10 Fitur SEO yang Harus Anda Gunakan dengan Plugin Jetpack

plugin jetpack

Plugin Jetpack adalah salah satu plugin gratis paling populer untuk WordPress dengan lebih dari 5 juta instalasi aktif. Untuk menggunakan plugin ini, Anda perlu membuat akun dengan WordPress.com dan menautkan situs WordPress.org Anda.

Beberapa belakangan ini, Jetpack adalah bagian dari instalasi WordPress default yang banyak dikritik oleh pengguna komunitas WordPress. Sekarang, itu tidak datang sebagai bagian dari instalasi WordPress dan Anda perlu menginstal plugin secara manual seperti plugin lainnya. Jika Anda menggunakan Jetpack, berikut adalah 10 fitur SEO terbaik yang harus Anda aktifkan untuk memanfaatkan berbagai modul yang tersedia di pengaturan plugin.

Daftar Bacaan:

  1. Fitur SEO Plugin Jetpack
    1. Instal Plugin Jetpack Boost
    2. Aktifkan Posting Terkait
    3. Uptime Monitoring
    4. Email Subscription Widget
    5. Comment Subscription
    6. Gunakan Lazy Loading
    7. Content Acceleration
    8. XML Sitemap
    9. Statistik Situs
    10. Verifikasi Alat Webmaster
  2. Penutup (Plugin Jetpack)

Fitur SEO Plugin Jetpack

Ada perdebatan besar di dunia internet khususnya para developer WordPress mengenai apakah Jetpack akan memperlambat situs Anda atau tidak. Kami telah menggunakan plugin di banyak situs dan terus terang tidak menemukan masalah khusus terkait kinerja. Jadi, jika Anda menggunakan Jetpack, Anda dapat terus menggunakan dan berikut adalah fitur-fitur terkait SEO yang harus Anda aktifkan di pengaturan plugin.

Terkait: Cara Pasang Tombol Subscribe Channel Youtube di WordPress

Instal Plugin Jetpack Boost

Jangan bingung dengan plugin Jetpack dan Jetpack Boost. Mereka adalah dua plugin yang berbeda dan Jetpack Boost menawarkan fitur SEO eksklusif untuk mengoptimalkan situs Anda untuk mesin pencari. Ini adalah plugin yang harus digunakan bersama dengan Jetpack, terutama jika plugin pengoptimalan lainnya tidak berfungsi di situs Anda untuk menghasilkan CSS penting Anda.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan CSS penting, menunda JavaScript, dan memungkinkan pemuatan lambat untuk mempercepat skor Core Web Vital Anda.

Perhatikan bahwa plugin Jetpack juga menawarkan alat SEO untuk mengoptimalkan format judul dan deskripsi meta di bawah bagian “Traffic > Search engine optimization”. Namun, opsi ini akan dinonaktifkan jika Anda menggunakan plugin SEO lain seperti Yoast SEO atau Rank Math.

Aktifkan Posting Terkait

Ada banyak plugin posting terkait khusus gratis yang tersedia untuk WordPress. Namun, plugin ini perlu mengindeks seluruh konten situs Anda dan karenanya melambat dengan meminta database untuk setiap pemuatan halaman.

Jetpack memecahkan masalah ini dengan menyajikan posting terkait dari infrastruktur WordPress.com. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dari halaman pengaturan Jetpack di bawah bagian “Traffic”. Ini akan secara otomatis menampilkan posting terkait di bawah konten atau Anda dapat menggunakan blok di editor Gutenberg untuk memasukkan posting terkait di mana pun Anda inginkan di dalam posting.

Aktifkan Posting Terkait di Jetpack
fitur SEO Jetpack

Pastikan Anda memiliki gambar unggulan untuk semua posting dan plugin akan memotong dan menyajikan gambar mini untuk layanan CDN gambar Jetpack terkait Anda. Karena semuanya dilakukan di server WordPress.com, Anda tidak perlu khawatir dengan kecepatannya.

Uptime Monitoring

Sebagian besar blogger memulai dengan perusahaan hosting dengan harga terjangkau. Meskipun ini berfungsi dengan baik untuk memulai, Anda mungkin memiliki banyak downtime ketika sumber daya server terlampaui.

Demikian pula, situs Anda mungkin juga down ketika seseorang menargetkan dengan lalu lintas bot atau mencoba meretas. Oleh karena itu, memantau uptime situs adalah salah satu tugas wajib bagi setiap blogger untuk segera mengambil tindakan jika diperlukan. Jetpack membuat ini lebih mudah dan yang Anda butuhkan hanyalah mengaktifkan fitur “Downtime monitoring” di bawah bagian “Security” di halaman pengaturan Jetpack.

Bacaan: Cara Pasang Mega Menu di WordPress

Ini akan terus memantau situs Anda dan mengirimi Anda email setiap kali situs Anda down. Anda juga akan menerima email lain saat situs aktif dan dapat dihubungi kembali dengan menyebutkan total durasi waktu henti.

fitur SEO
Fitur SEO

Email Subscription Widget

Sebagian besar plugin Email Subscription hanya memungkinkan Anda untuk mengumpulkan email dan Anda perlu mengirim pos atau buletin secara manual ke pelanggan. Jetpack membuat segalanya lebih mudah dengan secara otomatis mengirim semua posting baru Anda ke pelanggan.

Anda dapat download email pelanggan kapan saja dari situs WordPress.com dan bermigrasi ke penyedia layanan lain seperti Mailchimp. Pertama, buka bagian Writing di halaman pengaturan Jetpack dan aktifkan opsi “Make extra widgets available for use on your site including subscription forma and Twitter streams” di bawah bagian “Widget”. Ini akan mengaktifkan widget tambahan dan sekarang Anda dapat menambahkan widget berlangganan email menggunakan blok di area konten Anda atau di sidebar/footer.

Comment Subscription

Anda juga dapat mengaktifkan opsi berlangganan situs dan berlangganan komentar di bawah formulir komentar. Opsi ini tersedia di bagian “Discussion > Subscriptions” di halaman pengaturan plugin. Ini akan membantu meningkatkan interaksi pengguna dan tingkat berlangganan ketika Anda memiliki konten yang menarik.

Comment Subscription

Gunakan Lazy Loading

Loading laman yang lambat akan menunda pemuatan gambar hingga interaksi pengguna untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman. Anda dapat mengaktifkan fitur ini di bawah bagian “Performance & speed” di tab “Performance”.

Gunakan Lazy Loading

Content Acceleration

Jika Anda tidak menggunakan pengaturan CDN lainnya, maka opsi terbaik adalah menggunakan opsi akselerasi konten yang tersedia dengan plugin Jetpack. Anda dapat meningkatkan waktu pemuatan gambar dan file statis lainnya seperti CSS dan JavaScript dari Jetpack CDN. Anda dapat mengaktifkan “Enable site accelerator” dan kemudian secara terpisah untuk gambar dan file statis di bawah bagian kinerja. Ini juga akan membantu Anda untuk menyajikan gambar WebP ke browser yang didukung sehingga memperbaiki peringatan “Serve images in next-gen formats” di alat Google PageSpeed Insights.

Ingat, ada beberapa batasan seperti Anda tidak dapat membersihkan gambar yang di-cache saat menyajikan gambar dari Jetpack CDN. Anda dapat memeriksa detail lengkapnya di halaman dukungan Jetpack resmi sebelum Anda mengaktifkan opsi ini.

XML Sitemap

XML Sitemap membantu mesin telusur merayapi konten situs Anda dengan mudah dan memahami status halaman yang diperbarui. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan Peta Situs XML di bawah bagian “Lalu Lintas”. Ini akan menambahkan Peta Situs umum untuk situs Anda serta Peta Situs berita yang berisi posting yang dipublikasikan di situs Anda selama 48 jam terakhir.

Statistik Situs

Mengintegrasikan Google Analytics adalah fitur premium di Jetpack. Namun, Anda dapat menggunakan statistik situs untuk melacak lalu lintas Anda dengan Jetpack. Fitur ini diaktifkan secara default di Jetpack dan Anda dapat melihat status lalu lintas di bagian “Jetpack > Dashboard”. Ini berguna untuk situs yang lebih kecil dan jika Anda tidak ingin menggunakan Google Analytics karena alasan privasi.

Verifikasi Alat Webmaster

Demikian pula, Anda dapat menambahkan kode verifikasi dari Google Search Console, Alat Webmaster Bing, Pinterest, Facebook, dan Yandex di bagian “Traffic > Site verification”.

Penutup (Plugin Jetpack)

Fitur SEO yang disebutkan di atas dalam plugin Jetpack dapat membantu meningkatkan lalu lintas ke situs Anda, interaksi pengguna, dan kecepatan. Keuntungan besar dengan Jetpack adalah Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan modul secara individual. Oleh karena itu, pastikan untuk menonaktifkan fitur yang tidak ingin Anda gunakan. Misalnya, jika Anda menggunakan plugin lain untuk memuat gambar dengan lambat, Anda harus menonaktifkan fitur di Jetpack untuk menghindari konflik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *