Google Chrome Lemot di Windows 10? Lakukan 11 Cara ini!

Google Chrome Lemot di Windows 10

Google Chrome Lemot di Windows 10 – Google Chrome tidak diragukan lagi browser populer dengan lebih dari 60% pengguna internet menggunakannya untuk browsing sehari-hari. Meskipun dibuat untuk keamanan dan pengalaman penjelajahan yang cepat, Chrome juga memiliki masalah seperti loading yang lambat / lemot dan kinerja yang lebih lambat terutama saat mengganti tab.

Berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki masalah agar Chrome tidak lemot lagi serta mempercepat penjelajahan Anda.

Baca: Browser Safari Loading Lambat: Lakukan 15 Cara ini!

Table of Contents

  1. Gunakan Chrome Cleanup Tool untuk Window
  2. Masalah Resolusi DNS
  3. Hapus Browser History (google chrome lemot di windows 10)
  4. Menonaktifkan Ekstensi
  5. Nonaktifkan Akselerasi Perangkat Keras
  6. Hapus Bookmark
  7. Periksa Versi Instalasi Chrome Anda
  8. Periksa Pengaturan Antivirus dan Firewall
  9. Aktifkan Prediksi Jaringan
  10. Periksa Pengguna Memori
  11. Tutup Beberapa Tab yang Tidak Digunakan

Google Chrome Lemot / Lambat

Masalah ini dapat disebabkan karena berbagai alasan mulai dari pengaturan yang salah hingga ekstensi yang salah. Bergantung pada situasinya, coba opsi berikut untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman di Google Chrome.

Gunakan Chrome Cleanup Tool untuk Window

Google memiliki alat pembersihan khusus untuk memindai dan menghapus malware dan spyware yang menyebabkan masalah dengan browser Chrome.

Sebelumnya ini ditawarkan sebagai tool terpisah yang dapat Anda download dari situs web Chrome. Namun, sekarang alat ini merupakan bagian dari pengaturan Chrome dan hanya tersedia untuk PC Windows.

Scan PC Anda dengan tool ini dan hapus kode perangkat lunak yang bermasalah untuk mengatasi Chrome lemot. Buka chrome://settings/cleanup di address bar dan klik tombol “Find” terhadap opsi “Temukan perangkat lunak berbahaya” atau “Find harmful software”. Chrome akan mulai melakukan scan pada PC Anda dan menghapus kode perangkat lunak yang bermasalah untuk mempercepat penjelajahan.

cara agar chrome tidak lemot

Masalah Resolusi DNS

Sebelum pergi ke masalah khusus browser, masalah paling umum untuk pemuatan halaman yang lambat adalah resolusi DNS yang salah. Jika Anda sering melihat pesan “Resolve host..” di bilah status browser Anda, maka mengubah ke DNS publik dapat membantu memperbaikinya.

Buka situs di browser lain seperti Firefox, IE atau Safari dan periksa kecepatan memuat situs. Jika memuat lambat di semua browser maka kemungkinan penyebabnya di sini adalah pengaturan DNS Anda. Lihat artikel terperinci kami untuk memperbaiki masalah penyelesaian host di Google Chrome.

Jika Anda melihat pesan seperti “waiting for fonts.googleapis.com” atau “waiting for ajax.googleapis.com”, mungkin ada banyak penyebab Chrome lemot sehingga kinerja kinerja browser tidak maksimal.

Hapus Browser History (google chrome lemot di windows 10)

Selama periode waktu tersebut akan ada banyak file history yang tidak perlu yang terakumulasi memperlambat kinerja browser. Buka perintah URL “chrome://settings/clearBrowserData” di address bar untuk melihat popup “Hapus data penjelajahan”.

Buka tab “Lanjutan” atau “Advance” dan pilih “All time” dari dropdown untuk menghapus riwayat penelusuran dari awal pemasangan browser. Klik tombol “Clear Data” untuk menghapus semua file browser yang mungkin menyebabkan kelambatan.

Catatan: Anda juga dapat menghapus riwayat peramban dari menu pengaturan “More Tools > Clear Browsing Data…“. Selain itu, Anda mungkin merasakan lambatnya loading saat pertama kali setelah riwayat dihapus karena pembersihan cookie dan CSS. Kecepatan pemuatan halaman akan meningkat dari waktu berikutnya Anda membuka halaman yang sama.

Menonaktifkan Ekstensi

Ekstensi adalah aplikasi eksternal tambahan yang membantu meningkatkan fungsi browser Chrome. Ada banyak kemungkinan bahwa salah satu ekstensi yang diinstal dapat memengaruhi kecepatan Chrome.

Cara mudah untuk memeriksanya adalah dengan membuka halaman dalam mode penyamaran, jika memuat lebih cepat maka penyebabnya di sini bisa menjadi ekstensi atau cache browser Anda. Anda dapat melihat semua ekstensi yang diinstal menggunakan URL “chrome://plugins/” dan menonaktifkannya.

google chrome lemot di windows 10

Sekarang buka halaman web apa pun untuk memeriksa apakah kelambatan disebabkan oleh ekstensi. Jika halaman dimuat lebih cepat maka aktifkan ekstensi satu per satu untuk mengetahui ekstensi apa saja yang bermasalah.

Nonaktifkan Akselerasi Perangkat Keras

Buka Chrome dan arahkan ke URL “chrome://settings”. Gulir ke bawah ke akhir halaman dan klik opsi “Lanjutan” atau “Advanced”. Di bawah bagian “System” nonaktifkan kotak centang “Use hardware acceleration when available”.

google chrome lemot di windows 10
mengatasi chrome lemot

Tutup dan buka kembali browser Anda untuk memeriksa apakah ada perubahan?

Hapus Bookmark

Apakah Anda memiliki banyak halaman yang di-bookmark? Ada bug yang diketahui bahwa bookmark yang besar merpakan salah satu penyebab Chrome lambat atu lemot. Ekspor semua bookmark Anda dan hapus dari browser. Periksa kecepatannya dan jika tidak ada peningkatan, Anda dapat mengimpor kembali bookmark.

Periksa Versi Instalasi Chrome Anda

Selalu perbarui browser Anda dan jika pemuatan halaman yang lambat berlanjut di versi Chrome terbaru, opsinya adalah mencopot pemasangan Chrome dan menguji versi beta. Chrome versi beta hadir dengan fitur terbaru sebulan sebelum versi stabil.

Pastikan juga Anda telah menginstal versi Chrome 64 bit atau 32 bit yang benar berdasarkan sistem operasi Anda.

Periksa Pengaturan Antivirus dan Firewall

Setelan antivirus dan firewall juga dapat memperlambat Chrome. Nonaktifkan pengaturan antivirus dan firewall Anda kemudian periksa halaman memuat lebih cepat. Aplikasi firewall tertentu memerlukan aplikasi untuk diotorisasi sebelum mengirim dan menerima jaringan. Jadi, periksa aplikasi Anda dan pastikan aplikasi Chrome diizinkan melewati pengaturan firewall.

Aktifkan Prediksi Jaringan

Google Chrome lemot di windows 10 – Layanan prediksi jaringan memungkinkan Chrome memuat halaman tertaut di halaman web. Jadi ketika halaman dimuat, semua link yang terhubung akan dimuat sebelumnya secara otomatis oleh Chrome. Sekali lagi ketika Anda mengklik salah satu tautan di halaman, Chrome akan memuat konten lebih cepat karena sudah diambil sebelumnya.

Buka URL “chrome://settings/privacy” dan aktifkan opsi “Use a prediction service to load pages more quickly” di bawah bagian “Privacy and security”. Tutup semua jendela browser dan buka kembali Chrome untuk memeriksa kecepatan pemuatan halaman.

cara agar chrome tidak lemot

Peringatan: Terkadang mengaktifkan prediksi jaringan dapat memperlambat Chrome. Periksa kecepatan halaman web dan nonaktifkan opsi ini jika ini menyebabkan masalah.

Periksa Pengguna Memori

Salah satu penyebab Chrome Lemot atau lambat adalah banyak aplikasi lain yang berjalan pada tab lain menempati memori yang tersedia. Ini akan menyebabkan memori yang lebih rendah untuk halaman pemuatan baru dan bahkan mengakibatkan crash dengan kesalahan. Klik pada “More (tiga titik di sudut kanan atas) > More Tools > Task Manager“. Anda akan melihat “Task Manager” yang menampilkan semua proses browser yang berjalan. Anda dapat mengurutkan proses berdasarkan memori.

google chrome lemot di windows 10

Tutup Beberapa Tab yang Tidak Digunakan

Beberapa pengguna terbiasa menggunakan browser dengan banyak tab terbuka. Setiap tab yang terbuka di browser pada dasarnya akan menempati memori. Hal ini dapat dilihat pada “Task Manager” seperti yang telah dijelaskan di atas. Akibatnya, halaman baru apa pun yang Anda coba buka akan dimuat dengan lambat.

Jika Anda tidak ingin memeriksa memori, cukup tutup semua tab yang tidak digunakan untuk meningkatkan kecepatan halaman lain.

FAQ tentang Google Chrome Lemot di Windows

Bisakah saya memperbaiki Google Chrome yang Lemot?

Ya, Anda dapat memperbaiki Chrome yang lambat dan solusinya tergantung pada situasinya. Sering kali, membersihkan cache browser akan membantu memperbaiki masalah jika tidak, Anda dapat mengatur ulang browser dari halaman pengaturan.

Apakah saya akan kehilangan data saat memecahkan masalah Chrome?

Tidak, tidak akan ada kehilangan data saat memecahkan masalah kelambatan, bookmark dan kata sandi Anda yang tersimpan akan tersedia. Namun, setelah menghapus riwayat penjelajahan, Anda mungkin mendapati browser merespons dengan lambat saat Anda mengunjungi halaman untuk pertama kali.

Selain itu, pastikan untuk menyinkronkan pengaturan Anda sebelum mengatur ulang browser.

Akankah menggunakan Chrome dalam mode penyamaran membantu memperbaiki pemuatan halaman yang lambat?

Ini membantu untuk meningkatkan kecepatan jika ada ekstensi yang diinstal yang menyebabkan masalah. Namun, pastikan Anda telah menonaktifkan semua ekstensi dalam mode penyamaran.

Bisakah saya membersihkan malware di komputer saya menggunakan Chrome?

Chrome menawarkan tool untuk pembersihan malware gratis yang dapat Anda akses dari halaman pengaturan dalam versi Windows. Di Mac, Anda perlu memindai dan membersihkan sistem secara manual menggunakan aplikasi pihak ketiga mana pun.

Mengapa Chrome menghabiskan CPU dan memori yang tinggi?

Chrome akan mengkonsumsi sumber daya yang tinggi ketika Anda menggunakan banyak tab yang terbuka. Anda dapat menggunakan alat Chrome Task Manager untuk melihat dan mematikan tab intensif sumber daya.

Apa saja opsi alternatif terbaik untuk Chrome?

Firefox adalah salah satu browser alternatif terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, gunakan browser Edge default di Windows dan browser Safari di macOS.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *