Apa itu PayLater? Alasan, Contoh dan Tips Bijak Lengkap

apa itu PayLater

Paylater menjadi salah satu dari sekian banyak fitur baru yang akan membantu konsumen menyelesaikan transaksi dengan lebih mudah seiring dengan kemajuan teknologi. Apa itu Paylater, tepatnya, dan bagaimana cara kerjanya? Lihat di bawah ini!

Saat ini, Paylater menjadi fitur transaksi digital yang semakin mendapat perhatian. Namun, masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami sistem atau cara kerja fitur ini.

Penggunaan PayLater saat ini dianggap lebih realistis dan mampu menggantikan kartu kredit. Proses aplikasi sama sederhananya; yang Anda butuhkan untuk mendaftar hanyalah telepon dan kartu e-KTP Anda.

Banyak orang tertarik dan memanfaatkan paylater karena kemudahan yang ditawarkannya. Meski aplikasinya sederhana, Anda tetap harus memiliki pengendalian diri dan menahan diri untuk tidak membuat segunung tagihan yang akan menyulitkan Anda.

Oleh karena itu, sebelum memilih menggunakan layanan ini, Anda harus terlebih dahulu memahami tentang pengertian PayLater, bagaimana cara kerjanya, alasan kenapa harus menggunakannya, dan tips bijak penggunaan fitur “beli sekaran bayar nanti”.

Pengertian: Apa itu PayLater?

Apa itu PayLater
Apa itu PayLater

Paylater secara umum adalah fitur transaksi yang menyediakan sarana pembayaran dengan cara pinjaman atau cicilan ketika Anda ingin membeli sesuatu, dengan pembayaran dilakukan sesuai dengan batas waktu yang telah Anda pilih.

Oleh karena itu, ketika Anda membeli produk dari perusahaan digital yang bersangkutan, pembayaran Anda akan dikembalikan terlebih dahulu.

Bulan berikutnya, Anda akan membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang ditentukan.

Selain itu, Anda dapat memilih jangka waktu pembayaran yang disesuaikan dengan tenor yang Anda pilih.

Bagaimana Cara Kerja PayLater?

bagaimana cara kerja PayLater
cara kerja paylater

Anda sekarang menyadari apa yang diperlukan Paylater. Mari pelajari juga pengoperasian metode pembayaran pulsa online ini agar Anda lebih memahaminya. Namun perlu diingat bahwa platform paylater berbeda, dan syarat dan ketentuan berbeda secara spesifik.

Namun, prasyarat mendasar untuk masing-masing platform penyedia layanan ini pada dasarnya sama. Anda harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan usia minimum, yang mungkin berusia 17 atau 21 tahun. Kemudian, hanya WNI warga negara Indonesia yang berhak mengajukan layanan Paylater. KTP harus dibuktikan sebagai pemiliknya agar syarat yang satu ini terpenuhi.

Anda mungkin juga diminta untuk memberikan informasi tentang transaksi pembelian online Anda selama tiga bulan terakhir. Namun, tidak semua platform pinjaman selalu menyediakan kebutuhan yang satu ini.

Anda akan diberikan batas pinjaman jika aplikasi Anda diterima. Intinya, limit pinjaman ini adalah jumlah tertinggi yang boleh Anda keluarkan saat berbelanja dengan opsi Paylater. Oleh karena itu, Anda tidak dapat menggunakan metode pembayaran atau cicilan ini jika total melebihi limit.

Kelebihan dan Kekurangan pakai PayLater

Apapun itu pasti ada kelebihan dan juga kekurangannya. di bawah ini adalah keutungan dan kerugian menggunakan fitur beli sekarang bayar nanti:

Kelebihan PayLater

kelebihan paylater
kelebihan paylater

Penggunaan yang Sangat Mudah

Menggunakan paylater terbilang lebih sederhana dan cepat meski menggunakan teknologi yang sama dengan kartu kredit.

Anda dapat menggunakan opsi paylater platform hanya dengan mendaftar; Anda bahkan tidak perlu membuat kartu kredit untuk melakukannya!

No Ribet

Persyaratan pengguna yang biasa untuk biaya layanan kredit termasuk menyerahkan slip gaji, bukti penghasilan, tanggungan, atau jaminan barang.

Paylater hanya membutuhkan KTP untuk mendaftar, itulah alasannya.

Durasi Pembayaran Variabel

Paylater menawarkan berbagai pilihan tenor yang dapat disesuaikan; yang perlu Anda lakukan hanyalah menyesuaikan jadwal pembayaran sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pastikan tenor yang Anda pilih sesuai dengan kondisi keuangan Anda. untuk menghindari pembatasan misi di masa depan.

Cocok untuk Berbagai Transaksi

Anda bisa menggunakan paylater untuk membayar kebutuhan sehari-hari tanpa harus khawatir untuk menabung. Pengeluaran untuk hal-hal seperti makanan, listrik, transportasi, dan sebagainya.

Ada banyak promosi yang menarik

Promosi yang ditawarkan bisa berupa potongan harga, diskon, atau hadiah menarik yang bisa Anda menangkan. Namun, tetap kendalikan dan tahan keinginan untuk berbelanja liar karena promosi!

Kekurangan PayLater

Mengembangkan Perilaku Konsumtif yang Belebihan

Kenyamanan bayar nanti akan mendorong Anda untuk berbelanja lebih sering, yang akan menyebabkan pemborosan.

Karena menggunakan bayar nanti tidak akan mengurangi tabungan Anda saat itu, Anda mungkin tidak menyadari hal ini saat berbelanja, dan tentunya akan menambah konsumsi Anda.

Dapat Meningkatkan Tagihan Pembayaran

Fakta bahwa tagihan dapat meningkat adalah satu lagi kelemahan menggunakan paylater. Ketika Anda kehilangan kontrol diri dan pengeluaran berlebihan, ini mungkin terjadi.

Keamanan

Tentu saja, isu utama saat melakukan aktivitas—terutama saat berhubungan online—adalah keamanan identitas dan privasi.

Secara alami, privasi akan terpengaruh oleh sistem yang meminta Anda untuk mendaftar dengan memberikan identitas, karena kebocoran keamanan data tersebar luas.

Pastikan platform Paylater yang Anda gunakan diatur oleh OJK agar lebih aman dan menjamin keamanan transaksi Anda.

Contoh PayLater yang Terdaftar di OJK

Program apa saja yang menawarkan fungsionalitas paylater untuk pembayaran? Paylaters di Indonesia tercantum di bawah ini.

Yup Paylater

Berbeda dengan banyak model paylater lainnya, layanan paylater Yup Paylater memanfaatkan fasilitas kartu yang disebut Yup Card Paylater.

Dengan bunga 0% dan opsi tenor 40 hari, Anda dapat melakukan pembelian secara offline di mitra dengan kartu Yup Paylater!

Shopee Paylater (SpayLater)

Tentunya banyak dari Anda yang rutin menggunakan aplikasi Shopee untuk belanja online sudah tidak asing lagi dengan Spaylater. Saat Anda berbelanja di Shopee, SpayLater tersedia sebagai layanan kredit cicilan.

Dengan cara pembayaran ini, Anda dapat memperoleh barang tanpa persyaratan pesanan minimum dan membagi pembayaran Anda selama jangka waktu yang dipilih.

GoPay PayLater

Pelanggan Gojek juga dapat menggunakan opsi pembayaran pascabayar alat transportasi online ini.

Anda harus mengunggah KTP dan foto diri Anda memegang KTP untuk mendaftar Gopay Plus agar dapat menggunakan teknik ini.

Jika Anda sudah mendaftar Gopay Plus, Anda bisa menggunakan cara ini untuk beberapa layanan Gojek, antara lain GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, dan lainnya.

7 Cara Aman dan Bijak Menggunakan Paylater

Jadi, yuk simak cara menggunakan Paylater dengan benar di bawah ini untuk menjaga kesehatan keuanganmu!

1. Pertimbangkan Legalitas Layanan

Cara bijak pertama dalam memanfaatkan Paylater tentunya dengan memperhatikan status hukum aplikasi sebagai penyedia fitur Paylater sebelum menggunakannya.

Pilih platform yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan untuk menjamin keamanan transaksi yang akan Anda selesaikan (OJK).

2. Identifikasi Kebutuhan

Cara cerdas kedua untuk menggunakan Paylater adalah mengetahui kebutuhan Anda. Anda sebaiknya tidak mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu jika yang ingin Anda lakukan hanyalah mencoba mengikuti gaya hidup orang lain.

Alasannya adalah, meskipun tidak dibutuhkan secara mendesak, Anda akan bergantung pada kenyamanan fitur ini dan menggunakannya lagi dalam beberapa bulan mendatang.

Jangan gunakan fitur ini jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya! agar keuangan Anda tetap stabil dan beban pengeluaran bulanan Anda tidak bertambah!

3. Gunakan Hanya Dalam Keadaan Darurat

Cara cerdas menggunakan Paylater yang kedua adalah dengan membatasi penggunaannya pada situasi atau keadaan mendesak yang masih memungkinkan untuk tetap mengontrol penggunaannya.

Jika Anda terlalu sering menggunakannya, Anda akan terbiasa dan menjadi boros karena pengeluaran bulanan yang tinggi.

Jadi, pastikan untuk hanya menggunakan fungsi ini saat benar-benar diperlukan atau dalam situasi ekstrim! untuk mempertahankan kontrol ketat atas penggunaannya.

4. Manfaatkan Event Promosi

Paylater menawarkan promosi seperti cashback atau cicilan 0% yang bisa Anda manfaatkan, terutama untuk kebutuhan mendesak, untuk mendapatkan layanan maksimal.

Misalnya, jika ada promosi cicilan 0% dan laptop kerja Anda rusak secara tidak sengaja.

Fakta bahwa promosi ini tersedia tidak diragukan lagi akan menyelamatkan Anda dari keharusan membayar bunga sama sekali.

Dengan promosi ini, Anda akan menerima kebutuhan dengan keuntungan, membuat Paylater lebih menguntungkan.

5. Kenali kondisi yang relevan

Tentunya, Anda perlu memperhatikan dan memahami syarat dan batasan sebelum menggunakan Paylater.

Karena setiap perusahaan yang menawarkan fungsi Paylater tentunya memiliki aturan yang berbeda-beda,

Jadi apa yang perlu Anda fokuskan dan pahami?

Persentase Bunga

Lamanya tenor cicilan yang Anda pilih biasanya mempengaruhi besaran bunga yang dikenakan. Bunga yang dibebankan naik seiring dengan lamanya tenor yang Anda pilih.

Tenor Angsuran

Anda harus mengubah tenor cicilan sebelum mengambil keputusan sesuai dengan kemampuan atau kondisi keuangan Anda.

Karena bunga yang dikenakan jelas tidak terlalu tinggi, akan lebih baik lagi jika Anda bisa melunasi cicilan hanya dalam waktu satu bulan.

Jika Anda tidak dapat melunasinya segera, Anda dapat melakukannya dalam jangka waktu tiga sampai enam bulan, sebagaimana mestinya.

Denda

Selain itu, pengenaan denda yang ditentukan bervariasi tergantung pada platform. Perhatikan baik-baik jumlah denda yang akan Anda tanggung jika Anda terlambat membayar, tetapi tetap lebih baik jika Anda membayarnya tepat waktu!

Limit Pinjaman ini biasanya akan bervariasi tergantung pada bisnis atau bahkan individu.

Limit yang diberikan biasanya akan meningkat jika Anda melakukan pembayaran tepat waktu dan tidak pernah ada masalah dengan pembayaran.

6. Pastikan pembayaran segera semua tagihan tepat waktu

Jika Anda telah memilih untuk menggunakan Paylater, Anda harus segera melakukan pembayaran dan tanpa penundaan.

Tagihan Anda akan bertambah jika Anda terlambat melakukan pembayaran karena bunga yang dibebankan pada cicilan yang Anda terima juga akan lebih tinggi.

Anda tidak mungkin ingin tenggelam dalam hutang, bukan? Bayar tagihan Anda tepat waktu dan selesaikan ujian Anda.

Nah, mungkin itu saja yang bisa Bonar.ID jelaskan tentang apa itu PayLater, cara kerjanya, kelebihan serta kekurangannya. Semoga artikel ini menambah wawasan bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *