Cara Terbaik Mencari File PDF di Google Search

Bagaimana Cara Mencari File PDF di Google Search? Kata kunci apa yang cocok untuk mencari file tertentu? Pada kali ini GR blog akan pandu Anda sampai bisa memahaminya

Seperti yang kita pahami, tujuan orang masuk ke halaman Google.com adalah mencari halaman web, gambar, atau hasil video. Tapi banyak juga pengguna yang tidak tahu cara me-filter atau menyaring pencairan seperti hanya menampilkan file PDF.

Mudah dengan Perintah Operator

Operator pencarian Google adalah perintah khusus untuk proses hasil pencarian Google. Google dapat membantu penggunanya untuk mencari berbagai jenis spreadsheet dan presentasi dokumen buku beserta file Adobe.

Terkait: Cara Menggunakan Voice Typing di Ms Word Windows & Mac

Mencari format file tertentu di Google sangat mudah dengan bantuan search by. Anda hanya perlu menggunakan operator pencarian jenis file dan memasukkan format yang Anda inginkan untuk melihat file Anda.

Misalnya “filetype: PDF “Viking”. Ini adalah perintah yang akan menampilkan hasil hanya format pdf yang menyertakan frase Viking dalam kontennya.

carar Mencari File PDF di Google Search

Dengan begitu, maka membuat proses pencarian akan jauh lebih mudah dan terdiri dari berbagai perintah Pencarian lanjutan. Salah satu perintah tersebut adalah mencari jenis file tertentu seperti PDF.

Anda dapat dengan mudah mempersempit pencarian Anda dengan bantuan operator pencarian Google dan dapat menemukan file target dengan mudah di Google. Jika Anda mencari solusi tentang cara mencari file PDF di Google, ini adalah artikel yang tepat untuk Anda.

Panduan Terbaik Cara Mencari File PDF Di Google:

  • Buka browser Anda dan cari situs web Google.
  • Jangan ketikkan kata yang ingin Anda dapatkan file PDF-nya di kolom pencarian.
  • Ketik filetype:pdf search query di kolom pencarian
  • Ganti permintaan pencarian dengan nama atau topik file PDF.
  • Klik Google Search atau tekan Enter pada keyboard Anda.
  • Google akan mengembalikan daftar file PDF yang terkait dengan permintaan pencarian Anda.
Mencari File PDF di Google Search
Mencari File PDF di Google Search

Contoh Lain Cara Menemukan File PDF di Google

Jika Anda mencari PDF terkait digital marketing, maka contoh cara menemukan file PDF di Google adalah sebagai berikut:

Ketikkan: filetype:pdf digital marketing

Jika Anda mencari dokumen PDF tertentu yang terkait dengan pemasaran digital dan Anda tahu nama filenya, maka Anda memasukkan nama itu dalam tanda kutip bersama dengan operator pencarian. Contoh cara mencari PDF di Google menggunakan metode ini adalah sebagai berikut:

Ketikkan: filetype:pdf "Ultimate Guide to Digital Marketing “

Anda dapat menggunakan salah satu tips operator pencarian Google di atas untuk semua jenis file PDF yang dapat dicari di mesin pencari Google. Ganti saja permintaan pencarian dengan istilah target yang ingin Anda temukan file secara online.

Terkait: Google Chrome Lemot di Windows 10? Lakukan 11 Cara ini!

Cara Menemukan Jenis File Lain di Google

Menemukan PDF di Google bukan satu-satunya jenis dokumen yang dapat Anda cari dengan operator tipe file. Mesin pencari Google juga mengindeks konten untuk jenis file lain seperti Microsoft Excel, Word, PowerPoint, Rich Text Format, dan banyak lainnya.

Di bawah ini adalah beberapa akhiran file populer yang dapat Anda gunakan dengan trik operator pencarian tipe file di Google:

  • doc (Microsoft Word)
  • xls (Microsoft Excel)
  • ppt (Microsoft PowerPoint)
  • rtf (Rich Text Format)

Untuk menggunakannya, cukup ganti PDF di operator tipe file dengan jenis file yang Anda telusuri di Google. Misalnya, filetype:doc akan digunakan untuk mencari file Microsoft Word dan filetype:xls akan digunakan untuk mencari file Microsoft Excel.

Anda dapat memperluas peretasan operator pencarian Google ini lebih jauh untuk mencari beberapa jenis file sekaligus dengan menggabungkan operator jenis file dengan operator OR. Misalnya, jika Anda ingin menemukan file PDF dan file Excel yang terkait dengan kueri penelusuran, Anda dapat menggunakan operator penelusuran lanjutan berikut:

filetype:pdf atau filetype:xls search query

Ganti permintaan pencarian dengan istilah pencarian target Anda untuk mendapatkan daftar umum dokumen yang diindeks di Google untuk jenis file tersebut. Jika Anda ingin mempersempit pencarian Anda menjadi frasa pencocokan persis, tambahkan tanda kutip di sekitar permintaan pencarian sehingga akan terlihat seperti ini:

filetype:pdf atau filetype:xls "search query “

Kesimpulan: Cara Mencari File PDF di Google Search

Begitulah cara mudah menemukan file PDF atau file-file lainnya dengan mudah di pencarian Google. Tidak hanya PDF, Anda bisa juga mencari file lainnya seperti txt, doc, xls dan lain-lain. Semoga artikel ini bermanfaat!

sibonar
sibonar

seorang profesional di bidang keuangan yang telah berpengalaman di industri Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sejak tahun 2010. Berbasis di Bandung.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang platform pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 242

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *