengisi semua data informasi, selanjutnya Anda diberikan penawaran dari pihak Tunaiku untuk mendapatkan atau meningkatkan kesempatan pinjaman Anda disetujui. Jika Anda mau tekan tombol Tingkatkan peluang sekarang atau jika tidak tekan tombol Lewati untuk saat ini.

Apa yang mereka minta? ketika Anda tekan tingkatkan peluang Sekarang, maka Anda akan diminta untuk menghubungkan rekening Internet Banking atau m-Banking ke server Tunaiku. Tujuannya adalah untuk melihat daftar transaksi untuk keperluan penilaian kredit.

Anda bisa membatalkan verifikasi rekening dengan cara menekan tombol tanda silang di bagian atas dan berikan alasannya.

alasan membatalkan verifikasi
pengajuan pinjaman Tunaiku

Pengajuan Pinjaman Berhasil Di Kirim

pengajuan pinjaman berhasil di kirim

Selamat, pengajuan telah berhasil dikirimkan. sekarang kita masuk Akun dengan menekan tombol di bawah layar Anda.

Selanjutnya, pihak Tunaiku akan mengirim SMS yang mana isinya adalah PIN 4 angka dan masukkan nomor tersebut ke dalam tipa kolom seperti gambar di bawah ini.

masukkan kode pin Tunaiku
cara ajukan pinjaman di Tunaiku

Selanjutnya, Anda diharapkan untuk menunggu sampai proses pemeriksaan data selesai. Ini akan menentukan apakah pengajuan pinjaman Tunaiku di ACC atau ditolak. Untuk melihat lamanya proses pengecekan data Anda bisa tap bagian Pengecekan Data

konfirmasi pinjaman disetujui oleh Tunaiku

Di atas adalah screenshot tampilan jika pengajuan pinjaman Tunaiku di ACC. Selanjutnya tekan tombol Lanjut Konfirmasi.

Langkah berikutnya adalah bertemu dengan kurir Tunaiku untuk melakukan proses Tanda tangan kontrak. Klik di sini untuk mengetahui tentang proses tanda tangan kontrak.

Berapa Lama Proses Pencairan Dana di Tunaiku?

Setelah Anda melakukan proses tanda tangan kontrak? Maka butuh waktu 1 s/d 3 atau 4 hari kerja dana Anda akan dicairkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini silahkan simak Kapan Proses Pencairan Pinjaman di Tunaiku?

FAQ

Jika adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman-teman kita:

T: Apakah bisa pinjam lebih dari satu kali di Tunaiku?
J:
Anda bisa meningkatkan pinjaman di Tunaiku apabila tenor pinjaman kita 10 sampai dengan 20 bulan. Seandainya periode pinjaman Anda kurang dari itu, maka Anda tidak bisa melakukan Topup pinjaman.

T: Kalau sudah melakukan pelunasan pinjaman dan mau ajukan lagi, apakah bisa?
J: Jika Anda ingin mengajukan pinjaman uang kembali, maka Anda bisa menggunakan Tunaiku Prioritas. Informasi ini bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Tunaik

T: Apakah pinjol Tunaiku resmi?
J: Tunaiku adalah aplikasi pinjaman online yang resmi. Terdaftar dan Diawasi oleh OJK.

T: Saat mengisi formulir pengajuan pinjaman Tunaiku ternyata nomor Hp Salah, apakah bisa diganti / di-edit?
J:
Untuk perubahan nomor hp Anda bisa melakukan perubahan melalui aplikasi, Akan tetapi apabila terdapat kendala, Saya rekomendasikan untuk menghubungi layanan call center Tunaiku di nomor 021-40005859. Usahakan hubungi dari hari Senin-Jumat dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

T: Kenapa Pinjaman Tunaiku Ditolak?
J:
Ada beberapa faktor, salah satunya adalah saat proses tanda tangan kontrak, tanda tangan Anda berbeda dengan yang ada di KTP Anda.

T: Apakah Tunaiku ada Survey?
J: Tidak ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *