Pinjol Easy Dana: Penipuan! Tidak Layak Pinjam

Easy Dana merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh beberapa pengguna Android. Bagi Anda menemukan aplikasi ini mungkin sedang bertanya-tanya, apakah pinjol satu ini legal atau bahkan ilegal OJK? Bagaimana proses pinjamannya dan apakah layak kita gunakan sebagai solusi finansial kita?

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan informasi serta edukasi tentang dunia fintech atau financial technology yang mana (seperti yang kita ketahui) bahwa masih banyak masyarakat kita masih kurang memahami tentang (khususnya) pinjaman online.

Jadi, kami harap teman-teman terus membaca artikel ini supaya dapat mengerti dengan baik apa yang kami sampaikan.

Berikut ini adalah beberapa poin yang akan kita bahas:

Review Easy Dana: Ringkasan

Pinjol easy dana apakah legal atau ilegal

Easy Dana merupakan salah satu layanan pinjaman online yang memungkinkan bagi semua orang untuk mengajukan pinjaman lewat aplikasi sehingga proses pinjamannya sangat cepat dan mudah.

Hanya butuh data diri seperti KTP, nama lengkap hingga info pekerjaan, kita dapat mengajukan pinjaman di aplikasi ini.

Info Profil

Berikut ini adalah tabel profil tentang Easy Dana yang bersumber dari Play Store dan website.

InfoDeskripsi
Nama AplikasiEasy Dana
Jenis / KategoriFinansial Technology
Developer / PemilikPT SEJAHTERA INTERNATIONAL INDONESIA
Tanggal Rilis27 Sep 2023
ProdukPinjaman Online tanpa agunan
Alamat KantorMenara Rajawali, Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan, Level 7-1 Jl. DR Ide Anak Agung Gede Agung
Kontaknewarklechleiter59484@gmail.com
URL Resmihttps://dana-fulus.com/

Daftar Izin Akses

Berikut ini ada beberapa list izin akses yang harus Anda setujui:

  • Lokasi
  • Info Pribadi
  • Info Keuangan
  • Pesan
  • Foto dan Video
  • Audio

Produk Pinjaman

Berikut ini adalah deskripsi produk pinjaman online yang ditawarkan oleh Easy Dana ini:

  • Perhitungan biaya untuk pinjaman lima juta rupiah dengan jangka waktu empat bulan adalah sebagai berikut:
  • Hutang bunga harian sebesar 5.000.000 * 0,04% = Rp2.000;
  • Bunga bulanan sebesar Rp.2.000 kali tiga puluh = Rp.60.000; total bunga yang harus dibayar setelah jatuh tempo pinjaman adalah Rp.60.000 kali empat = Rp240.000.
  • Jumlah pembayaran dapat dihitung sebagai berikut: Pembayaran bulanan sebesar Rp.5.000.000 dibagi 4 dan ditambah Rp.60.000 menjadi Rp.1.310.000; pembayaran kembali sebesar 5.240.000 setelah pinjaman jatuh tempo adalah 5.000.000 plus 240.000 = 5.240.000.

Syarat Pinjam di Easy Dana

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Punya akun koleksi
  • Memiliki penghasilan yang stabil

11 Fakta Menarik Tentang Easy Dana

Fakta menarik tentang pinjaman online

1. Pinjol Ilegal

Yang pertama, apakah Easy Dana legal atau Ilegal? Jawabannya adalah ILEGAL atau tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK.

2. Produk Pinjol Terbaru

Easy Dana juga termasuk salah satu pinjol ilegal terbaru yang diterbitkan di bulan September 2023. Jadi saya harap Anda harus berhati-hati terhadap aplikasi ini.

3. Aplikasi Beranak

Maksudnya adalah ketika kita masuk ke dalam aplikasi (hingga proses pengisian formulir pengajuan selesai) terdapat banyak aplikasi-aplikasi pinjol lain yang mana bisa kita ajukan pinjaman. Tapi perlu Anda ketahui bahwa semua aplikasi beranak ini adalah pinjol ilegal.

4. Alamat Tidak Valid

Kami mencoba mencari bukti akurat (lebih detail) tentang alamat perusahaan ini melalui Google Search. Hasilnya kami tidak mendapatkan informasi lebih lengkap tentang gambaran perusahaan ini.

Untuk mengetahui valid atau tidaknya alamat perusahaan di Pencarian Google itu sangat mudah sekali, Anda tinggal copy/paste alamat lengkap perusahaan atau nama perusahaan di kolom Google.

Jika hasil pencarian tersebut terdapat peta yang menunjukkan lokasi kantor beserta dengan ulasan konsumen, bisa dipastikan 90% alamat kantornya valid. Begitu juga sebaliknya.

Rekomendasi: Review Dana Klik – Penipuan Ala Pinjol

5. Dana Langsung Masuk tanpa Pemberitahuan

Nah, mungkin sebagian kita pernah mengalami hal seperti ini. Contohnya Anda tidak jadi pinjam karena biayanya yang sangat besar dan tidak masuk akal.

Namun, secara mengejutkan. Uang dana pinjaman tersebut masuk ke rekening Anda tanpa ada persetujuan lanjutan. Tentu hal seperti ini akan membuat kita kaget dan kuatir.

6. Detail Pinjaman yang Tidak Sesuai

Anda mungkin melihat deskripsi produk pinjaman yang ditawarkan oleh Uang Aman sangat murah, dapat limit pinjaman besar dan tenor hingga berbulan-bulan.

Namun pada faktanya adalah BOHONG BESAR. Pinjaman yang akan dapatkan memang agak lumayan besar. Namun potongan di awal sangat besar (bahkan hingga setengah dari besar pinjaman).

Tidak hanya itu saja, tenor yang Anda dapatkan hanyalah 7 hari atau satu minggu.

7. Proses Pengembalian

Dikatakan tujuh hari lama atau durasi pinjaman harus dikembalikan, bukan? Namun pada faktnya tidaklah demikian, 3 atau 4 hari sebelum jatuh tempo Anda akan menerima panggilan telepon atau SMS/Chat WA dari penagih hutang di pinjol ini.

8. Proses Penagihan: Sebar Data

Prose penagihannya juga sangat mengerikan. Mereka akan terus telepon, SMS atau WA Anda (menggunakan banyak nomor baru) sehingga kejadian ini tentunya sangat mengganggu Anda dalam menjalankan aktivitas Anda.

Tidak sampai di situ saja. Cara penagihannya pun sangatlah tidak sopan, ancam sebar data dan lain-lain.

9. Data Pribadi tidak Aman

Ketika Anda sudah input data pribadi di formulir pengajuan, maka secara langsung Anda telah memberikan semua informasi pribadi Anda ke pihak Easy Dana.

Kita tahu bahwa aplikasi ini adalah pinjol yang tidak terdaftar dan di awasi oleh OJK. Sehingga besar kemungkinan data Anda bisa disalahgunakan oleh pihak mereka.

10. Pengen Dilunasin, Malah Dapat Masalah Baru

Uang pinjaman sudah masuk (seperti yang di jelaskan di poin 5) dan ingin segera melunaskannya. Ketika Anda sudah bayar secara lunas, maka secara langsung pihak Easy Dana akan memberikan (transfer) pinjaman lagi ke rekening tanpa sepengetahuan Anda. Lalu besoknya mereka menagih dan mengancam Anda seperti pada poin 6, 7 dan 8.

Pinjol Dana Go Apakah Aman

11. Review dan Rating di Play Store

Sejak artikel ini dibuat, rating pinjol Easy Dana di Play Store cukup lumayan tinggi. Tapi tahu kah Anda, ada tindakan manipulasi rating khususnya orang yang memberikan rating bintang 5. Perhatikan saja nama-nama akun mereka sangat aneh, terkesan nama dari luar negeri. Lagian komentarnya rata-rata sama semua.

Screenshot Korban Pinjol Ilegal

Laporkan Pinjol Ilegal

Saya mengajak Anda untuk bersama-sama membantu melaporkan beberapa pinjol ilegal yang pernah kami review di situs ini. Tujuannya adalah membantu mengurangi korban lainnya serta membantu Play Store sebagai platform atau tempat download aplikasi terpercaya.

Anda bisa klik di sini untuk mengetahui Cara Melaporkan Pinjol Ilegal ke Play Store.

Tips Buat yang Sudah Terlanjur Pinjam

Nah, buat Anda yang sudah terlanjur pinjam di aplikasi Easy Dana (seperti pada poin 5), saya hanya memberikan sedikit tips yang mungkin saja ini berguna buat Anda.

Lebih baik Anda gunakan saja uang tersebut untuk kebutuhan Anda dan jangan dikembalikan! Seperti yang saya katakan di atas (poin 10), kalau Anda terlalu baik, mengembalikan uang sesuai harapan mereka, maka secara langsung mereka akan memanfaatkan “kebaikan Anda” dengan cara mengirim/transfer dana pinjaman lagi tanpa persetujuan dari Anda.

Tidak ada perusahaan fintech (mau itu kecil atau besar) yang mau menjalankan usahanya tanpa ada surat izin dari OJK. Tidak ada ada perusahaan yang mau memberikan pinjaman uang secara online sementara posisi status mereka ILEGAL. Hanya orang/oknum yang niatnya menipu lah yang “masa bodoh” soal legalitas pinjaman online ini.

Rekomendasi Pinjol Cair ke Bank Digital

Jika saat ini Anda memang sedang mencari dana untuk kebutuhan yang mendesak, ada pilihan menarik seperti beberapa pinjol di bawah ini yang mana dana pinjamannya bisa dicairkan lewat bank digital (tanpa bank tradisional).

Laporkan Pinjol Ilegal

Saya mengajak kamu untuk bersama-sama membantu melaporkan beberapa pinjol ilegal yang pernah kami review di situs ini. Tujuannya adalah membantu mengurangi korban lainnya serta membantu Play Store sebagai platform atau tempat download aplikasi terpercaya.

Kamu bisa klik di sini untuk mengetahui Cara Melaporkan Pinjol Ilegal ke Play Store.

  1. Apakah Pinjol Easy Dana Legal atau Ilegal?

    Pinjol ‘Easy Dana’ adalah aplikasi pinjaman online ilegal alias tidak terdaftar di OJK.

  2. Apakah pinjol Easy Dana Aman?

    Karena tidak terdaftar di OJK, maka 100% tidak aman. Saya anjurkan untuk tidak instal apalagi mengajukan pinjaman di aplikasi ini. Karena 100% mereka adalah penipuan dengan menggunakan modus pinjaman online.

  3. Bagaimana cara menghapus data kita yang terlanjur mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol ilegal?

    Jawabannya tidak bisa. Data pribadi Anda sudah masuk/copy ke dalam database mereka. Mohon untuk diperhatikan! Hindari dari orang atau oknum yang menawarkan jasa hapus data pribadi. Karena itu 100% penipuan

  4. Status pinjaman di aplikasi masih menunggu konfirmasi, tapi Easy Dana

    Ada dua pilihan: 1) Gagal bayar dan 2) Lunasin dan tutup rekening Anda dan jangan gunakan lagi rekening terebut. Jika tidak, maka mereka akan kirim uang lagi ke rekening terebut dengan jumlah pinjaman dan bunga yang lebih besar.

  5. Gagal bayar di pinjol ilegal, apakah data kita akan disebar?

    100% pasti disebar. Karena itulah cara mereka untuk menjatuhkan mental Anda supaya Anda bayar utang tersebut dengan bunga yang tidak masuk akal. Ditambah dengan tenor hanya 7 hari saja.

  6. Easy Dana ada DC Lapangan atau Tidak?

    100% aman dan tidak ada DC Lapangan yang datang ke rumah.

Kesimpulan

Ketika Anda sudah membaca artikel ini, Kami sangat yakin bahwa Anda sudah mengerti dan memahami tentang pinjol Easy Dana APK ini.

Singkatnya adalah, Easy Dana merupakan pinjol ilegal yang tidak terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Jika Anda ingin mengomentari atau memberikan cerita pengalaman Anda tentang pinjol ini, silahkan isi kolom komentar di bawah ini.

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 351

172 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. halo kak terimakasih infonya
    apakah mereka bisa mengakses galeri foto kita kak? klo kita ganti nomor apakah tidak diteror lg?

    • Cek di perizinannya kak, kalau ada izin foto dan galeri, itu artinya mereka bisa melihat dan akses foto.
      Aman kak, lebih baik ganti nomor aja….

      • kak barusan saya hub CS Easydana,katanya saya hrs kembalikan sesuai dana yg di terima 1.116.000.nti uang yg sudah saya bayar 1.440.000 akan di kembalikan,apa benar kak CS nya nggak tipu?mohon masukannya.

          • mereka akan tagi trus ya kak?saya nggak nyaman ni,mau gnti nmr aja.soalnya saya sudah kmbalikan dua kali sudah lbh dr jlh yg di terima.

          • bang kalo kita ganti wa tapi hp nya sama apa masih bisa di teror, aku hari ini japo soalnya udah tak TF di tagih terus ancam sebar data juga , ,. tapi aku udah bilang ke kontak aku kalau emang dataku di gunakan orang yang tidak bertanggung jawab. mohon di jawab bang

      • saya juga kena tipu d apk ini…saya udah ttup rekening trus sebaiknya saya bayar atau gimna ,,,kalau saya byar trus lewat gopay nanti dia mkal tf lewat gopay gak

        • Kalau rekening sudah ditutup dan taku data disebar, balikkin aja kak, tapi ingat. Kalau ada yang nagih lagi, jgn ditanggapin.

    • bang bonar. saya tidak meminjam, cuma sekedar daftar tetapi di tf dana sebesar 1,16jt dan minta dibalikin 1,8jt dg tenor 7hr. tetapi baru hari ke 4 sudah diteror. saya beretikad baik mau mengembalikan tetapi apk tidak bisa dibuka atau login. dan dc tsb mengirim nomer pembayaran va via odeo. tp pas saya cek detail tagihan bukan atas nama saya. apakah harus saya lanjutkan atau dibiarkan saja galbay. soalnya saya takut kalo dilanjutkan pembayaran, padahal sudah bayar tetapi masih ada tagihan.

      • Halo kak Onad,
        Sekali lagi, Easy Dana itu penipu ka, saran saya jangan dibayar atau mengembalikan uang tersebut berserta dengan bunganya. Kalau kakak bayar, pasti status kakak di apk nya masih punya tagihan walaupun sudah kakak bayar.

        • Bang Bonar, iya ini saya cuma iseng instal n daftar easy dana, tiba2 saya cek ada masuk 600rb, dan di aplikasi saya cek balikin 1juta. Dan saya langsung haus aplikasi. Gila ini aplikasi. Solusinya saya galbay dan hapus aplikasi dan abaikan saja yg terjadi. Atau bayar sesuai masuk rek kak. Mohon solusinya, terimakasih

    • sindikat penipu ulung,mereka menggunakan website palsu yang mengarahkan kita ke kontak adminnya. dan disitu kita akan ditipu lagi. jangan bayar

  2. hallo bng ian apa kah saya tetap akan di datangai dep colektor
    saya suda mencoba melunasi nya tetapi setela saya lunasi mereka terus teransfer lagi buat saya berhutang lagi

      • saya perhari ini kena tipu juga. download dari IG. blom di okein malah di transfer sendiri. saya coba lgsung bayar malah pinjmana jadi bertambah. gmna ya solusinya bang..?

      • Bang saya cuma dftar aj g minjem tiba2 main TF aj 2x.apa perlu saya balikin bang.d ancem data d sebar.solusinya gimana y bang

      • Name
        *
        Bang pas pengajuan apa kita foto pegang KTP, seingaktu cuma verifikasi wajah ajaa? Terus kalau sebar data biasnya berapa lama, ini tadi japo sudah di ancam2 tapi baca komen katanya di play store sudah ga ada apl nya

        Email
        *

        • Easy dana memang sudah tidak ada, tapi biasanya mereka akan muncul lagi dengan nama yang agak mirip. Masalah waktu lama sebar data itu tidak bisa ditebak pasti. BIasanya lebih dari satu bulan.

          • enaknya gimana ya kak , aku hari ini japo teror masih 1 2 ancaman wa, udah sebar wa juga aku bilang kalau dataku di hack orang, apa aku hapus aplikasinya dan ganti wa aja ya kak

    • sudah coba blokir no rekening kah?saya perhari ini juga kena. blom diokein malah dibtransfer. dan lgsung saya bayar malah pinjaman malah bertambah sendiri.

        • kak, gmnq yaa aq bru downlod kok udh d tf lngsng 2x 1.116 sebanyak 2x d tf..
          trus aq hrus balikin 1800 2x jg..
          gmna yaa kak ?
          dlm wktu 7hri bener2 nipu..
          solusi ny gmna yaa kak?
          klo kita ga bayar nnti bkalan d teror terus d sebar data ga kak?
          mau d bayar takut nnti d transfer lg..

          • Ya benar kak, serba salah!
            Bayar ditransfer lagi, ga baya sebar data.
            Kalau menurut saya lebih baik gagal bayar aja kak.
            Ada kasus lain, sudah dibayar, tapi status di aplikasi masih ada pinjaman.
            Ini jelas PENIPUAAAN!

          • Bang saya cuma dftar aj g minjem tiba2 main TF aj 2x.apa perlu saya balikin bang.d ancem data d sebar.solusinya gimana y bang

  3. terima kasih kak info nya, sy jg gitu, cm download dan isi data eh di kirim 600k, bayar nya jadi 1 jt ,baru 4 hari berjalan di tagih . skrg blm tak bayar perhari bungaa nya 50k . gmn min ?, bantu solusi nya .

  4. Ayo kita ramai ramai berantas pinjol Ilegal, karena lebih dari rentenir, tidak berprikemanusiaan tapi prikebinatangan, kasihan masyarakat yang tidak tahu dan benar benar membutuhkan batu 3-4 jari SDH harus bayar, sebelumnya di potong besar , bunganya besar pula….DCnya tidak ada etika dan berpendidikan

      • baru donlot isi data d tf 1.116 suruh bayar 1.8. dibayar malah d tf lg. klo ga dibayat apakah mereka ngeblas k wa kontak?
        solusinya gmn bang

      • tiba2 di tf 1.116 dan harus membayar 1.8 dlm waktu 7 hari. belum7 hari sudah di tagih kasar, ketika mau di lunasi no va tidak terdaftar.
        saran bang bonar, mending dilunasi atau galbay saja?
        apakah klo galbay mereka ngeblas ke kontak tlp?
        terimakasih mohon solusinya

  5. kaa,,,,saya baru aja kena tipu apk ini , ngga ngeh apk ini bodong karena download di ig karna iklan ,iseng cek limit eee dana masuk 1jtan ,,,,saya langsung uninstal ,tp data saya sudah masuk ka
    gimana solusinya,saya takut di teror apalagi kalo sampe dateng ke rumah

      • baru hri ni nyoba liat klik iklan tau2 di tf.. gmna solusi nya ya .. trus sebar data itu maksdnya gmna? bahaya kah?

          • kak kalau misalkan terlanjur isi data dan pengajuan ditolak dan tidak ada tf apapun apa akan ada penagihan dan data akan bisa tetap disalahgunakan.mohon dijawab

          • jadi solusi pertama yg harus saya lakuin apa nih ka.. ganti nomor sama blokir rekening?
            disebarnya kemana si itu datanya..

      • kaaa,,,kalo saya mau kembalikan saja uang pokok yg mereka tf gimana ,,,saya juga ogah pake duit penipu ka
        no.rek udah ditutup apa udah aman kalo saya kembalikan uangnya ka

          • saya sdh balikin dyitnya karna saya gak pinjam main tf. trus malh disuruh instal aplokasi lain dan disuruh pinjam lagi.dan sdh saya kembalikan juga tetap aja staus masih ada hutang. gimana ka. semua akses ijin di apkikasi sdh saya non aktifkan. harus ganti no telp atau gimana

        • kaka gimana? kita transfer kmn uang pkoknya smpe skrg uang itu gk saya pakai hari ini japo nya tapi kluargaku bilang jng dtransfer sma bunganya,pengalaman kaka gmn bayar atau gimana? atau galbay? mereka sebar data?

          • Pokok nya transfer ke rekening yang ada di aplikasi. Jangan mau transfer dari penagih chat atau tempat lain.
            Kalau ga gagal bayar aja,….

  6. halo kak. mau tanya kalau terlanjur isi data dan pengajuan ditolak/Belum bisa dan tidak ada uang masuk apakah akan tetap ada penagihan. dan data masih bisa disalahgunakan. mohon dijawab kak

  7. hallo ka saya termasuk korbannya ga mau pinjam tau2 udh proses.saya mw pembayaran di alfa gagal trs. saya hrs gmn y ka? saya takut sebar data saya. 😭

    • Coba minta dari penagihnya untuk metode pembayaran lainnya. Tapi, saran saya jangan dibayar. Takutnya dia menipu kakak. Sudah bayar tapi status masih meminjam.

      • nomor customer service nya ga da ak cek d google trs dsrh tf gitu. tp ga ak tf krn ga brni tkutnya saya tf mlh ttp d aplikasi ga berubah. gimana ya ka?
        masuk bi checking ga sih ka?
        saya bingung mau bayarnya. ga dibyr tkt dbyr bgg krn ko aneh ky gni.
        saya takut banget sebar data ka. 😭

        • Gini kak, dari awal saya sudah bilang, ketika kita sudah masuk ke pinjol ilegal dan dana ditransfer, maka susah untuk keluar dari jeratan pinjol tersebut. Ga bayar sebar data, di bayar malah tambah parah. Lebih baik galbay aja. Ganti nomor WA kakak biar ga di teror terus. tenang, BI Checking aman kok

      • belum di tlp ka. ak cr no customer service nya ga da. aku cb cari d google malah dsrh tf k virtual yg berbeda. pke mobile banking krm ke kode apa jg ga jelas ka. gmn y, ka? aku takut sebar data bgt. 😭

      • saya cb hub cs yg d google tp saya ksh virtual tp ga sesuai aplikasi jd saya tkt nya tipuan jg ka. bingung deh. ini klo galbay masuk bi checking ga y ka? trs untuk data saya gimana y ka? 😭
        ada cara lain ga sih ka bwt hapus data qt 😭

        • Jangan kak, itu penipuan. Memang benar mereka itu sekongkolan. Jadi kalau kakak bayar yang dari CS tersebut. Ntar pihak Aplikasi Easy Dana ga mau tanggung jawab. Padahal satu tim.

          • Ga bisa diharapkan kak, sudah terlanjur kakak kasih data ke mereka. Ganti nomor wa kakak dan abaikan kalau ada chat tagihan. Mungkin itus aja yang bisa dilakukan.

  8. mau tanya kak,baru td siang iseng² kirain ditolak eh koq cek rek tiba² ada tf an msuk 650,tp hrs byr 1jt..itu enaknya gmna ya kak.?galbay aja kah.?

    • Gini, kalau kamu bayar, pasti statusnya masih ada hutang. Atau ada transferan baru lagi. Jadi saran saya gagal bayar aja dari pada lebih pusing!

    • Bener banget kata bang bonar, ga usah dibayar karena itu pinjol ilegal. ketika dibayar va jg tidak terdaftar dan pinjol tsb transfer lg. mereka hanya teror no tlp dan emergancy contak, tiggal blokir saja dan setting di wa no baru tidak bisa hubungi.

    • kak saya juga barusan seperti itu, tiba” ada dana masuk semlm.total 5 jt lalu saya hub i cs easy dana lgsng saya kembalikan dan saya meminta untuk diaplikasi supaya dihilangkan status peminjamannya tetapi dgn alasan data ada kurang 1 yg tidak sikron jadi saya suruh instal beberapa aplikasi sehingga dana masuk saya kembalikan lagi. yang terkahir saya diminta instal aplikasi lagi saya tidak mau saya bilang jika tidak diselesaikan malam ini saya akan lapor polisi dugaan penipuan. gimana ya kak solusinya

  9. saya iseng download hanya mau tau limit, tiba2 ada tf masuk 1.116 dan harus di kembalikan menjadi 1.800. saya langsung lunasi lah setelah itu malah masuk lagi ke rek saya 1.116. bang bonar kalo semisal saya tutup rekening terus lunasi apakah akan tetep di sebar data?

  10. Terimakasih kak, artikel kakak sangat membantu..
    Saya hampir stres gara2 terjebak di aplikasi pinjol ini.
    Awalnya hanya iseng dowload karena aplikasi pinjol ini banyak sekali promosi dimedia2 sosial, dan komentarnya banyak yg tertarik.
    Setelah isi data, aplikasi saya uninstal karena tidak tertarik pinjam. Tidak berselang lama ada notif masuk lewat sms sebesar 1.118.000, kaget saja langsung saya dowload lagi aplikasi pinjol ini. Ternyata benar ada keterangan pinjam 1.800.000 2x dengan aplikasi lain yang berbeda dan tidak ada dokumen perjanjian pinjam. Saya beretikad baik mau melunasi ternyata aplikasi sudah tidak bisa di buka.
    Yang mau saya tanyakan.
    1. Apakah data email kita aman? karena email tertaud dengan beberapa aplikasi mensos.
    2. Bagaimana cara melindungi kontak? Supaya tidak dipermalukan ke nomer2 yg tersimpan di hp.

    Saya akan melaporkan ke polisi dan OJK sebagai perlindungan saya, bila mereka mengancam dan menyebarkan data saya.

    • 1. Apakah data email kita aman? karena email tertaud dengan beberapa aplikasi mensos: Kalau email aman kak. yang penting jangan kasi tahu kata sandi ke siapapun.
      2. Bagaimana cara melindungi kontak? Supaya tidak dipermalukan ke nomer2 yg tersimpan di hp? Tidak ada cara kak. Berdoa saja

  11. Selamat malam kak. Saya jg menjadi salah 1 korban di easy dana. Setelah data masuk dan saya tidak mengajukan pinjaman tiba2 ada tf masuk. Hari ini 3 hari sebelum jatuh tempo saya sudah diteror dari kemarin. Awalnya hanya memohon maaf karena kesalahan sistem perusahaan dan saya disuruh mengembalikan dana yang masuk k rekening (tanpa bunga). Saya dipaksa untuk tranfer lewat banking tetapi saya tidak mau, ketika saya bilang mau ke atm tlpn tidak boleh ditutup (tapi tetap saya matikan). Saya konsultasi dengan bank, dan pihak CS bank pura2 menjadi saya ternyata alamat pengiriman tidak jelas. Sehingga mereka memastikan kalau ini benar-benar kasus penipuan, dan saya disuruh gagal bayar oleh pihak bank sendiri. Setelah ganti nomer dan mengatur hp ke setingan pabrik apakah sudah aman? Apakah mereka bisa meretas melalui nomer IMEI?

    • Apakah mereka bisa meretas melalui nomer IMEI? Saya rasa tidak kak. Mereka tidak akan tau kecuali kemungkinan besar Ya untuk pinjol di luar play store.

  12. kak aku baru kenak hari ini japonya dri hari minggu udah nagih2 trus, padahal aku gk niat pinjam cuma mau cek limit nya saja dan cicilan brp eh ada dana masuk 1.116.000 dan suruh bayar 1.800.000 gila aja seminggu bunganya gede bgt rentenir kalah,mending galbay ya kak? tpi aku udh ganti no rek,resiko klo galbay ktpnya disebar ya kmren dtlisin kabur dari hutang cuma bisa berdoa smoga oknum2 nya cepet ketangkep polisi

    • iy bang semoga mereka terbakar di neraka…sialny saya tidak mengajukan pinjaman sy d trf 2 x sdh sy lunasi…sampai sy tutup rrrkening bank sy agar tidak d trfer lag…dan di play store sy trus lapotkan akun easy dana

      • memang lebih baik ganti no rek saja karena data kita sudah dipegang mereka takutnya tiba2 tf lagi nagih2 lagi, kakanya bayar sma bunga? rugi banget kak 🥺 aku japo kemaren nagihnya udah gak bar bar hari ini aman gk ada yg nagih, amiinn smoga mereka semua cepat ketangkap segera tobat

        • mereka menyebar data kita ke kontak tman kt gak kak? trs laporin d playstore kak..biar trhapus aplikasinya…kasian mereka 2 yg terjebak kak..mari kt berangus pinjol ilegal kak

        • bang apa udh ada info dr kontak teman, datanya sudah di sebar blm? aku besok.. niat nya mau bayar, tp mau nutup rekening Senin, Pst udah ada denda yg ga masuk akal

    • kak, kamu ganti no rekening aja ga di telfonin kan kak ?

      aku juga barusan iseng liat limit langsung ke TF . mau tutup rekening mana harus nunggu senin lagi .

      • dia nnti ttp tlpon dan nerror kak…cm klu kakak tdk ganti rekening dan kakak bayar dana yg masuk saat ini…kakak akan d trf trus kak

        • Kak, mau nanya, kalau udh bayar pokok trus tutup rekening juga, masih ditelp2 atau disebar2 ga datanya?takut bgt nih

          • Sy bayar lwt Cs VA katanya itu utk VA pembatalan, dan disuruh bayar pokok. skrg udh diteror telp dari DC tapi tdk sy respon kak.sy udh lapor ojk dan satgas investasi juga. sy takut tersebar datanya nih kak. Tlg dibantu kak sy hrs gmana

  13. saya salah satu korban bang, entah gmn tiba2 ada dana masuk 2x ke rekening di tgl 3 kmrn, kayanya saya tidak pernah merasa download. mau tutup rekening, bsk sudah libur cuti bersama, pdhl japo tgl 10. Solusinya gmn ya bang? mau galbay tp takut mereka kirim ke kontak kita,saran bang kl mereka kirim ke kontak teman teman, kita bilang apa ya?

    • saran mending kakak ganti nomer hp blang nomer dibajak..ke teman2 kantor…tmn2 ngerti kok..droada bayar…mnding galbay…dan hr senin bileh tutup rekening aza kak…mereka nd mngkin nagih ke kantir kok..dn berdoa smoga mereka semua dtangkap

        • klu gak ganti dia tiap hr neror kak…kcuali kakak aktifkan settingdii wa utk tdk menerina pesan baru dr nomer baru kak…..kita trs laporin dplaystore kak..di aplikasi easy dana

  14. pagi k.k tdi ak d chat LG pke no baru.klo d blokir data d sebar k.data anda siap kami proses ktnya gitu k.gimana y k?takut saya k

    • jangan di respon ka, ini saya Lg proses seperti itu. japo hari ini, info ke semua kontak kakak kl no hp KK nya di hack

    • jangan twkut kawan…tgl bilang ke teman2 hp d hack orang utk dtransfer dana k rekening kakak..tnpa ada persetujuan dan mnta prngembalian lebih bsar …mr kt berdia agar mereka semua dtangkap..ktn sdh meruvikan…semangat kawan

  15. Kak aku juga baru aja mengalami ini, aku di teror terus sama org dr aplikasi pinjol ini, cara solusi nya gmna kak saya balikin atau diemin aja.

  16. halo bg, aku kemaren coba” d apk. itu dan aku cuma cek limit. tiba” d tf 2 kali. aku kaget, dan smnggu sblm jth tempo aku sudah di chat d wa. aku bayar bg 720.000 2x. lalu aku coba google apk ini. ternyata bnyk komenan penipuan. aku langsung out dari apk nya. gimana ya bg, biar data smua tidak di retas? kalau sudah aku out apakah masih d hubungi?

    • data abg udh kesedot sm mereka…720 itu bunganya atw gmna…shrusny jgn dbayar dulu…klu bs besok tutup rekening takut mereka mntransfer lg

  17. hallo ka,,, ini yang lagi saya alami… awal iseng liat iklan D ig… sudah isi data tp tidak D acc untuk peminjaman .. langsung saya hapus aplikasi tau2 ad dana masuk 600 rb… saya bingung dana darimana yg masuk… setelah 4 hari saya dpt WA katanya sudah lewat jatuh tempo harus bayar 1 jt sesuai yg
    aplikasi .. D acam sebar data,, niat saya ingin mengembikan dana tersebut.. karena memang tidak saya pakai…pembayaran an. odeo jika saya membayar sesuai aplikasi… apakah aman… mohon solusi. nya ka

    • klu ssuai aplikasi mereka aman seprtiny kak melalui VA…..tp klu kk byar nnti dikirm lg kcuali kk tutup rrkening….sprti kasus sya..udh kakak bayar sebesar 1 juta?

  18. kak saya juga barusan seperti itu, tiba” ada dana masuk semlm.total 5 jt lalu saya hub i cs easy dana lgsng saya kembalikan dan saya meminta untuk diaplikasi supaya dihilangkan status peminjamannya tetapi dgn alasan data ada kurang 1 yg tidak sikron jadi saya suruh instal beberapa aplikasi sehingga dana masuk saya kembalikan lagi. yang terkahir saya diminta instal aplikasi lagi saya tidak mau saya bilang jika tidak diselesaikan malam ini saya akan lapor polisi dugaan penipuan. gimana ya kak solusinya

    • jangan bayar, cek perijinan mereka di playstore. mereka hanya bisa akses lokasi dan telepon..tidak bisa akses kontak dan galeri kita.. paling emergency kontak aja yang mereka bisa hubungi.. saya juga korban

  19. mohon info bang bonar dan temen2 semua untuk penyebaran data dan teror kira2 berapa lama ?hp saya sudah saya non aktifkan selama 10 hari….terimakasih

  20. saya install dan lgsung di tf…saya udh email ga ada tanggepan…saya mau balikin ga ada tanggepan…apakah dcnya nanti menghubungi kontak lain dhp saya?

    • Itu adalah trik mereka supaya kakak mau kembalikan ke nomor WA. Nah, kalau kakakk kembalikan bukan lewat aplikasi, di hari kemudian nanti kakak tetap ada tagihan dan tetap masih ditagih. Jadi lebih baik galbay saja. pasti menghubungi kontak.

  21. bang, klo kita udh terlanjur ijinin akses foto, apa foto2 fulgar kita juga bisa disebar sama easydana??
    mohon bantu dijawab bang, semoga karna manfaat abang dibalas pahala yg berlimpah

      • gitu aj repot,pinjam aj uang sbnyak bnyak di easy dana,lagian smua kontak saya udh saya seting sblum meminjam..lumayan dpt transferan gratis,.pinjol ilegal itu memang harus di tipu balik,biar mereka bangkrut,dan pda akhir nya tutup sendiri tuh aplikasi. ayo ramai2 kita meminjam di easy dana,gak usah di byar..jngan takut,.

        • Benar bang, harus kita tipu balik. Tapi saya rasa mereka tidak bodoh juga, bang. masalah kalau kita setting kontak palsu, pasti mereka testing dulu apakah nomor tersebut REAL atau tidak.

  22. Saya adalah salah satu korban pinjol Easy Dana. Padahal hanya klik ingin tahu bagaimana cara kerjanya…eeh tanpa persetujuan tahu2 ada tf uang masuk sebesar Rp. 1116000. Saat itu juga saya chat di pusat bantuan Easy Dana. Tidak ada tanggapan. Betul yang Anda katakan.. Hari ini tgl 25 Feb 2024 ada chatt dan telp dr DC utk lunasi pinjaman sebesar Rp. 1800000 jatuh tempo tgl 27 Feb. Tenor 7 hari dari uang masuk.

  23. bang saya juga tertipu dengan aplikasi ini, saya baru daftar tiba² ada uang masuk di rekening saya, gimana solusinya bang, kalau galbay apakah tidak DC tambahan bunga perharinya, mohon pencerahannya bang terimakasih

  24. Bang,saya jadi korban penipuan easy dana ini saya di transfer 1.364.000 sebanyak 2kali dan saya begitu bodoh nya langsung mentransfer balik ke rekening Easy Dana padahal saya tidak pernah meminjam dan mrka katakan maintenance mrka rusak jadi harap bersabar akan di hapus data2 saya. saya binggung bg mohon solusi nya saya berniat buang sial saja untuk membayar keselurahan yg saya tidak pernah pinjam atau meminjam punya, apakah dengan begitu saya bayar dan langsung tutup rekening apakah data saya akan di sebar lagi sama mereka? dan apakah mereka akan menyalahgunakan data saya lg untuk di aplikasi2 yg lain. mohon saran nya bg terima kasih 🙏

    • Halo kak Melida. Terimakasih sudah membagikan pengalman kakak.
      Bisa saja sih kakak tutup rekening dan bahas. Hal ini dilakukan agar di pinjol penipu tersebut tidak mengirimkan uang lagi sebagai pinjaman baru. Tapi, cara tersebut tidak melepaskan kakak dari penyebaran data. Jadi, saran saya, tolong jangan ditanggapi apabila ada wa/email/telepon masuk.

      • aku juga baru mengalami ini…
        iseng” donload mlah ada dana masuk yg jumlahnya lumayan hari ini japo, ak gak berniat mengembalikan.. tapi bagaimana bang? berapa lama terornya 😁😁

  25. bg Bonar mau nanya
    saya download dan masukkan data tiba tiba langsung ditransfer dana tanpa sepengetahuan saya.. dan tenor nya 7 hari.. ini saya di ancam dan di akap kotori sma mereka katanya kalau tidak dibayar data saya bakalan di sebarluaskan ke pinjol lainnya, foto, kontak dan sejenisnya lainnya di sebabkan… mohon saran bg Bonar saya harus bayar atau gimana soalnya takut diancam dan di cakap kotori sma mereka

  26. bg saya jugak kena tipu aplikasi ini, saya bayar tagihannya di easy dana sesuai no virtual acountnya 1.800, terus ada lagi yg belum lunas katanya bg, di dana mudah, terus di wa sama orang2 itu, saya bayar lagi 1.800 bg ke no yg dikirim orang itu di wa, jadi sekarang dia neror minta lunasin yg di dana mudah kalo gak salah bg..
    itu solusinya gimana ya bg?
    benar2 bingung saya bg

    • Sama saya juga hari ini kena tipu aplikasi ini.. Sial banget dah ah.. Niat cuma iseng2 cek limit lah kok malah pengajuan langsung udah gitu ga masuk akal lagi pinjamannya..

  27. saya salah satu korban easy dana. DCnya mengirimkan kode briva, namun di akses aplikasinya belum terbayar padahal saya sudah membayarnya. saat ini aplikasi sudah ditutup di google playstore, saya sangat bersyukur karena dengan ditutupnya palikasi ini tidak lagi menambah korban2 lainnya setelah saya.