Cara Pakai ChatGPT dari Ubuntu via Shell GPT

Pakai ChatGPT dari Ubuntu – Kecerdasan buatan atau AI adalah teknologi baru yang sangat populer sekarang. AI terus berkembang dan makin banyak fitur baru yang ditambahkan setiap harinya, sehingga ada banyak hal menarik yang bisa kita nantikan.

Kita bisa menggunakan teknologi AI ini untuk berbagai hal, seperti membuat lelucon, menulis kode, atau bahkan menjawab pertanyaan yang aneh-aneh. Alat AI ini sangat mudah digunakan dan tersedia di mana-mana.

ChatGPT adalah salah satu contoh alat AI yang bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi, termasuk Linux. Jadi, sebagai pengguna Linux, kita juga bisa merasakan manfaat dari teknologi AI ini dan tidak perlu ketinggalan zaman.

Anda juga dapat menikmati avatar Linux ChatGPT, Shell GPT. Berikut cara menginstal dan menggunakan alat AI dari terminal Ubuntu Anda dalam beberapa langkah mudah.

Terkait: 6 Alternatif ChatGPT: Solusi Terbaik dan Patut Dicoba

Apa itu Shell GPT, Senama Linux yang Setara dengan ChatGPT?

Shell GPT adalah seperti ChatGPT, tetapi bisa diakses melalui terminal di sistem operasi Linux. Chatbot yang terintegrasi di Shell GPT didukung oleh Large Language Models (LLMs), yang memberikan saran yang cerdas kepada pengguna.

Menginstal Shell GPT di mesin Anda dapat memberikan banyak manfaat, seperti menghemat waktu dan tenaga karena Anda tidak perlu mengetikkan perintah panjang atau membuka browser. Anda bisa melakukan semua tugas yang diperlukan melalui terminal Linux.

Cara Pakai ChatGPT dari Ubuntu

Pakai ChaGPT dari Ubuntu
instal chatgpt di ubuntu

Namun, sebelum menginstal Shell GPT di mesin Ubuntu Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti memastikan bahwa sistem operasi Anda sudah terinstal Python dan pip. Selain itu, Anda juga perlu download dan menginstal beberapa pustaka tambahan untuk memastikan bahwa Shell GPT berfungsi dengan baik.

Langkah 1: Instal Python dan PIP

Seperti kebanyakan alat yang mendukung kecerdasan buatan, bahkan Shell GPT berjalan dengan Python. Meskipun Python biasanya dipasang secara default di sebagian besar distro Linux, Anda dapat memeriksa pemasangannya melalui informasi versinya. Jika Python tidak tersedia di mesin Anda, Anda harus menginstalnya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Buka terminal Linux Anda
  • Ketik perintah berikut:
python3 --version

Jika perintah python –version mengembalikan keluaran versi numerik, maka Python sudah terpasang di mesin Anda dan Anda bisa melanjutkan dengan menginstal PIP. Namun, jika muncul pesan kesalahan, Anda perlu menginstal Python terlebih dahulu.

Setelah Anda yakin bahwa Python sudah terpasang di mesin Anda, Anda dapat menginstal PIP dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka terminal Linux Anda
  • Ketik perintah berikut untuk memeriksa apakah PIP sudah terpasang atau tidak:
pip --version
  • Jika Anda mendapatkan kesalahan pasca-eksekusi berikut, Anda perlu menginstal package manager:
Command 'pip' not found, but can be installed with:
  • Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk menginstalnya:
sudo apt install python3-pip
cara instal pip on ubuntu
ChatGPT di Ubuntu

Langkah 2: Instal dan Siapkan Lingkungan Virtual Menggunakan Python

Lingkungan virtual Python (Python’s virtual environment) adalah lingkungan yang terisolasi yang dapat memungkinkan Anda untuk menjalankan program-program Python dengan versi modul, dependensi, dan konfigurasi yang berbeda tanpa mempengaruhi sistem Python yang mendasarinya.

Dengan menggunakan lingkungan virtual, Anda dapat memastikan bahwa program Python Anda selalu berjalan dengan versi modul yang benar dan tidak ada konflik dengan versi modul yang digunakan oleh program Python lainnya.

Tips: Menggunakan lingkungan virtual adalah langkah opsional, untuk menghindari kecelakaan tak terduga saat memasang dan menggunakan pustaka Python.

Untuk membuat lingkungan virtual menggunakan Python, Anda perlu menginstal modul venv:

sudo apt install python3-venv -y
instal virtual environment module

Langkah 3: Siapkan Lingkungan Virtual

Setelah Anda menginstal lingkungan virtual, Anda dapat mengaturnya, sehingga dapat memfasilitasi perintah ShellGPT dengan lancar.

Pertama, buat direktori baru untuk mengatur dan menyimpan file. Anda dapat menggunakan perintah mkdir, diikuti dengan nama direktori, sebagai berikut:

mkdir cli-shellgpt

Arahkan ke direktori yang baru dibuat ini dengan perintah cd:

cd cli-shellgpt

Kemudian, buat lingkungan virtual baru dengan perintah venv, diikuti dengan nama lingkungan:

python3 -m venv cli-shellgpt

Karena lingkungan virtual tidak diaktifkan secara default, Anda harus mengaktifkannya secara manual dengan skrip pengaktifan:

source cli-shellgpt/bin/activate

Setelah Anda menjalankan perintah di atas, Anda akan melihat perubahan prompt shell Linux default, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

(cli-shellgpt) sahil@vm:
mengaktifkan virtual environment untuk shellgpt di ubuntu
Pakai ChatGPT dari Ubuntu

Langkah 4: Generate OpenAPI key

Cara instal chatgpt di ubuntu selanjutnya adalah Generate OpenAPI key. Karena lingkungan virtual (virtual environment) sudah siap, Anda harus menghubungkan layanan OpenAI dan mesin Ubuntu machine Anda untuk menjalankan Shell GPT. Untuk tujuan ini, Anda harus membuka situs web OpenAI dan membuat akun di sana.

Jika Anda sudah memiliki akun, Anda dapat masuk dengan kredensial Anda dan menavigasi ke gambar profil Anda, yang terletak di sisi kanan atas situs web.

Klik View API Key, diikuti dengan Create new secret key.

View openAI di website ChatGPT
ChatGPT di Ubuntu

Jangan bagikan kunci ini dengan siapa pun karena koneksi bersifat pribadi dan harus digunakan hanya pada mesin Anda.

Salin kunci API dari kotak dialog, dan simpan di suatu tempat, karena Anda tidak akan dapat meninjau key yang sama lagi.

cara generate secret api key

Untuk membuat koneksi di mesin Ubuntu Anda, buat variabel lingkungan dengan perintah ekspor:

export OPENAI_API_KEY=<paste key details here>

Langkah 5: Tambahkan dan Verifikasi API Key ke dalam Virtual Environment Variable

Cara pakai ChatGPT dari Ubuntu selanjutnya adalah saat Anda mengeksekusi kunci API dengan cara ini, Linux hanya akan menggunakannya untuk satu instance. Namun, jika Anda ingin membuat eksekusi permanen, simpan di file .bashrc.

Yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan perintah pertama dan memasukkan perintah selanjutnya di dalam editor teks:

nano ./bashrc
export OPENAI_API_KEY=<paste key details here>
Cara Pakai ChatGPT dari Ubuntu

Simpan dan keluar dari editor. Kemudian, gunakan perintah source untuk mengaktifkan perubahan.

source ./bashrc

Terakhir, verifikasi kunci API dengan perintah env.

env
cek kunci rahasia di env list

Variabel lingkungan OPENAI_API_KEY Anda harus dicantumkan dalam output.

Langkah 6: Instal Shell GPT di Ubuntu

Setelah semua proses pemasangan yang diperlukan selesai, Anda dapat langsung menuju ke bagian terbaik, yaitu proses pemasangan Shell GPT. Proses pemasangan ini cukup mudah, dan Anda dapat memasangnya dengan mengikuti perintah berikut:

pip3 install shell-gpt
instal ShellGPT di Ubuntu
instal chatgpt di ubuntu

Biarkan instalasi selesai; sementara itu, Anda dapat melihat beberapa cara menarik untuk menggunakan Tool AI melalui jendela terminal Anda.

Langkah 7: Gunakan Shell GPT untuk Menjalankan Kueri melalui Terminal

Pemasangan Shell GPT dilakukan agar memudahkan hidup Anda. Untuk melakukan pencarian dan menjalankan beberapa kueri menggunakan terminal, Anda dapat menggunakan perintah "sgpt" diikuti dengan kueri yang ingin Anda cari di dalam tanda kutip:

sgpt "How many galaxies exist within the universe"
respon shell gpt
Pakai ChatGPT dari Ubuntu

Anda juga bisa menggunakan Shell GPT untuk membuat kode. Caranya adalah dengan mengirimkan perintah yang tepat menggunakan perintah “sgpt”:

sgpt --code "print the Fibonacci series"
cara instal ChatGPT di Ubuntu

Output dari perintah tersebut berupa kode yang dapat dijalankan dengan Python untuk menghasilkan deret Fibonacci.

Langkah 8: Menggunakan ShellGPT di Terminal Ubuntu

Menggunakan perintah pada Linux menjadi lebih mudah, terutama ketika semuanya tersedia di dalam jendela terminal Anda. Dari menjalankan perintah shell hingga menggunakan terminal Anda sebagai mesin pencari, semuanya bisa dilakukan dengan ShellGPT.

Namun, karena ShellGPT didasarkan pada konsep yang sama dengan ChatGPT, maka ShellGPT memiliki beberapa masalah yang mungkin membutuhkan waktu untuk diperbaiki. Jika ingin menghindari masalah tersebut, maka teruslah menggunakan perintah otomatis ShellGPT dan buat hidup Anda menjadi lebih mudah. Tetap menggunakan versi saat ini hingga Anda dapat mengunduh versi baru yang bebas dari bug.

Bagikan:

seorang profesional di bidang keuangan yang telah berpengalaman di industri Koperasi Simpan Pinjam (KSP) sejak tahun 2010. Berbasis di Bandung. Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang platform pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.