9 Perbandingan Metamask VS Trust Wallet Mana yang Bagus?

Perbandingan Metamask VS Trust Wallet Mana yang Bagus? – Secara singkat, dari segi tampilan, Trust Wallet lebih enak diakses lewat mobile dibandingkan lewat PC. Begitu juga sebaliknya. Metamask lebih bagus diakses lewat PC atau desktop dibandingkan lewat smartphone Android.

Belakangan ini saya sudah riset dan membandingkan kedua platform wallet untuk crypto. Melalui artikel ini, saya akan membagikan kepada Anda semua sebagai perbandingan antara Trust Wallet dan Wallet Metamask.

Perbandingan Metamask VS Trust Wallet

Trust WalletMetamask
User FriendlyYesNo
BiayaGratisGratis
App MobileYesYes
Desktop MobileNoYes
NFT SupportYesNo
Staking OptionsYesNo
Multi ChainYesYes
SecurityMediumMedium
Compatible with hardware WalletsNoYes
tabel perbandingan Metamask VS Trust Wallet

Desain Tampilan

Seperti yang sudah saya singgungkan di atas, Metamask lebih kompatibel dengan browser extension seperti Google Chrome dan Mozilla. Artinya, dompet crypto ini lebih enak digunakan di desktop atau PC.

Sedangkan untuk Trust Wallet, lebih bagus diakses melalui versi mobile seperti Android maupun iPhone.

Biaya

Baik Metamask atau Trust Wallet, mereka tidak ada mematokkan harga alias gratis.

User Friendly

Trust Wallet lebih user friendly atau lebih mudah digunakan bila dibandingkan dengan Metamask. Karena menurut saya pribadi, Trust Wallet ini tampilannya lebih simpel sehingga kita lebih mudah mengerti terlebih menambah address wallet lebih gampang.

Desktop Software

Kalau Anda lebih suka menggunakan desktop, saya lebih merekomendasikan Metamask karena sudah kompatibel di beberpa browser terkenal seperti Google Chrome M. Edge dan Mozilla.

Meskipun Trust Wallet tidak memiliki versi desktop atau laptop, tapi Anda bisa koneksikan ke desktop dengan menggunakan QR Code Wallet Connect sehingga Anda bisa menghubungkan dari hp ke pc.

Mobile App

Keduanya sama-sama mendukung Mobile App. Cuma Metamask itu lebih kompleks sehinga bagi Anda yang pemula agak kebingungan ketika hendak setting interface dari Metamask ini. Namun kalau Trust Wallet akan jauh lebih gampang sekali.

NFT Support

Kalau buka aplikasi Trust Wallet, di situ ada menu NFTs. Jadi, segala macam NFTyang Anda beli NFT marketplace itu akan muncul langsung di aplikasi tersebut. Sedangkan Metamask itu sama sekali belum support NFT. Sehingga ketika membeli NFT lewat Metamask dan untuk melihatnya Anda harus mengaksesnya lewat NFT marketplace.

Staking Options

Maksudnya adalah, jika Anda ingin mencari wallet yang menyediakan fitur Staking (fitur semacam deposito yang mana mengunci sejumlah token dan akan mendapat reward) maka Trust Wallet lebih saya rekomendasikan. Sedangkan Metamask tidak suport Staking Options.

Multi Chain

Perbandingan Metamask VS Trust Wallet selanjutnya adalah dari segi Multi Chain. Mereka sama-sama mendukung fitur ini.

Jadi dengan Multi Chain itu bisa menambahkan berbagai macam token dari berbagai blockchain seperti bitcoin dan lain-lain.

Cuma, untuk Trust Wallet dia bisa kustom. Jadi Anda tidak akan bisa blcokchain secara manual (terbatas).

Sedangkan Metamask bisa Anda tambahkan berbagai macam network ke dalam akun Anda.

Compatible with hardware Wallets

Trust Wallet tidak mendukung hardware Wallet. Sedangkan Metamask sangat mendukung.

Mana yang lebih bagus Metamask VS Trust Wallet

Menurut saya kedua paltform ini sama-sama bagus. Sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda-beda.

Nmaun saya kembalikan kepada Anda karena itu semua tergantung pada kebutuhan kita masing-masing. Kira-kira mana yang cocok antara Trust Wallet atau Metamask?

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 351

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *