Cara Membuat Template di Canva untuk Dijual ‘Produk Digital’

Cara Membuat Template di Canva untuk Dijual Online – Apakah Anda jago desain apapun di Canva? Apakah Anda hobi membuat desain kaos, banner, mug dan lain-lain? Jika ia. Kenapa tidak Anda jual saja desain Anda?

Membuat dan mendesain di Canva serta menjadikan barang produk digital merupakan hal yang sangat baik untuk menambahkan pendapatan atau penghasilan Anda.

Menurut saya pribadi, menjual hasil desain Anda dari Canva menjadi barang produk digital itu merupakan hal yang baru khususnya di Indonesia, apalagi saat ini sudah banyak orang menggunakan design tool gratis seperti Canva ini sebagai ANDALAN utama mereka.

Berikut di bawah ini merupakan daftar isi:

Kelebihan Jual Produk Template Canva

  • Hanya perlu sekali desain, bisa dijual (digunakan) berkali-kali
  • Proses pembuatan yang mudah, karena sudah tersedia elemen, teks dan gambar di Canva. Jadi Anda tak perlu memikirkan bahan komposisi.
  • Canva sudah menjadi kebutuhan dasar bagi semua kalangan, tak lain adalah mereka yang masih awam soal desain. Tentu ini menjadi peluang yang lumayan besar.

Baca: 10 Aplikasi Sejenis Canva PC/Android [Alternatif]

Cara Membuat Template di Canva untuk Dijual ‘Produk Digital’

Agar desain Anda bisa dijadikan cuan, tentu Anda harus memahami cara teknik yaitu menjadikan desain Canva ke dalam bentuk template Canva.

Berikut adalah cara membuat template di Canva:

Langkah Pertama: Buat dan Selesaikan Desain Anda

Silahkan selesaikan desain yang ingin Anda jual. Pastikan 100% murni desain dari Anda (bukan dari template Canva). Pada kasus ini saya akan ambil contoh desain template Instagram dari @tropical-peach

@tropical-peach
Desain by: @tropical-peach

Apabila project Anda sudah selesai dan siap untuk di SALE, Silahkan pergi ke Bagikan (sudut kanan atas) >> pilih Lainnya >> Ketik “Template” di dalam kolom pencarian (agar lebih mudah ditemukan).

Silahkan klik Salin URL template desain Anda.

salin link template di canva

Ok. Sekarang Anda sudah mendapatkan URL dari lembar desain Canva Anda. Silahkan copy dan paste URL tersebut di Notepad, MS Word, Google Docs atau tool/aplikasi lainnya.

Sebenarnya, Anda sudah berhasil membuat link dan menyalin URL template desain Anda di Canva. Jadi ketika ada orang atau pelanggan beli desain Anda, tinggal berikan saja link tersebut kepada mereka.

Tapi, menurut saya itu tidak bagus dan kurang profesional. Kita harus buat satu lembar dengan format pdf sebagai purchase, dan isi PDF itu adalah link produk desain Anda.

Membuat Halaman Purchase di Canva

buat purches sederhana di canva

Langkah Pertama: Desain Heading

membuat header purches canva
Halaman Purchase di Canva

Langkah Ketiga: Download sebagai PDF

klik Bagikan >> Unduh >> pada jenis file pilih PDF Standar

Langkah Keempat: Upload File Purchase ke Penyimpanan Online

Berikutnya, Kita upload file PDF Purchase ini ke dalam penyimpanan cloud seperti Google Drive, DropBox atau semacamnya.

Tapi kali ini saya akan menyarankan Anda menggunakan DropBox, karena lebih mudah dan cocok untuk kita gunakan untuk file Purchase.

Silahkan klik DI SINI untuk pergi ke halaman DropBox. Buat atau login akun Anda dan pastikan sudah berada di halaman dashboard.

Klik atau seret file Purchase PDF ke dalam DropBox Anda. Setelah itu, klik filenya >> salin tautan/link >> paste atau tempel di NotePad atau sejenisnya.

Langkah Terakhir: Edit URL File PDF

Masih dengan URL yang kita pastekan dari DropBox ke Notepad tadi. Silahkan ganti angka 0 (ujung URL) menjadi angka 1 agar bisa download secara langsung.

Silahkan klik dua link di bawah ini (sebelum dan setelah diganti angka 1) dan lihat perbedaannya:

Sebelum diganti angka 1 https://www.dropbox.com/s/bjz4dxktq7zzgs9/Instragram%20Pack%202.pdf?dl=0

Setelah diganti dengan angka 1: https://www.dropbox.com/s/bjz4dxktq7zzgs9/Instragram%20Pack%202.pdf?dl=1

Hasil dalam bentuk PDF
Hasil dalam bentuk PDF

Kata Terakhir

Kita sudah membuat file Purchase. Nah, nanti kalau pelanggan Anda beli desain Canva Anda, Silahkan kirimkan link yang dari DropBox tersebut yang sudah kita edit dari angka 0 menjadi angka satu tadi.

Satu lagi, Anda bisa memangkas atau memendekkan URL file dari DropBox tersebut dengan menggunakan tool online Short URL.

Itulah panduan dan tips cara membuat template di Canva serta cara membuat halaman Purchase di Canva. Semoga bermanfaat

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 351

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *