3 Solusi Berjualan Dropship dari Marketplace ke TikTok Shop

marketplace ke tiktok shop

Pada artikel ini bakalan seru banget, karena Bonar.ID akan berikan tips cara dropship dari Marketplace ke TikTok Shop. Mau itu dari Shopee, Tokopedia, Lazada atau marketplace yang Anda favoritkan.

Tips Dropship dari MarketPalce ke TikTok Shop

Sebelum kita bicara lebih lanjut, perlu teman-teman ketahui bahwa cara berjualan di TikTok Shop itu berbeda dengan berjualan di marketplace yang mana sudah menggunakan Resi Otomatis. Sebenarnya marketplace lain sudah punya fitur ini dan bukan berarti Anda tidak bisa Dropshiop dari MarketPlace ke TikTok Shop.

TikTok Shop ini unik. Kenapa? Karena kebanyakan pelanggan itu melihat konten yang menarik, baru ingin membeli barang, bukan? Konten ini bisa berupa dari video offline, TikTok Ads atau live Streaming.

Jadi buat teman-teman yang ingin berjualan dropship lewat TikTok Shop saran saya buatlah konten video offline.

Lalu tips dropship di TikTok selanjutnya adalah Anda harus mempunyai modal yang cukup besar.

Kenapa?

Karena untuk dropship di TikTok Shop ini jika kita estimasikan uang Anda akan jauh lebih lama masuk ke rekening Anda. Paling lama mungkin tujuh hari.

Itu artinya Anda harus talangin dulu untuk belanja barang dari supplier. Lalu, uang yang Anda talangin tadi beserta uang keuntungan akan kembali ke rekening setelah tujuh hari tegantung jarak lokasi pelanggan Anda.

3 Solusi / Metode Dropship dari Marketplace ke TikTok Shop

Berikut di bawah ini adalah tiga cara atau metode dropship dari Marketplace ke TikTok:

Dropship dari Marketplace ke TikTok Shop

Pilih Supplier yang Bisa Menerima Resi Otomatis

Tips pertama adalah Anda harus benar-benar memilih toko atau supplier dari marketplace lain yang bisa menerima Resi Otomatis.

Kenapa?

Karena ketika kalian jual produk (dropship) dari Shopee atau Tokopedia dan mendapatkan orderan dari ke TikTok Shop, Anda perlu mencetak nomor resi dalam bentuk entah itu PDF, JPG atau sebagainya. Kemudian tinggal kirimkan ke supplier dan biarkan supplier yang akan kirim barang itu ke pelanggan Anda.

Metode ini kita gunakan supaya kita tidak perlu mengeluarkan ongkir dan mengecek stok barang lagi. Karena biarkan saja pihak supplier yang mengerjakan itu dengan resi yang sudah kita dapatkan dari Toko kita.

So, sebelum Anda memulai dropship di TikTok Shop, pastikan Anda sudah mendapatkan toko/supllier yang siap menggunakan resi otomatis.

resi otomatis

Anda bisa cari dan bertanya langsung ke pemilik tokonya, “Kak, bisa ga di toko ini dropship lalu menggunakan resi otomatis atau tidak”. Anda harus mendapatkan toko atau supplier yang bersedia menggunakan resi otomatis.

Kalau Anda sudah mendapatkan tokonya, berarti tahapan untuk membuka toko online dropship di TikTok Shop sedikit terbuka lebar tinggal Anda atur strategi penjualan di TikTok.

Di mana kita bisa cari Supplier?

Banyak kok, Anda bisa mencarinya di toko-toko marketplace seperti Shopee, TokoPedia dan lain-lain.

Atau Anda juga bisa mencari toko/supplier yang bisa menggunakan resi otomatis di toko offline.

Ambil Profit Lebih Tinggi (Nalangin Ongkir)

Yang kedua tips dropship dari marketplace ke TikTok Shop adalah mengambil profit lebih tinggi dari pada menjual dengan harga murah.

Kenapa?

Karena ketika kita mengambil profit lebih tinggi kita bisa mengakalinya misalnya Anda mendapat orderan dari TikTok Shop lalu kirim ke lokasi alamat gudang kita. Lalu kita kirimkan lagi ke pelanggan Anda.

Misalnya, Anda order barang dari pihak supplier dengan lokasi yang sama-sama Jabodetabek. Harga ongkirnya (misalnya) Rp9.000/satu kilo. Jadi Anda harus mengambil keuntungan lebih dari Rp9.000 yang mana sudah kita hitung juga dengan admin fee (keuntungan admin) dan asuransi produk (jika produk mudah pecah).

Makanya Anda harus mengambil (take profit) yang lebih tinggi untuk mengirimkan produk dari supplier ke dropshipper lalu ke pelanggan.

Tapi,

Tidak semua jenis produk yang bisa mengunakan metode ini.

Misalnya barang-barang yang harganya di bawah Rp30.000 (barang-barang yang terlihat murah) tidak mungkin kita jual dengan harga yang lebih tinggi (untuk menutupi ongkir yang sudah kita talangin).

Jadi ada beberapa produk tertentu yang bisa mengerapkan metode ini.

Rumus & Contoh Tabel:

ProdukModalOngkirHarga JualAdmin Fee (3%)Profit
PempersRp50.000Rp9.000Rp65.000Rp1.950Rp4.050
Harga Jual – (Modal+Ongkir+Admin Fee)

Manfaatkan Website Third Party

Website Third Party adalah platform media online (website) yang menyediakan beberapa supplier atau menyediakan metode dropship dari marketplace ke TikTok Shop.

Belakangan ini sudah banyak beberapa platform yang menyediakan jasa dropship. Jadi Anda tidak perlu kuatir dan bingung mencari tempat supplier yang cocok untuk berjualan dropship di TikTok Shop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *