Pinjol KopiSusu: Awas! Jangan Instal! Berbahaya

Pinjol KopiSusu sudah ada di Play Store sejak tahun 2022 dan telah digunakan lebih dari 1 juta pengguna Android. Lantas dengan banyaknya yang download aplikasi ini apakah otomatis aman kita gunakan?

Tunggu dulu! Lewat artikel ini, saya ingin bagikan beberapa fakta menarik tentang pinjol Kopi Susu ini. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Jadi, silahkan terus simak tulisan ini hingga selesai.

Apa itu Pinjol KopiSusu?

Pinjol KopiSusu apakah legal atau ilegal

Ini adalah aplikasi layanan pinjaman secara daring yang diterbitkan oleh Koperasi Simpan Pinjam Pilihan Sahabat Semua pada tanggal 2 Agu 2022 di Play Store. Menurut informasi yang saya dapatkan dari Play Store, apk ini menawarkan pinjaman limit hingga 20 juta rupiah dengan tenor maksimal satu tahun.

Contoh Pinjaman

Suku bunga pinjaman bulanan dihitung dengan membagi suku bunga tahunan (24%) dengan 12, sehingga didapatkan 2%.

Bunga pinjaman bulanan dihitung dengan mengalikan jumlah pinjaman (Rp3.000.000) dengan suku bunga bulanan (2%), hasilnya Rp60.000.

Jumlah pembayaran bulanan adalah total pokok pinjaman per bulan ditambah bunga bulanan, yaitu Rp3.000.000 dibagi 6 bulan ditambah Rp60.000, totalnya Rp560.000 per bulan.

Total bunga kredit selama 6 bulan adalah Rp60.000 dikalikan 6, yang berjumlah Rp360.000.

Total biaya pinjaman adalah jumlah pokok ditambah total bunga, sehingga Rp3.000.000 ditambah Rp360.000 menjadi Rp3.360.000.

Fakta Pinjol KopiSusu

  • KopiSusu apakah legal atau ilegal? Perlu Anda ketahui bahwa pinjol ini tidak terdaftar di OJK. Sehingga bisa kita pastikan ini adalah aplikasi pinjaman online ilegal.
  • Karena ini sifatnya ilegal, maka tidak diawasi oleh OJK dan besar kemungkinan data pribadi bisa disalahgunakan.
  • Aplikasi diterbitkan oleh Koperasi Simpan Pinjam Pilihan Sahabat Semua. Namun sayangnya, saya tidak menemukan informasi lebih detail tentang penerbit ini.
  • Kantor KopiSusu berada di Jalan Mujair Raya Nomor 16,Desa/Kelurahan Jati Padang,Kec. Pasar Minggu,Kota Adm. Jakarta Selatan,Provinsi DKI Jakarta 12950. Setelah kami telusuri, ternyata kami tidak menemukan informasi tentang pinjol ini. Saya yakin ini adalah alamat palsu.
Alamat KopiSusu
  • Aplikasi ini memiliki website https://www.kopisusu.co.id/ dan bisa diakses dengan baik.
pinjol kopi susu website
  • Apabila skor kredit Anda bagus, mereka akan langsung masuk ke rekening pribadi Anda tanpa diketahui.
  • Biasanya dikirim uang pinjaman dari beberapa aplikasi.
  • Biaya bunga dan biaya provisi yang sangat besar dan tidak masuk akal.
  • Setelah itu, tenor pinjaman yang mereka berikan hanya 7 hari atau satu minggu.
  • Faktanya, 3 hari sebelum jatuh tempo, Anda dipaksa untuk membayar semua tagihan.
  • Aplikasi KopiSusu belum ada DC Lapangan.
  • Apabila status pengajuan masih menunggu peninjauan, itu artinya pengajuan Anda ditolak.

Solusi Terbaik

Apa yang harus kita lakukan ketika uang masuk ke rekening pribadi dari pinjol KopiSusu ini? Bagi orang yang belum paham betul tentang dunia pinjol, pasti merasa takut dan kuatir data pribadi disebar. Nah, saran saya, tolong jangan dibayar atau melunasi hutang tagihan tersebut. Karena ada dua kemungkinan yang akan terjadi:

  • Setelah Anda bayar lunas, ternyata status di aplikasi masih ada tagihan.
  • Uang akan mereka kirim lagi ke rekening pribadi apabila Anda membayar tagihan sebelumnya.

Persoalannya adalah tentang sebar data. Apa yang harus kita lakukan agar pinjol KopiSusu tidak melakukan sebar data? Begini. Soal kasus sebar data itu sudah pasti karena mereka sejatinya adalah ilegal. Biasanya mereka melakuka penyebaran data lewat kontak dan sosial media. Tapi saya mau bilang begini. Bayar atau tidak bayar pun data pribadi kita sudah ada pada mereka. Saya yakin sekali data pribadi kita disalahgunakan.

Jadi, dari pada mereka double untung, lebih baik jangan dikasih uang yang mereka transfer. Lebih baik gunakan saja untuk kebutuhan Anda.

Kesimpulan: Pinjol KopiSusu

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan soal pinjol ilegal satu ini? semoga apa yang saya paparkan di artikel ini berguna dan dapat menambah wawasan tentang dunia pinjaman online. Jika ada pertanyaan, silahkan berikan komentar di bawah ini!

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 357

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *