6 Alasan & 12 Kegunaan Google Ads untuk Bisnis Anda

kegunaan google ads

6 Alasan & 12 Kegunaan Google Ads untuk Bisnis Anda – Dalam dunia marketing mulai dari waktu ke waktu telah mengalami perubahan drastis, terutama dalam beberapa tahun terakhir ini, dan Google Ads (Google Adwords nama sebelumnya) merupakan satu dari banyaknya tempat untuk beriklan. Tapi Google Ads adalah platform periklanan yang paling efektif untuk mempromosikan produk kita di iklan online berbayar ini.

Dengan menggunakan Google Ads, bisnis yang kita jalankan dapat menjangkau siapa saja yang menggunakan layanan Google seperti Google Search, Gmail, Youtube dan lain-lain untuk mencari informasi, layanan dan produk online maupun offline.

Ketika Anda menggunakan Google Ads secara baik dan benar, maka pengaruhnya sangat besar sekali terhadap bisnis Anda terutama adalah kuntungan.

Jadi, bila saat ini Anda belum mempunyai akun bisnis untuk Google Ads, silahkan untuk dipertimbangkan dengan baik demi mendapatkan manfaat yang menguntungkan.

Apa yang Dimaksud dengan Google Ads?

kegunaan Google Ads

Rata-rata, setiap kita melihat iklan di Google Search, pasti muncul di bagian paling atas laman pencarian Google. Ini bukanlah hasil dari optimasi SEO, perusahaan masih menjalankan kampanye Google Ads sehingga setiap orang yang mencari informasi atau produk yang masih relavan akan muncul di tampilan paling pertama.

Jadi, dengan Google Ads, Anda harus membayar untuk bisa menampilkan iklan di Google terutama pada bisnis Anda saat ini.

Dengan Google Ads, kita cuma membayar ketika orang mencari informasi dengan menggunakan kata kunci yang relavan dengan iklan dan mengkliknya.

Struktur ini biasanya dipanggil PPC (Pay-Per-Click). Pengguna bisa atur batas maksimal pengeluaran iklan kampanya yang sedang berjalan.

Catatan:

Google Ads merupakan salah satu model pembayaran per klik yang meletakkan konten bisnis Anda di bagian paling atas atau paling bawah di hasil pencarian berdasarkan keyword yang relavan


Cara Kerja Iklan Google

Mungkin setelah baca di atas, Anda sudah mengerti apa itu Google Ads, nah sekarang bagaimana cara kerja Google Ads

Jadi, saat Anda menggunakan layanan Google Ads, itu artinya Anda sedang memberikan arahan atau tujuan yang ingin Anda capai kepada Google Ads ini:

  • Meningkatkan jumlah panggilan ke website bisnis Anda
  • Menambahkan lebih banyak visitor ke toko website Anda
  • Memandu pelanggan Anda ke situs web atau landingpage peruhaan.

Dengan menggunakan layanan periklanan Google ini, kita dapat menentukan apakah salinan iklan yang Anda buat dikirim ke audiens secara global atau hanya lokal.

Google dapat menggunakan data tentang Anda untuk me-support membuat iklan hingga Anda bisa menetapkan anggaran Anda kemudian Google akan memprediksi perkiraan berapa suksesnya kampanye iklan Anda.

Di saat iklan dijalankan, Google akan bekerja dengan menampilkan iklan di hasil laman pencarian berdasarkan jumlah besar anggaransemakin besar anggaran yang Anda buat, maka potensi iklan Anda akan terus tampil di laman pencarian Google.

Setiap orang yang mengklik iklan Anda akan dikenakan sistem PPC (bayar per klik). So, ketika ada orang yang mengklik iklan Anda (yang valid) maka anggaran kampanye Anda akan keluar. Untuk PPC bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan kita. Semakin banyak orang mengklik iklan, maka anggaran Anda juga akan semakin besar.


Tipe / Jenis Iklan Google

Platform ini menawarkan beberapa tempat untuk beriklan online baik melalui layanan mereka sendiri dan juga beberapa jaringan yang luas.

Ada beberapa jenis iklan Google Ads yang harus Anda ketahui:

  • Search Network campaign. melalui kampanye ini, iklan Anda muncul di bagian mesin pencarian Google seperti Youtube, Google Search, dan juga Google Maps. Jadi, misalnya pengguna mencari sesuatu kata kunci yang relavan dengan kata kunci yang kita kampanyekan, maka mereka dapat melihat iklan kita.
  • Display Network campaign. memungkinkan iklan tampil dalam bentuk visual seperti gambar.
  • Shopping campaign. Dengan menggunakan kampanye iklan ini, Google secara otomatis menggunakakn data produk toko web Anda dengan kata kunci relavan sehingga orang lain dapat melihat produk kita secara langsung. Ketika iklan itu diklik, maka langsung diarahkan ke halaman tersebut.
  • Video campaign. Sesuai dengan namanya, Google akan menampilkan iklan dalam bentuk video yang sesuai dengan kata kunci terkait baik di blog, Youtube maupun di aplikasi.
  • App campaign. Apabila bisnis Anda memiliki platform aplikasi Android, maka jenis kategori ini sangat cocok. Iklan ini akan tampil di berbagai jenis platform Google seperti Google Search, Youtube dan sebagainya.

Iklan yang Anda jalankan bisa Anda tampilkan di beberapa layanan Google seperti:

  • Google Search
  • Gmail
  • Google Maps
  • YouTube
  • Google Discovery

Tip: Bagaimanapun jenis kampanye yang Anda inginkan, akan meliputi lebih dari satu group iklan yang mana di tiap group tersebut melibatkan produk yang berbeda-beda sesuai dengan produk yang ingin Anda promosikan. Ingat ya, Satu group iklan hanya bisa satu set kata kunci yang unik dan relavan.


Perbedaan Google Ads dan Google Adsense

Masih ada beberapa teman-teman dari kita yang menganggap kedua layanan Google ini adalah sama.

Google Ads dan Google Adsense adalah dua layanan yang berbeda, tapi masih berkaitan.

Google Ads adalah platform yang mana ditujukan untuk orang yang ingin mengiklankan produk atau layanan jasa kepada pengguna Google. sedangkan Google Adsense adalah platform yang ditujukan untuk publisher (penerbit) seperti blogger dan vlogger yang bekerja sama dengan Google. Penerbit memberikan ruang di websitenya untuk tempat memunculkan iklan dari Google dalam hal ini adalah Ads.

Contoh:

  • si A seorang pengusaha dealer motor dan ingin mempromosikan bisnis jual motornya di Google Ads dengan kata kunci “Jual Motor”
  • si B seorang Youtuber yang kontennya berfokus kepada tentang tips motor dan sudah bekerja sama dengan Google Adsense sehingga setiap orang nonton videonya akan muncul iklan..
  • Jadi, iklan si A, besar kemungkinan akan muncul di salah satu video dari Youtuber tersebut.
  • Jika si B tidak bekerjasama dengan Google Adsense, iklan si B tak akan pernah muncul di channel si B itu

Biaya Google Ads

Satu hal yang membuat saya suka dengan Google Ads ini adalah kita dapat mengendalikan secara penuh atas iklan kita termasuk biaya. Dengan menggunakan anggaran maksimal, jadi Google tidak akan membelanjakan anggaran yang melebihi sesuai yang sudah kita tetapkan.

6 Alasan Menggunakan Google Ads

Di bawah ini merupakan beberapa kegunaan Google Ads untuk Bisnis Anda:

1. Dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan prospek

Google Ads merupakan salah satu platform layanan iklan terbaik untuk meningkatkan kualitas bisnis kita. Apabila Anda mengatur kampanye dengan baik dan benar, maka Google Ads akan berpotensi mengarahkan iklan Anda yang sangat luar biasa.

Google Ads dapat membuat Anda untuk berfokus pada pelanggan-pelanggan yang spesifik berdasarkan minat yang sesuai. Itu artinya, iklan Anda tidak jatuh di tempat yang salah, bukan menampilkan iklan yang tidak seminat dengan bisnis Anda.

2. Google Ads, Platform Marketing yang Sangat Fleksibel

Ketika Anda menggunakan Google Ads, Maka kita bisa menyesuaikan kampanye iklan pada pengguna tertentu. Contoh: Anda bisa memilih orang-orang atau calon pelanggan berdasarkan lokasi, jenis perangkat dan juga beberapa layanan Google seperti Youtube, Google Search dan Google Maps.

Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, Kita berhak menetapkan Anggaran sendiri untuk iklan kita. Contohnya, Anda memutuskan atau membuat anggaran harian Rp100.000 dengan biaya klik Rp1.000.

3. Google Ads merupakan Alat Investasi yang Besar

Tidak seperti strategi marketing yang ada luar sana, Google Ads lebih mengutamakan pada pembayaran per klik. Jika Ada orang yang klik iklan kita, maka kita wajib bayar.

Dengan demikian, kita bisa mengembalikan modal anggaran kita dengan mudah, bukan?

Tetapi, Hal ini menurut saya butuh beberapa waktu untuk pendekatan atau penyesuaian strategi mana yang cocok untuk mengoptimalkan iklan kita di Google Ads.

Biasanya, orang yang sudah berpengalaman, akan terus melakukan pengujian terhadap iklan mereka sampai mereka mendapatkan strategi yang layak dan cocok untuk bisnis Anda.

Kalau Anda sudah menemukan katakanlah beberapa kata kunci yang cocok untuk bisnis Anda dan yakin kata kunci tersebut dapat mempengaruh besar pada bisnis Anda, Anda harus fokus pada kata kunci tersebut dan optimalkan sebaik mungkin.

4. Dapat Memantau dengan Hasil yang Cepat dan Transparan

Tak perlu diragukan lagi, Google Ads memang dari dulu sudah terkenal karena cepat dan transparan dalam hal memberikan laporan yang akurat terkait kampenya yang kita jalankan secara live.

Dengan demikian, kita sangat mudah untuk menganalisa kemajuan kampanye kita sebab semua informasi yang kita butuhkan akan muncul di bagian dasbor.

Fitur-fitur inilah yang menyebabkan Google Ads menjadi intuitif dan transparan.

5. Memiliki Sumber Lalu Lintas yang Besar dan Berkualitas

Setiap hari kita pasti menggunakan layanan Google, kan? baik itu Google Search, Youtube, Google Map, Play Store dan masih banyak lagi. Dimanapun dan kapanpun pasti kita membutuhkan layanan ini. Dengan begitu, Google selalu dibanjiri trafik atau lalu lintas pengunjung yang tak tahu berapa jumlahnya.

Itulah sebabnya kenapa Google selalu mendominasi pasar dunia online. dan ini terus Google melakukan perubahan semacam pembaharuan algoritma Google Search untuk menghasilkan trafik dan iklan yang lebih relavan lagi.

Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan keadaan ini untuk beriklan di Google Ads dengan harapan mendapatkan keuntungan yang besar.

6. Google Ads adalah ‘Gudang Informasi’ yang Akurat

Yaps, saya setuju. Google menyimpan sekian banyaknya informasi-informasi yang sangat akurat sekali. Sangat penting bagi kita sebagai pelaku usaha untuk mencari pelanggan yang ideal, memahami pelanggan serta mencari informasi tentang apa yang mereka inginkan.

Kalau kita lakukan ini secara tradisional, tentu betapa capeknya kita harus melakukan wawancara kepada satu per satu audiens dan itupun kalau memiliki minat yang sama.

Tapi, dengan menggunakan Google Ads, cara tradisional tak perlu kita lakukan di sini, sebab Google sudah menyediakannya, tinggal kita yang setting iklan kita apakah sudah benar atau belum.

Ketika Anda sudah mendapatkan informasi-informasi ini, Anda bisa mempelajari tentang bagaimana pelanggan Anda, apa yang mereka lakukan dengan kata kunci itu? Dimana lokasi mereka, perangkat apa yang mereka gunakan, dan sebagainya.

Manfaat Google Ads

Ada 12 manfaat yang bisa saya simpulkan:

  1. Hasil yang Cepat
  2. Mendukung Iklan untuk Bisnis Lokal
  3. Penargetan
  4. Pemasaran Ulang atau Remarketing
  5. Analisa
  6. SEO dan Content Marketing
  7. Tingkat Persaingan
  8. Kontrol dan Manajemen Tingkat Tinggi
  9. Biaya dan ROI
  10. Meningkatkan Kesadaran Merek
  11. Optimalisasi Konversi dan Pelacakan.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Dengan begitu banyaknya pengaturan kampanye iklan dan beberapa opsi penawaran, pelaku usaha yang menggunakan layanan Google Ads bisa mencapai hasil dengan anggaran yang bervariasi berdasarkan pengaturan di tiap kampanye. Bisa rendah dan bisa tinggi.

Jika Anda adalah usaha kecil atau UMKM, Anda bisa memulai beriklan dengan modal kecil dalam sebulan. TETAPI, hasilnya agak masih kurang efektif sehingga Anda belum mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Beda hal dengan perusahaan besar yang menggunakan layanan ini, mereka bahkan bisa melebih dari target mereka karena bisa mengaktifkan penskalaan pengeluaran iklan secara menguntungkan. Tapi kalau kita bandingkan iklan tradisional, Google Ads hemat biaya.

Biaya Iklan Google Ads yang efektif itu tergantung pada:

  • Persaingan
  • Tawaran
  • Skor Kualitas

Penutup (Kegunaan Google Ads)

Google Ads merupakan jawaban terbaik bagi mereka pengusaha kecil atau pengusaha besar yang ingin mempromosikan bisnis mereka.

Kita sebagai pengguna Google Ads dapat mengontrol kampanye iklan secara penuh dengan sistem biaya iklan CPC (bayar per klik).

Setelah Anda membaca artikel ini, saya harap Anda sudah bisa mengerti dan bisa menggambarkan Google Ads itu seperti apa.

Sebagai penutup, saya ingin bagikan tips: Kalau Anda ingin menggunakakn Google Ads, Kuncinya adalah menemukan kata kunci yang relavan terbaik, biaya murah dan pesaingannya masih rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *