Tandai! Ciri-Ciri Pinjol Ilegal dan Tips Agar Tidak Tertipu

ciri-ciri pinjol ilegal

Ciri-Ciri Pinjol Ilegal – Segala aktivitas kita apapun terbukti semakin dipermudah dengan tumbuhnya teknologi digital. Sebut saja dalam segi komunikasi, membeli kebutuhan sehari-hari, atau melakukan aktivitas keuangan seperti mendapatkan pinjaman online (financial loan) melalui perusahaan teknologi peer-to-peer lending (fintech P2P).

Ketersediaan pinjaman cukup menguntungkan bagi mereka yang mengalami kesulitan keuangan. Masalah keuangan sekarang dapat diselesaikan hanya dengan bersantai di depan komputer atau menggunakan ponsel alih-alih meminjam uang dari teman atau bank dengan panik.

Mengajukan pinjaman tidak hanya cepat dan gampang, tetapi juga memiliki beberapa syarat yang sangat sederhana. Yang sering dibutuhkan hanyalah NPWP, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan nomor rekening pribadi yang sudah digunakan minimal tiga bulan.

Karena pengajuan pinjaman yang cepat dan mudah, tidak jarang oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk kepentingan sendiri, salah satunya dengan menipu orang dengan berpura-pura menjadi pinjaman.

Ciri-Ciri Pinjol Ilegal (Tidak Resmi OJK)

Nah, pada kesempatan ini, Bonar.ID akan memberikan ciri-ciri pinjol ilegal serta menyajikan beberapa tips agar kita tidak mudah tertipu oleh oknum yang mengaku pinjol legal.

Adanya Unsur Paksaan

Ketika seseorang perlu meminjam uang mendadak, mereka akan langsung membuka situs web pinjaman online, dan ketika mereka membutuhkan informasi lebih lanjut, mereka akan menghubungi CS yang terdaftar di web tersebut.

Berbeda dengan lembaga pemberi pinjaman yang ilegal, yang biasanya menghubungi calon korban melalui SMS atau telepon dan menjamin pencairan dana yang cepat dengan memberikan informasi yang tidak lengkap serta menggunakan unsur paksaan untuk membuat korban melakukan mengajukan pinjaman.

Baca: Apa itu PayLater? Alasan, Contoh dan Tips Bijak Lengkap

Pakai DP

Ketika Anda mengajukan pinjaman, peminjam biasanya tidak memerlukan DP atau uang muka sebagai syarat. Walaupun ada itupun hanya tidak seberapa. Tapi kebanyakan KTA Online saat ini tidak menggunakan DP.

Jauh berbeda sekali dengan pinjam uang di pinjol ilegal, yang sebenarnya membutuhkan uang muka dengan nominal yang sangat tinggi, dan ini menjadi hal yang tidak biasa.

Katakanlah Anda perlu meminjam Rp. 50.000.000, namun diperlukan uang muka sebesar Rp1.000.000 atau lebih karena likuiditas cepat dari dana yang ingin Anda pinjam.

Tidak Pakai Persyaratan

Siapa saja bisa mengajukan pinjaman dana cepat cair tanpa terkecuali. Maksudnya walaupun siapa saja bebas mengajukan pinjaman, namun ada beberapa persyaratan yang harus diikuti oleh peminjman dan tentunya persyaratan tersebut sudah ditentukan oleh lembaga pinjaman online yang bersangkutan.

Mungkin ada beberapa orang yang terkadang takut dan masih ragu-ragu untuk mengajukan pinjaman apabila tidak di ACC nantinya. Kemudian, pinjaman online ilegal mulai bermunculan dengan janji pencairan uang cepat tapi tanpa persyaratan. Pastikan persyaratannya tepat dan lengkap sebelum mengajukan pinjaman.

Kenali Profil Perusahaan Pinjol

Tentu saja, Anda bisa mendapatkan nomor telepon lengkap, alamat kantor, dan no legalitasnya di situs web pinjaman resmi sehingga calon peminjam yang tertarik dapat segera menghubunginya.

Kalau di pinjol ilegal, mereka sering menyembunyikan informasi sebanyak mungkin tentang bisnis mereka. Identifikasi tersebut bahkan mungkin palsu, sebagaimana dibuktikan dengan alamat bisnis yang ambigu, nomor ponsel, dan akun email yang sebenarnya adalah alamat pribadi orang lain.

Data Pribadi

Biasanya, lembaga pemberi pinjaman resmi hanya perlu mengetahui nama peminjam, nomor telepon yang aktif, dan alamat email. Bahkan jika Anda meminta nomor rekening, itu tidak akan digunakan untuk apa pun selain menjalankan pemeriksaan kredit dan mencairkan dana calon peminjam.

Adalah bijaksana untuk berhati-hati dan menunda mengajukan pinjaman kepada suatu pihak jika meminta data pribadi selain yang telah disebutkan, seperti pin ATM.

4 Risiko Pinjam Uang di Pinjol Ilegal

Risiko Pinjam Uang di Pinjol Ilegal

1. Bunga yang Besan dan Semakin Besar

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa pinjaman online ilegal ini seringkali memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada jenis pinjaman lainnya. Meski syaratnya sederhana dan pembayarannya cepat cair, biasanya KTP sudah cukup.

Sebelum meminta pinjaman, pikirkan lagi. Bisakah Anda membayar bunga harian, yang bisa setinggi 0,5% setiap hari? belum lagi biaya lain yang mungkin tidak diungkapkan di awal perjanjian.

2. Utang Makin Besar

Pinjaman online secara ilegal biasanya memberikan hutang baru kepada pelanggan yang terlambat membayar untuk mendapatkan keuntungan dari mereka. Namun, bahkan dengan biaya keterlambatan yang meningkat, bunga pinjaman masa lalu masih bertambah.

Akibatnya, debitur memiliki bunga ganda yang belum dibayar serta hutan lainnya. Sulit untuk melarikan diri dari pinjaman yang melanggar hukum ini setelah Anda tertangkap. Kecuali jika mereka memiliki uang tunai yang cukup untuk melunasi semua hutang, bunga pinjaman, dan biaya yang overhead.

3. Cara Penagihannya yang Sangat Kasar

Berbeda dengan perusahaan pinjol yang legal yang mana mereka mempunyai staf atau tim khusus untuk menagih utang para nasabahnya melalui telepon.

Kalau proses penagihan pinjol ilegal itu sangat kasar sekali dan sesuka hati mereka (walaupun terkadang di pinjol legal masih ada yang menggunakan cara ini).

4. Adanya Unsur Penyalahgunaan Data Pribadi

Anda akan diminta untuk memberikan beberapa dokumen termasuk informasi pribadi, seperti pinjaman online legal pada umumnya. Anda harus menyadari bahwa informasi tentang Anda dapat dieksploitasi untuk alasan apa pun jika berada di tangan individu yang bertindak di luar batas hukum.

Penipuan yang dilakukan atas nama orang lain sangat lazim terjadi dalam tindak pidana. Anda tidak ingin berurusan dengan polisi untuk insiden yang tidak pernah terjadi, bukan?

Bagaimana Cara Pinjol Ilegal Menagih ke Korban?

Faktanya, adanya pinjaman online saat ini dapat membantu menyelesaikan masalah keuangan masyarakat. Tapi berhati-hatilah saat meminta pinjaman dari orang yang memanfaatkan untuk melakukan penipuan.

Jika Anda sudah masuk ke dalam permainan mereka (pinjol ilegal), bukan malah menyelesaikan masalah, namun menambah masalah dan mengalami kerugian besar.

Itulah sebabnya mengapa OJK dengan tegas menyampaikan kepada masyarakat agar tidak mudah tergiur dan melarang melakukan transaksi pinjaman dana ke pinjol ilegal.

Sering kali, teknik yang digunakan untuk menagih pinjaman online ilegal membuat konsumen trauma hingga ketakutan. Ini karena debt collector akan mengintimidasi Anda tanpa henti sampai Anda melunasi hutang Anda.

Kengerian yang dilakukan tidak hanya memengaruhi Anda tetapi juga keluarga dan teman dekat Anda. Bahkan penagih utang di satu lokasi tidak takut untuk mempublikasikan gambar Anda!

Tips Menghadapi / Menghindari Penagihan Pinjaman Online Ilegal

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindari perangkap debt collector pinjol ilegal?

Kumpulkan Bukti Chat Ancaman / Teror dari Pihak Penagihan

Mengumpulkan semua bukti teror yang dilakukan oleh pihak terkait adalah saran pertama yang harus Anda lakukan. Ini bisa berupa pesan suara atau pesan yang Anda dapatkan saat penagih utang meneror Anda.

Pergi ke kantor polisi terdekat

Jika menurut Anda cara penagihan pinjol ilegal sudah melampaui batas atau berlebihan, Anda bisa pergi ke kantor polisi terdekat dengan Anda, lalu buat laporan atas yang Anda.

Langkah selanjutnya adalah pergi ke kantor polisi setempat yang terdekat dengan Anda. Jika pendekatan penagihan pinjaman selangit dan ilegal, Anda juga dapat mengajukan laporan saat Anda pergi ke kantor polisi.

Laporkan ke OJK

Langkah terakhir adalah mengajukan pengaduan ke OJK terkait debt collector dan pinjaman online ilegal yang Anda gunakan.

Anda dapat dengan mudah melaporkan pinjaman online ilegal ke OJK ke Satgas Waspada Investasi agar segera diblokir.

Itulah beberapa penjelasan lengkap tentang pinjaman online ilegal. Mulai dari ciri-ciri pinjol ilegal, bagaimana cara mereka menagihnya hingga tips menghadapi DC yang selalu mengancam atau teror melalui telepon atau chat singkat. Semoga ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *