Browser Safari Loading Lambat: Lakukan 15 Cara ini!

Membantu mengatasi permasalahan pemuatan laman yang lambat di Safari

browser safari loading lambat

Safari adalah browser default di macOS untuk menjelajahi dan melihat jenis file web tertentu seperti CSS. Performa Safari akan sangat bagus saat Mac masih baru, tetapi selama periode waktu tertentu, halaman akan mulai dimuat dengan sangat lambat. Khususnya pemuatan halaman yang lambat di Safari akan dimuat dengan sangat cepat di browser lain seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox di Mac yang sama.

Setelah mencoba dengan beberapa trik, berikut adalah daftar tips gabungan untuk meningkatkan kecepatan pemuatan halaman dengan Safari.

Tips

  1. Edit DNS
  2. Matikan DNS Prefetching
  3. Ubah Pengaturan IPv6
  4. Hapus File Preferensi Safari
  5. Hapus Riwayat dan Data Situs Web [Setel Ulang Safari]
  6. Nonaktifkan AutoFill
  7. Periksa Plugin Anda
  8. Periksa Ekstensi Anda
  9. Periksa Memory Usage
  10. Chrome Vs Safari
  11. Periksa Jaringan Anda
  12. Pertahankan Versi Safari dan macOS yang Diperbarui
  13. Ubah Search Engine
  14. Ubah Urutan Layanan Jaringan
  15. Periksa Kesalahan pada SSD Drive

Cara Mengatasi Ketika Browser Safari Loading Lambat

Edit DNS

Meskipun server DNS tidak terkait langsung dengan browser, salah satu alasan utama browser Safari loading lambat adalah masalah caching karena server DNS.

Safari memperoleh server DNS dari ISP Anda melalui pengaturan default. Anda dapat mengubah server DNS ke server publik yang andal seperti server Google Public DNS dan mencoba memuat halaman lagi. Pelajari lebih lanjut tentang mengubah DNS di macOS.

Catatan: Ingatlah untuk menghapus cache browser Anda setelah mengubah pengaturan server DNS.


Matikan DNS Prefetching

Selain server DNS, Safari juga melakukan prefetching DNS untuk menyelesaikan nama domain ke alamat IP untuk semua sumber daya di halaman web.

Misalnya, jika sebuah halaman memiliki 10 tautan dan 3 gambar, maka Safari secara proaktif akan mencoba mendapatkan alamat IP server dari setiap tautan dan gambar (10 + 3).

Ini akan membantu memuat link dan gambar lebih cepat jika diklik, tetapi dapat menyebabkan loading yang lambat dari halaman.

Jadi, Anda dapat menonaktifkan opsi prefetching DNS dan memeriksa apakah halaman dapat dimuat lebih cepat. Di Mac, prefetching DNS perlu dinonaktifkan menggunakan aplikasi “Terminal” seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Buka “Terminal”, rekatkan perintah di bawah ini dan tekan enter.

defaults write com.apple.safari WebKitDNSPrefetchingEnabled -boolean false

Ini akan menonaktifkan prefetching DNS dan Anda dapat mengaktifkannya kapan saja nanti menggunakan perintah:

defaults delete com.apple.safari WebKitDNSPrefetchingEnabled

Ubah Pengaturan IPv6

Umumnya IPv6 dikonfigurasikan sebagai “Automatically” yang dapat Anda ubah menjadi “Link-local only” dan periksa kecepatan halaman. Anda dapat mengubah pengaturan IPv6 di bawah “System Preferences > Network > Advanced > TCP/IP > Configure IPv6“. Anda harus memiliki akses admin untuk mengakses pengaturan jaringan lanjutan di Mac.

Ubah Pengaturan IPv6
Browser Safari Loading Lambat: Begini Caranya

Hapus File Preferensi Safari

Safari menggunakan file preferensi untuk mengontrol pengaturan dan file preferensi yang rusak juga dapat menyebabkan browser safari loading lambat. Anda dapat menghapus file dan memeriksa apakah halaman dapat dimuat lebih cepat. Untuk menghapus file preferensi, luncurkan “Finder”, tekan “Command + Shift + G” dan buka folder “~/Library/Preferences”. Temukan file “com.apple.Safari.plist” dan hapus.

Hapus File Preferensi Safari
Browser Safari Loading Lambat: Begini Caranya

Catatan: Safari akan secara otomatis membuat ulang file preferensi ini saat Anda membukanya di lain waktu.


Hapus Riwayat dan Data Situs Web [Setel Ulang Safari]

Versi Safari yang terdahulu memiliki opsi eksklusif yang disebut “Reset Safari” untuk membuat browser ke pengaturan awal pabrik. Tetapi opsi ini dihapus dan tidak lagi tersedia di versi yang lebih baru. Sekarang pengaturan ulang memiliki proses yang panjang untuk menghapus cache, riwayat, dan data tersimpan lainnya.

Riwayat penelusuran dan cache dari Safari terkadang dapat menyebabkan loading menjadi lambat. Anda dapat menghapus riwayat di bawah menu “History > Clear History…”. Halaman web akan cenderung memuat lebih lambat setelah pembersihan riwayat karena skrip cache dan file CSS dihapus dari penyimpanan browser sementara.

Untuk membersihkan cache, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan menu “Develop” di Safari. Buka menu “Safari > Preferences” dan arahkan ke bagian “Advanced”. Aktifkan kotak centang opsi “Show Develop menu in the menu bar”.

Hapus Riwayat dan Data Situs Web [Setel Ulang Safari]
Browser Safari Loading Lambat: Begini Caranya

Setelah menu “Develop” diaktifkan, Anda dapat menghapus cache dengan masuk ke item menu “Develop > Empty Caches”.


Nonaktifkan AutoFill

AutoFill memungkinkan Anda untuk menyimpan data seperti nama pengguna dan kata sandi dan mengambilnya saat halaman dimuat di Safari. Anda dapat menonaktifkan fitur ini dengan menavigasi ke “Safari > Preferences” dan menonaktifkan semua opsi formulir web AutoFill di bawah tab “AutoFill”.

Nonaktifkan AutoFill
Browser Safari Loading Lambat: Begini Caranya

Periksa Plugin Anda

Plugin adalah program eksternal yang mempengaruhi perilaku Safari sehingga memiliki peluang untuk memperlambat kinerja. Periksa plugin yang diinstal dengan menavigasi ke menu Help > Installed Plug-ins. Jendela baru akan terbuka menampilkan semua daftar plugin yang diinstal di Safari Anda. Tidak seperti Safari versi 10 dan yang lebih rendah, Anda dapat mengelola plugin untuk setiap situs di Safari 11.

Baca: 10 Top Ekstensi Safari Gratis untuk Mac Safari

Buka “Safari > Preferences” dan kemudian buka tab “Websites”. Di bawah bagian “Plug-in”, pilih plugin dan nonaktifkan di situs yang Anda tidak ingin pluginnya berfungsi. Atau Anda juga dapat “Remove” plugin sepenuhnya dan periksa apakah itu membantu memuat halaman dengan cepat.

Periksa Plugin Anda
Browser Safari Loading Lambat: Begini Caranya

Untuk menghapus plugin yang menyebabkan masalah, buka “Finder” dan tekan “Command” Shift + G ” untuk membuka kotak “Go to folder”. Masukkan “~/Library/Internet Plug-in” di mana Anda akan menemukan semua plugin yang aktif. Klik kanan pada plugin dan klik opsi Move to Trash untuk menghapusnya.

Catatan: Anda dapat memulihkan plugin dari sampah jika tidak menyelesaikan masalah pemuatan halaman. Selain itu, Anda juga dapat menonaktifkan semua plugin untuk memeriksa kecepatan pemuatan halaman dan kemudian mengaktifkan satu per satu untuk menemukan plugin mana yang menyebabkan masalah.


Periksa Ekstensi Anda

Ekstensi juga merupakan program eksternal yang mirip dengan plugin yang mengubah perilaku browser Safari. Buka “Safari > Preferences” untuk melihat dan mengelola semua ekstensi Anda. Anda juga dapat menonaktifkan semua ekstensi dan meluncurkan ulang Safari untuk memeriksa kecepatan pemuatan halaman.


Periksa Memory Usage

Semua aplikasi termasuk Safari akan lambat ketika Mac Anda kehabisan memori. Ada aplikasi gratis untuk memeriksa konsumsi memori dan melepaskan memori yang terkunci. Dr. Cleaner dan Memory Clean adalah dua aplikasi yang dapat Anda unduh secara gratis dari App Store. Aplikasi ini juga akan menunjukkan aplikasi mana yang menghabiskan lebih banyak memori sehingga Anda dapat menutupnya saat menggunakan Safari.


Chrome Vs Safari

Google Chrome tidak diragukan lagi merupakan browser yang luar biasa di platform berbasis Windows. Tetapi di Mac populer untuk mengkonsumsi lebih banyak sumber daya dan memperlambat kinerja. Terutama ketika Anda menginstal Chrome dan Safari di Mac Anda, Anda bisa mengharapkan kinerja mati dari Safari. Karena Safari adalah browser yang bergantung pada platform hanya berfungsi di platform Apple, kami sangat menyarankan untuk menggunakannya sebagai browser default di Mac Anda. Hapus browser lain seperti Google Chrome dan mulai ulang Mac untuk mencoba Safari. Di bawah ini adalah status “Activity Monitor” yang menunjukkan penggunaan memori Chrome dan Safari saat halaman web yang sama dibuka.

Chrome Vs Safari
Browser Safari Loading Lambat: Begini Caranya

Periksa Jaringan Anda

Kadang-kadang jaringan yang lambat bisa menjadi penyebab utama untuk memperlambat segalanya:

  • Periksa apakah router Anda berfungsi dengan baik dengan melepas kabel daya dan memulai ulang.
  • Periksa dengan ISP Anda apakah mereka telah melakukan perubahan dalam pengaturan jaringan.
  • Pastikan situs atau layanan apa pun di situs tidak diblokir di negara Anda atau oleh ISP Anda. Misalnya, layanan Google diblokir di beberapa negara dan membuka laman web yang memanggil salah satu layanan Google seperti font, pustaka JavaScript, tautan Google+ dapat menyebabkan penundaan dalam memuat laman. Dalam hal ini Safari sebagai browser tidak akan berpengaruh pada pemuatan halaman yang lambat.

Pertahankan Versi Safari dan macOS yang Diperbarui

Di atas semua poin, pastikan untuk memperbarui OS dan Safari ke versi terbaru. MacOS High Sierra terbaru dengan Safari v11.0 memiliki opsi tambahan untuk meningkatkan kinerja pemuatan halaman dibandingkan dengan versi sebelumnya. Misalnya, Safari v11.0 akan menghentikan pemutaran video otomatis dengan audio yang pada dasarnya akan meningkatkan kecepatan pemuatan halaman dengan video yang disematkan.


Ubah Search Engine

Mesin pencari default di Safari akan bervariasi tergantung pada negara Anda. Sebaiknya ubah mesin telusur default ke mesin yang berbeda dan periksa apakah kecepatan pemuatan halaman terpengaruh. Anda dapat mengubah mesin pencari dengan masuk ke preferensi dan di bawah tab “Search”.

Browser Safari Loading Lambat

Ubah Urutan Layanan Jaringan

Versi terbaru MacBook tidak memiliki port ethernet, sehingga Anda hanya memiliki opsi Wi-Fi. Tetapi pada versi yang lebih lama, Anda masih memiliki ethernet dan Wi-Fi. Dalam hal ini, mungkin ada masalah koneksi saat Anda terhubung ke internet melalui kabel dan nirkabel yang dapat menyebabkan pemuatan halaman web menjadi lambat.

Anda dapat memutuskan jaringan mana yang Anda inginkan ketika beberapa jaringan terhubung di pengaturan jaringan Anda.

Buka ikon “Apple” di sudut kiri atas dan kemudian ke bagian “System Preferences…> Network”. Klik pertama pada pad kunci yang mengatakan “Click the lock to prevent further changes”, masukkan kata sandi admin Anda untuk mengaktifkan pengeditan. Pilih salah satu jaringan, klik ikon roda gigi dan klik opsi “Set Service Order”.

Browser Safari Loading Lambat: Begini Caranya
Browser Safari Loading Lambat: Begini Caranya

Anda akan melihat layar popup lain di mana Anda dapat menyeret urutan jaringan Anda. Setelah mengubah urutan klik tombol “OK” dan kemudian klik tombol “Apply” untuk menyimpan perubahan.

Browser Safari Loading Lambat: Begini Caranya
Browser Safari Loading Lambat

Periksa Kesalahan pada SSD Drive

Terakhir, cara mengatasi browser Safari loading lambat adalah ruang penyimpanan yang rendah tidak hanya memperlambat Safari tetapi juga seluruh Mac. Jadi, pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup di Mac Anda. Selain ruang, mungkin ada kesalahan pada volume yang dapat menyebabkan gangguan. Buka aplikasi “Disk Utility” dan gunakan opsi “First Aid” untuk memeriksa kesalahan pada volume Anda. Ini juga akan memperbaiki kesalahan sehingga Anda dapat memeriksa yang membantu memuat halaman lebih cepat.

Browser Safari Loading Lambat

Penutup (Browser Safari Loading Lambat)

Kami berharap salah satu solusi yang disebutkan di atas akan memperbaiki halaman pemuatan lambat Safari di Mac Anda. Kami juga sangat menyarankan untuk meningkatkan ke versi browser dan OS terbaru. Jika tidak ada yang berhasil untuk Anda, coba Chrome atau Firefox sebagai browser default.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *