Risiko Ubah Tagihan Jadi Cicilan – Pinjaman Online

Inilah yang akan harus Anda ketahui apabila ubah tagihan jadi cicilan pada pinjaman online.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang masalah dan solusi bagaimana caranya agar kita terbebas dari hutang pinjol dan tentunya ini berkaitan dengan gagal bayar atau telat bayar di aplikasi pinjaman online.

Salah satu mungkin yang perlu kita perhatikan. Rasanya kalau kita tidak bisa membayar tagihan atau mungkin uangnya kurang, tidak cukup untuk bayar itu akan ada fitur dimana kita bisa mengubah tagihan menjadi cicilan yang baru.

Kerugian Ubah Tagihan jadi Cicilan Pinjaman Online

Sepertinya ini terkesan membantu dan menjadi sebuah solusi. Tapi kalau dipikir-pikir, ini bukan solusi. Tapi malah menjebak.

Menurut pandangan saya, opsi ubah tagihan jadi cicilan pinjaman online ini akan menambah bunga yang lebih besar.

Contohnya: Tagihan perbulan Rp1.000.000, tapi uang yang Anda miliki kurang Rp500.000. Lalu sisanya kita split atau potong jadi cicilan lagi. Maka akan menjadi cicilan lain atau baru di mana bulan depannya tetap akan menambah satu juta juga dan Ditambah dengan cicilan yang kalian ubah jadi cicilan tadi. Tentunya hal ini akan menambah bunga yang semakin besar.

Anggap saja cicilan Rp1.000.000 bunganya adalah 0,2% setiap hari. Jadinya Anda punya dua pinjaman.

Intinya adalah utang Anda makin bertambah, makin berlipat dan juga tentunya bunga semakin besar.

Baca:

Kenapa mereka menawarkan hal seperti ini?

Kalau kita tidak melakukan cara seperti ini, pasti kita akan galbay atau gagal bayar yang mana tentunya akan mendapatkan risiko lain seperti biaya denda, penurunan skor kredit, atau SLIK OJK yang bermasalah.

Jadi sebaiknya hindari untuk mengubah tagihan menjadi cicilan yang terkesan solutif tapi menurut saya pribadi itu bukan solusi. Ibarat Anda membagi-bagikan utang yang tadinya satu malah tambah jadi dua utang.

Risiko Ubah Tagihan Jadi Cicilan – Pinjaman Online

Sisi Baik dari Opsi Mengubah Tagihan jadi Cicilan

Apa keuntungan jika kita pakai opsi ini?

Keuntungannya adalah Anda tidak akan kena gagal bayar atau telat bayar sehingga skor kredit Anda tidak mengalami penurunan yang signifikan. Selain dari pada itu, SLIK OJK juga tidak akan terkena masalah sehingga aman ketika suatu saat mengajukan KPR Rumah atau kredit lain.

Jadi, intinya Anda harus bijak dalam mengambil opsi ini. Kalau Anda tidak ada rencana mau ambil kredit rumah atau kredit apapun, jangan ambil opsi ini. Tapi kalau Anda tidak mau SLIK OJK Anda buruk atau ada rencana ambil KPR atau cicilan motor/mobil, Anda bisa ambil opsi ubah tagihan jadi cicilan pada pinjaman online.

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 357

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *