Cara Pasang Mega Menu di WordPress

cara menambahkan mega menu di wordpress

Cara Pasang Mega Menu di WordPress – Anda dapat membuat menu header di WordPress untuk menampilkan posting, halaman, kategori, atau tautan khusus apa pun. Dimungkinkan juga untuk menggunakan widget “Menu Navigasi” untuk menampilkan daftar tautan di mana saja di situs Anda.

Secara default, Anda dapat menampilkan tautan sebagai item submenu dalam satu kolom yang muncul sebagai tarik-turun. Mega Menu adalah menu drop-down dengan ukurang lebih besar dari biasanya yang memungkinkan Anda menampilkan lebih banyak informasi daripada menu drop-down standar.

Mega Menu memungkinkan Anda untuk menyertakan menu multi-column drop-down dengan media seperti gambar dan video dalam navigasi Anda.

Pada artikel ini, kita akan membahas cara menambahkan mega menu di situs WordPress.

Lompat Ke:

Contoh Situs yang Menggunakan Mega Menu

Mega Menu digunakan oleh situs web populer untuk menawarkan menu navigasi yang sangat menarik dan interaktif. Situs web CNET adalah contoh yang sangat baik dari situs web dengan mega menu. Anda dapat mengarahkan kursor ke item menu yang berbeda untuk menampilkan item mega menu yang diatur ke dalam kategori.

contoh website yang menggunakan mega menu

Dalam bentuk tata letak menu dua dimensi ini, semua topik terkait dibagi menjadi beberapa bagian sehingga penelusuran yang lebih mudah, baik secara vertikal maupun horizontal.

Manfaat menggunakan Mega Menu

Dibandingkan dengan menu drop-down sederhana, Mega Menu memiliki keunggulan sebagai berikut.

  • Mega Menu adalah cara yang mudah digunakan untuk menarik perhatian ke materi yang lebih dalam di situs web Anda. Ini sangat berguna untuk situs web yang memiliki banyak konten dan pemilik situs web dapat menampilkan widget tambahan di menu teratas mereka.
  • Strategi desain yang bagus untuk menyesuaikan banyak pilihan atau mengungkapkan halaman web tingkat rendah secara sekilas.
  • Memberi pengguna atas pengalaman menavigasi situs yang lebih detail dan terorganisir dengan baik.
  • Mega Menu adalah cara terbaik untuk menunjuk ke bagian situs web Anda yang akan sulit ditemukan.
  • Anda dapat menggunakan Mega Menu untuk menampilkan banyak link dalam satu navigasi.

Namun, tidak semua situs web membutuhkan fitur ini. Umumnya, situs web seperti berita, majalah, dan situs skala besar yang memiliki banyak kategori dapat menggunakan mega menu untuk menampilkan konten mereka.

Anda juga perlu berhati-hati agar tampilan tetap responsif disesuaikan dengan lebar di smartphone dan tablet.

Baca: Cara Pasang Tombol Subscribe Channel Youtube di WordPress

Cara Tambahkan Mega Menu di WordPress dengan Plugin

Ada berbagai plugin yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan Mega Menu di situs WordPress. Namun, plugin “Max Mega Menu” adalah salah satu plugin paling populer yang dapat Anda gunakan. Tersedia dengan versi gratis dan versi premium. Untungnya, versi gratisnya cukup untuk membuat menu yang luar biasa untuk situs Anda.

Setup Menu dan Lokasi dengan Plugin Max Mega Menu

Sebelum memulai dengan plugin Max Mega Menu, buat menu di situs Anda dengan menavigasi ke bagian “Appearance > Menus” di panel admin. Nantinya Anda dapat mengonversi menu normal ini menjadi mega menu dengan bantuan plugin. Setelah selesai, buka bagian “Plugins > Add New”, instal dan aktifkan plugin Max Mega Menu seperti gambar di bawah ini.

download max mega menu di wordpress

Plugin akan menambahkan item menu baru di sidebar bernama – Mega Menu. Klik menu ini untuk mengatur lokasi di mana Anda ingin menambahkan Mega Menu.

Sebuah jendela akan muncul yang menunjukkan lokasi menu berbeda yang disediakan oleh tema Anda. Pilih lokasi di mana Anda ingin menempatkan Mega Menu. Seperti yang disebutkan, Anda seharusnya sudah memiliki menu yang tersedia di lokasi yang Anda pilih.

Dalam kasus kami, kami membuat menu “primaryMenu” dan mengatur lokasinya ke “Top Bar”. Oleh karena itu, dalam posting ini, kami akan memilih “Top Bar” sebagai lokasi target untuk Mega Menu kami.

mega menu di wordpress
cara membuat mega menu di wordpress pakai plugin

Catatan: Saat Anda mencoba menambahkan mega menu ke lokasi tanpa menu yang ditetapkan, Anda akan melihat pesan peringatan “Assign a menu to this location to use these options”.

Setelah memilih lokasi untuk mega menu, navigasikan ke halaman “Menus” di bawah “Appearance”. Anda akan melihat bahwa plugin Max Mega Menu menambahkan tombol “Mega Menu” pada judul menu Anda. Tombol ini hanya terlihat saat Anda mengarahkan kursor ke item menu. Misalnya, Anda dapat melihat tombol ini saat kita mengarahkan kursor ke item menu “Home” seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

konfigurasi max mega menu
Membuat Mega Menu Menggunakan Plugin

Cara Membuat Mega Menu Menggunakan Plugin Max Mega Menu

Dalam contoh ini, kami akan membuat mega menu di bawah item menu “Technology”, yang akan muncul di lokasi “Top Bar” kami. Gambar di bawah ini menunjukkan situs kami sebelum menambahkan mega menu.

contoh awal tanpa menggunakan mega menu

Untuk memulai, navigasikan ke bagian “Appearance > Menus” dan arahkan mouse ke item menu “Technology”, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Anda akan melihat serangkaian opsi untuk menyesuaikan tampilan mega menu Anda di bawah bagian “Max Mega Menu Settings”. Pastikan kotak “Enable” dicentang dan sesuaikan efek animasi / tema / pemicu acara. Klik “Save” untuk menerapkan perubahan Anda.

setting max mega menu

Ketika Anda mengklik tombol “Mega menu”, sebuah jendela akan muncul di mana Anda dapat menyesuaikan tampilan mega menu. Pada “Submenu display mode dropdown list,” pilih opsi “Mega Menu – Grid Layout.” Setelah itu muncul tombol “Column” dan “Row”, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Bikin mega menu di wordpress
Bikin mega menu di wordpress

Mari kita buat mega menu yang terdiri dari dua baris dan empat kolom. Klik tombol “+Row” untuk membuat baris tambahan dan tombol “+Column” untuk membuat lebih banyak kolom. Gambar grid yang dihasilkan ditunjukkan di bawah ini.

Bikin mega menu di wordpress

Sekarang, untuk menambahkan item ke mega menu, kami akan menggunakan widget yang disediakan oleh tema kami. Di sudut kanan atas, Anda akan melihat opsi untuk memilih widget yang ingin Anda gunakan di mega menu Anda seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Bikin mega menu di wordpress menggunakan plugin

Tip: Membuat Mega Menu dari item widget bisa sedikit rumit karena sebagian besar item dimaksudkan untuk sidebar atau footer. Namun, ada triknya. Ada beberapa widget utama yang dapat Anda gunakan – Menu Navigasi, Gambar, HTML Khusus, dan Kategori. Misalnya, Anda dapat membuat beberapa menu yang masing-masing berisi halamannya sendiri dan menambahkannya ke megamenu menggunakan widget “Navigation Menu”. Demikian pula, Anda dapat memasukkan kategori menggunakan widget “Category” jika diperlukan. Untuk memahami ini dengan lebih baik, mari kita mulai bertindak.

Mari kita buat empat menu tambahan “menuONE, menuTWO, menuTHREE dan menuFOUR” di bawah bagian “Appearance > Menus”. Setiap menu berisi posting, halaman, dan tautan khusus yang berbeda. Kami akan menggunakan widget “Navigation Menu” untuk mengimpor menu ini ke mega menu kami.

cara membuat mega menu menggunakan plugin
Bikin mega menu di wordpress

Untuk menerapkan perubahan, pastikan Anda mengklik tombol “Save Menu” di halaman “Menu”. Saat kami memuat ulang situs web, Anda sekarang dapat melihat bahwa kami telah berhasil membuat baris pertama mega menu kami.

cara membuat mega menu menggunakan plugin

Sekarang mari kita isi baris lain dari mega menu menggunakan berbagai widget yang tersedia. Kami akan menggunakan widget seperti Navigation Menu, Gambar, HTML Kustom, dll. Mega menu yang dihasilkan terlihat seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

setting max mega menu

Anda dapat menggunakan widget default atau kustom dan memasukkan konten ke mega menu Anda.

Menggunakan Mega Menu dengan Tema di WordPress

Selain plugin, ada juga tema WordPress yang mendukung pembuatan mega menu. Jika Anda ingin menggunakan tema Anda untuk menyetel mega menu, Anda harus terlebih dahulu mengonfirmasi apakah tema Anda mendukung fungsi tersebut atau tidak. Sebagian besar tema WordPress komersial menawarkan fitur ini sebagai bawaan sehingga Anda tidak memerlukan plugin terpisah. Salah satu kelemahan signifikan menggunakan tema adalah Anda akan kehilangan mega menu saat mengubah tema. Namun, ketika Anda menggunakan plugin, mega menu akan tetap tersedia kecuali Anda menonaktifkan plugin.

Kesimpulan (Cara Menggunakan Mega Menu di WordPress)

Mega Menu adalah sistem navigasi online yang sangat efektif yang dapat membantu meningkatkan navigasi situs Anda secara signifikan. Mega menu bermanfaat jika Anda memiliki situs web yang canggih dengan banyak halaman dan kategori produk. Anda dapat membuat mega menu jika tema situs Anda mendukung atau menggunakan plugin Max Mega Menu untuk membuat mega menu multi-kolom. Plugin ini bahkan memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa widget yang menarik untuk disertakan dengan item menu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *