Ada banyak fitur dan manfaat WhatsApp Business yang harus dimanfaatkan oleh setiap individu atau bisnis. Seperti yang kita semua tahu bahwa WhatsApp sejauh ini merupakan platform media sosial paling populer yang pernah dikembangkan di zaman modern.
Popularitas WhatsApp telah meningkat sejak awal berdiri. Diperkenalkan sebagai aplikasi perpesanan pada tahun 2009 dan sekarang dikenal sebagai platform media sosial utama dengan 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia.
Daftar Isi:
Apa itu Aplikasi WhatsApp Business?
Perusahaan induk WhatsApp memperkenalkan WhatsApp Business pada tahun 2017, berniat untuk menargetkan usaha kecil dan perusahaan.
Baca: Cara Membuat E-Book di Canva (PC) untuk Bisnis
WhatsApp Business adalah aplikasi terpisah yang perlu Anda instal untuk membuat akun bisnis di dalamnya. Mirip dengan aplikasi WA biasa, WA Bisnis juga gratis untuk didownload dengan dilengkapi beberapa fitur tambahan.
WA Bisnis memiliki lebih banyak manfaat dari WhatsApp biasa seperti perpesanan, berbagi foto, dll., Tetapi dengan lebih nyaman berinteraksi dengan pelanggan Anda secara online. Itu dibangun dengan mempertimbangkan persyaratan pemilik bisnis.
Anda dapat memberikan informasi, pembaruan, dukungan, dan layanan kepada pelanggan secara langsung dan meningkatkan kualitas layanan Anda. Singkatnya, bisnis WhatsApp adalah cara terbaik untuk menjalankan bisnis online.
Perbedaan Antara WhatsApp vs WhatsApp Bisnis
Karena kedua aplikasi dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan yang sama, maka UI dan kegunaannya sama di kedua aplikasi tersebut, tetapi karena kedua aplikasi tersebut menargetkan dua audiens yang berbeda, ada beberapa perbedaan kecil yang akan Anda perhatikan dalam bisnis WhatsApp adalah:
Logo
Perbedaan pertama yang akan Anda lihat adalah logo aplikasi. Lambang messenger WhatsApp biasa Anda berisi simbol dialer dalam bentuk lingkaran hijau.
Sementara itu, logo aplikasi bisnis WhatsApp memiliki huruf kapital, “B”, yang melambangkan bisnis dengan tema hijau yang sama.
Informasi Akun
Saat Anda mengirim pesan dari akun WhatsApp pribadi Anda, maka akan mendapatkan detail terkait keamanan.
Sebaliknya, jika pesan yang sama telah disampaikan dari akun bisnis, penerima mendapat notifikasi bahwa “Obrolan ini dengan akun bisnis. Ketuk untuk info lebih lanjut”. Ini membantu Anda mengidentifikasi apakah akun itu akun biasa atau jenis bisnis.
Profil lengkap
Saat Anda membuat akun pribadi di WhatsApp, Anda hanya mendapatkan informasi dasar yang akan ditampilkan seperti nama, gambar, dan deskripsi. Tetapi tidak demikian halnya dengan akun bisnis.
Anda memiliki banyak pilihan seperti gambar, domain kerja Anda, deskripsi, lokasi, jam kerja, tautan ke situs web Anda (jika ada), dan katalog produk. Semua detail ini membuat profil Anda lebih mudah diakses dan memperkaya pelanggan.
Sekarang sampai pada aspek penting dari manfaat akun WhatsApp Business.
Apa saja Fitur WhatsApp Business?
1. Fitur Katalog
Manfaat paling signifikan menggunakan WhatsApp versi bisnis ini adalah fitur katalognya di mana Anda menampilkan produk Anda dan membuat toko virtual untuk pelanggan Anda.
Anda dapat menambahkan gambar, deskripsi, dan harga dengan kode produk. Ini akan membantu pelanggan potensial Anda untuk mendapatkan gambaran singkat tentang produk dan layanan Anda.
Fitur penting ini akan memberikan keajaiban bagi Anda karena akan memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk memilih dan meminta apa pun yang mereka suka sesuai dengan anggaran dan kebutuhan mereka.
Bisnis tanpa kerumitan dengan pengalaman pengguna yang ditingkatkan adalah manfaat terbesar menggunakan WhatsApp Bisnis.
2. Komunikasi yang Ditingkatkan
Bisnis WhatsApp adalah cara terbaik untuk meningkatkan komunikasi antara bisnis Anda dan pelanggan Anda.
Setiap kali pelanggan terhubung dengan Anda melalui akun bisnis WhatsApp, mereka akan mendapatkan pesan otomatis yang disesuaikan dari pihak Anda. Pesan-pesan ini bisa berupa salam, template, dan balasan cepat.
Anda dapat mengatur kalimat umum sebagai template untuk melibatkan pelanggan saat Anda tidak tersedia di telepon.
Baca: Memulai Bisnis dengan Modal 1 Juta! Go Praktek
3. Label Kategorisasi
WhatsApp Business memungkinkan Anda membuat label untuk berbagai tahapan siklus pelanggan. Anda mendapatkan lima label default yang terkait dengan pembayaran, pesanan, dll.
Label ini memiliki warna berbeda, dan Anda dapat menambahkan lebih banyak serta menyesuaikan nama dan warnanya sesuai kebutuhan Anda. Dengan bantuan label ini, Anda tidak hanya mengelola pelanggan dan penjualan, tetapi juga mencatat semua transaksi.
4. Statistik Bisnis
Ini adalah salah satu fitur, tool, manfaat, atau apa pun sebutannya yang paling berharga untuk membantu Anda memahami psikologi pelanggan. Dengan statistik WhatsApp Business, Anda dapat memeriksa status pesan Anda.
Empat opsi pesan termasuk pesan terkirim (message sent), pesan terkirim (message delivered), pesan dibaca, dan pesan diterima. Dengan menganalisis pola tanggapan pesan Anda, Anda dapat mengubah penjualan dan layanan Anda.
5. Visibilitas
Opsi short link atau tautan pendek adalah fitur akun bisnis WhatsApp paling vital yang dapat menghemat keuangan untuk Anda. Saat membuat merek, Anda mengirimkan banyak uang hasil jerih payah Anda untuk promosi dan branding.
Dengan opsi tautan pendek, maka kita akan mendapatkan tautan untuk akun bisnis Anda yang dapat dibagikan di platform media sosial lainnya. Ini akan mengarahkan calon pelanggan Anda ke akun WhatsApp Anda dan membangun kepercayaan dalam jangka panjang.
Anda juga dapat menyematkan tautan ke tanda tangan email Anda, dan Anda juga dapat membuat pesan default untuk mempromosikan bisnis Anda di pasar.
Apa Manfaat WhatsApp Business?
Proyeksi Merek (Band Projection)
Mempererat hubungan dengan pelanggan Anda adalah tugas yang menakutkan, terutama ketika ada banyak pesaing di pasar. WhatsApp Business adalah cara yang murah dan otentik untuk mempromosikan bisnis Anda secara online.
Ini adalah wajah merek Anda di pasar digital. Dengan banyak fitur, bisnis WhatsApp memiliki kemampuan penuh untuk memproyeksikan ide Anda ke seluruh dunia. Lokasi, URL, Waktu, gambar, video pada akhirnya akan mengembangkan bisnis Anda secara luas.
Dengan WhatsApp, Anda tidak memerlukan kampanye iklan mewah dan mahal yang menyedot arus kas Anda yang berharga. Lewatlah sudah hari-hari ketika Anda mengirim pesan serupa ke semua orang dan terdengar monoton. Dengan WhatsApp, Anda membuat strategi pemasaran yang disesuaikan dengan psikologi pembeli Anda.
Privasi dan Keamanan
Mirip dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Business juga terenkripsi end-to-end yang berarti tidak ada orang ketiga yang dapat membaca pesan Anda dalam keadaan apa pun.
Ini memastikan bahwa tidak ada informasi pribadi pelanggan dan produk Anda yang keluar, dan Anda dapat menjalankan bisnis dengan lancar. Ini adalah salah satu fitur akun bisnis WhatsApp terbaik.
Dengan dunia internet dan digitalisasi yang terus meningkat, pentingnya perlindungan data juga menjadi hal yang perlu. WhatsApp memastikan bahwa semua data Anda akan tetap terlindungi dalam segala keadaan. Oleh karena itu, tidak seorang pun tanpa izin Anda dapat meninjau informasi Anda.
WhatsApp Business API
WhatsApp telah memperkenalkan dua jenis modul untuk kebutuhan bisnis, satu adalah WhatsApp bisnis, dan lainnya adalah WhatsApp Business API. Keduanya melayani tujuan yang sama secara berbeda.
WhatsApp Business API ditujukan untuk mendukung perusahaan skala menengah dan besar. Terlihat jelas dari namanya bahwa WhatsApp Business API hanya dapat digunakan ketika diintegrasikan ke dalam perangkat lunak bisnis karena tidak memiliki aplikasi atau antarmuka front-end.
WhatsApp hanya menawarkan beberapa perusahaan besar secara langsung dan seperti Uber, Singapore Airlines, dll. Jika Anda menginginkan API untuk bisnis Anda, Anda harus mendaftar melalui mitra pihak ketiga resmi yang dikenal sebagai Business Solutions providers (BSP) atau Mitra WhatsApp.
Saat ini, ada 60 BSP resmi yang terdaftar di direktori Facebook yang menawarkan WhatsApp business API.
Harga WhatsApp Business API
Ya, Anda membacanya dengan benar. Layanan unik ini dilengkapi dengan label harga. Tidak seperti WhatsApp Business, Anda harus membayar jumlah yang ditentukan untuk layanan tersebut.
Meskipun BSP yang berbeda mengenakan biaya yang berbeda untuk layanan yang mereka dapatkan dari Facebook, tetapi Anda bisa mendapatkan keuntungan terbaik setelah membandingkannya dengan berbagai penyedia layanan lainnya.
Langganan bulanan untuk WhatsApp API adalah $90 tanpa biaya tambahan. Proses pendaftaran juga sederhana dan membutuhkan waktu 10-15 menit untuk mengonfigurasi.
Dengan harga, ada beberapa manfaat tambahan yang juga terkait dengan nilai yang dikeluarkan. Beberapa fitur WhatsApp Business API meliputi:
- Kotak masuk bersama tim dengan dasbor terpusat untuk manajemen dan keterlibatan pelanggan yang mudah.
- Beberapa pendaftaran dasbor pengguna secara bersamaan.
- Integrasi perangkat lunak pihak ketiga.
- Tanggapan otomatis untuk pelanggan.
- Pengujian kinerja metrik kunci.
- Verifikasi akun bisnis dengan tanda centang hijau.
- Verifikasi kontak.
- Pemberitahuan Identitas Pengguna.
Ini adalah beberapa fitur bisnis WhatsApp terbaik yang membantu mengembangkan bisnis Anda dalam jangka panjang.
WhatsApp Business dan WhatsApp Business API dirancang untuk kelompok individu yang berbeda. Jika Anda memiliki startup dan ingin meningkatkan visibilitas merek Anda, bisnis WhatsApp akan menjadi pilihan terbaik Anda.
Tetapi jika Anda memiliki bisnis yang mapan dan Anda mencari layanan pelanggan yang ditingkatkan, dalam hal ini WhatsApp Business API yang terintegrasi akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda, tentunya dengan keuntungan tambahan.
Penutup
Warisan WhatsApp tidak terkalahkan dan akan tetap tak terkalahkan dalam beberapa dekade mendatang. Berawal dari sebuah ide di tahun 2009 kini telah menjadi standar emas untuk komunikasi digital. Manfaatkan revolusi digital baru dan penuhi bisnis Anda dengan berbagai kemungkinan baru dengan mewujudkan manfaat akun WhatsApp Business.