Pinjol BantuSaku – Legal atau Ilegal? Cek Fakta

Review Pinjol BantuSaku Apakah Lega atau ilegal? Saat ini banyak sekali aplikasi dan pinjaman online yang tersedia di internet. Namun, kita juga harus waspada dan kritis. Misalnya, jika kita ingin menggunakan aplikasi pinjaman, kita harus mengecek legalitas dan izin OJK dari aplikasi tersebut.

Salah satu hal yang sangat penting saat mengambil pinjaman online dari berbagai perusahaan atau aplikasi fintech adalah keamanan. Tidak semua aplikasi pinjaman bisa dipercaya. Beberapa di antaranya mungkin memiliki risiko atau celah yang bisa merugikan kita.

Apa itu Bantusaku?

pengertian bantusaku

Bantusaku adalah layanan pinjaman online yang diselenggarakan oleh PT. Smartec Technology Indonesia, sebuah perusahaan resmi yang berbasis teknologi. Aplikasi ini menawarkan berbagai produk pinjaman yang terjamin legalitasnya. Di situs web resmi Bantusaku, kita bisa melihat informasi lengkap tentang tim perusahaan, mulai dari Direktur Utama sampai Direktur SDM. Selain itu, kita juga bisa mengakses laporan keuangan perusahaan secara publik.

Tabel Profil Lengkap Bantusaku

Pinjol Bantusaku
Nama Aplikasi Bantusaku
PenyelenggaraPT. Smartec Technology Indonesia
Izin OJK KEP-91/D.05/2021
Produk PinjamanPinjaman online tanpa agunan
Jumlah PinjamanRp 1.000.000 – Rp 20.000.000
Jangka Waktu91 – 180 hari

Bantusaku menawarkan berbagai layanan pinjaman yang bisa dipilih oleh pelanggan. Karena menggunakan sistem peer-to-peer lending, ada dua pihak yang terlibat dalam program ini, yaitu peminjam dan pendana. Oleh karena itu, ada 2 produk yang tersedia, yaitu:

Baca: Abadi Dana APK Review – Pinjol Ilegal apakah Aman?

Pendanaan

Produk ini khusus untuk Anda yang ingin berinvestasi. Dengan Bantusaku, Anda bisa memberikan pinjaman dan mendapatkan penghasilan atau pendapatan setiap hari. Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah:

  • Menggunakan teknologi canggih,
  • Memiliki landasan hukum
  • Suku bunga tahunan maksimal 12%.
  • Menyokong perekonomian Indonesia

Pinjaman

Produk ini adalah produk pinjaman yang cocok untuk Anda yang membutuhkan dana cepat untuk keperluan pribadi atau bisnis. Aplikasi pinjaman ini menawarkan beberapa keunggulan dan kelemahan. Beberapa keunggulan yang bisa Anda nikmati antara lain adalah:

Jumlah pinjaman beragam. tenor yang fleksibel Proses pengajuan mudah dan cepat suku bunga rendah Jadwal pembayaran yang bisa disesuaikan

Namun, ada juga beberapa kelemahan yang harus Anda perhatikan, seperti:

  • Risiko gagal bayar
  • Denda keterlambatan
  • Syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi
  • Batas waktu pengembalian yang singkat

Contoh Simulasi Pinjaman Bantusaku

Jika meminjam Rp 1.000.000 dengan tenor 91 hari, maka total bunga yang harus dibayar: Rp 1.000.000 x 0,3% x 91 = Rp 273.000 Total pinjaman yang harus dikembalikan = Rp 1.000.000 + Rp 273.000 = Rp 1.273.000. (Sumber: Play Store).

Baca: Risiko Ubah Tagihan Jadi Cicilan – Pinjaman Online

Legalitas aplikasi pinjaman bantuan saku adalah hal yang penting untuk diketahui. Oleh karena itu, Anda harus mengecek dan mencari tahu. Setelah dilakukan penelitian mendalam melalui Otoritas Jasa Keuangan, ternyata pinjaman ini sudah berizin.

Berdasarkan data yang didapat dari OJK, aplikasi ini sudah mendapatkan izin resmi pada tanggal 8 September 2021 dengan nomor KEP-91/D.05/2021. Perusahaan yang mengelola aplikasi ini adalah PT Smartec Technology Indonesia.

Apakah Aman Pinjam Uang di BantuSaku?

Tentulah aman. Karena kita sudah mengetahui bahwa Bantusaku adalah bagian dari OJK. Artinya sudah teradaftar dan bisa dipastikan data pribadi Anda aman.

Testimoni Nasabah Pinjaman Bantusaku

Beberapa tanggapan dari pelanggan yang sudah mengambil pinjaman di Bantusaku bisa dilihat. Ada berbagai macam ulasan, salah satunya membahas keluhan pengguna. Seorang pengguna, misalnya, mengatakan bahwa dia tidak mengajukan pinjaman di Bantusaku tapi diminta untuk membayarnya ketika uang masuk ke ponselnya setelah tiga hari. Hal ini bisa dibuktikan dengan lsc.bphn.go.id/konsultasiView?id=17163.

Selain itu, nasabah juga sering mengeluh karena ditagih pinjaman oleh debt collector Bantusaku. Hal ini menunjukkan bahwa Bantusaku memang melakukan penagihan pelanggan secara langsung melalui penagih.

Kesimpulan: Review Pinjol BantuSaku

Ini adalah beberapa informasi spesifik yang bisa saya berikan kepada Anda tentang BantuSaku legal atau ilegal. Anda bisa menentukan sendiri apakah aplikasi Bantusaku ini adalah aplikasi finansial yang cocok untuk kebutuhan Anda atau tidak.

Duwita Sari
Duwita Sari
Articles: 35