8 Perbedaan Windows 11 VS macOS: Buat Pemula

Windows 11 VS macOS – Meskipun Windows masih menjadi sistem operasi yang populer, banyak pengguna yang beralih ke macOS saat ini. Ini terutama disebabkan oleh MacBook yang menggunakan teknologi silikon Apple, yang memberikan daya tahan baterai yang luar biasa dan kinerja yang baik dengan harga yang terjangkau.

Jadi, jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang ingin mencoba macOS atau sedang berencana untuk beralih ke Mac, panduan singkat ini akan membantu Anda menyesuaikan diri dari penggunaan Windows ke macOS. Panduan ini akan memberikan informasi dan tips untuk membantu Anda mempelajari cara menggunakan komputer Mac dan menyesuaikan diri dengan perbedaan antara macOS dan Windows.

Perbedaan Windows 11 VS macOS

Perbandingan Desktop

jika Anda beralih ke platform yang berbeda untuk pertama kalinya, Anda akan menemukan perbedaan yang signifikan di desktop. Dalam hal ini, perbedaan terbesar terletak pada tampilan desktop. Jika Anda biasanya menggunakan Microsoft Windows, maka Anda akan terbiasa dengan bilah tugas yang menampung aplikasi yang terbuka.

Bilah tugas (taskbar) adalah area di bagian bawah layar di sistem operasi Windows, di mana ikon aplikasi yang sedang berjalan dan tugas terbuka lainnya muncul. Namun, pada sistem operasi lain seperti macOS, tampilan desktop dapat berbeda dan Anda harus belajar menggunakan fitur-fitur yang berbeda untuk membuka dan menavigasi aplikasi.

tampilan windows 11 desktop
Windows 11 VS macOS

Di sistem operasi Windows, bilah tugas adalah area di bagian bawah layar yang menampilkan ikon aplikasi dan tugas terbuka lainnya. Anda juga dapat melihat jam, notifikasi, status sistem, dan baki sistem di sisi kanan bilah tugas.

Sementara itu, di macOS, tidak ada bilah tugas, namun ada Dock. Dock adalah area yang menampilkan aplikasi yang disematkan, aplikasi terbaru, dan tempat sampah. Untuk melihat semua aplikasi yang terinstal, Anda perlu membuka Finder dan membuka Aplikasi. Jam, notifikasi, status sistem, dan baki sistem di macOS terletak di sisi kanan atas layar di bilah menu. Dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan antarmuka pengguna yang berbeda pada kedua sistem operasi tersebut.

macOS ventura desktop

Salah satu keuntungan paling signifikan menggunakan perangkat macOS adalah Pencarian Spotlight. Kerjanya seperti Google Search lokal yang terpasang di Mac Anda. Jadi, apakah Anda sedang mencari aplikasi, file, gambar, atau sumber online, Anda hanya perlu mengetiknya di Pencarian Spotlight, dan macOS akan mencarinya untuk Anda.

Microsoft mencoba memasukkan fungsi pencarian yang sama di Windows. Untuk melakukannya, itu menambahkan Pencarian Windows di taskbar dan menu Start di Windows 11. Namun, itu masih tidak sekuat dan menyeluruh seperti Pencarian Spotlight Mac.

windows search
Windows 11 VS macOS

Misalnya, kami mencari “the Sims 4 is free” untuk menemukan artikel yang disimpan di drive lokal PC Windows dan disinkronkan melalui OneDrive ke MacBook Air. Windows tidak dapat menemukannya, meskipun disimpan secara lokal, tetapi Pencarian Spotlight menemukan file tersebut di indeksnya, meskipun tidak pernah dibuka di MacBook.

pencarian the sims 4 gratis di Spotlight Search
Windows 11 VS macOS

Finder vs File Explorer

Mengelola file dan perangkat penyimpanan Anda memerlukan browser file. Untuk Windows, Anda mendapatkan File Explorer; untuk macOS, Anda mendapatkan Finder. File Explorer umumnya jauh lebih ramah pengguna daripada Finder.

Misalnya, ikon file Anda diatur secara otomatis dalam kisi atau daftar di File Explorer, sedangkan Finder secara default menempatkan ikon file Anda di tempat Anda meletakkannya. Untuk mengaturnya, Anda harus secara manual mengklik menu dropdown Ubah pengelompokan item dari taskbar Finder.

macos finder
Windows 11 VS macOS

Selain itu, tidak seperti File Explorer, Anda tidak mendapatkan addressbar di Finder. Jadi, untuk mengatur file Anda, Anda harus mengandalkan tampilan kolom Finder untuk melihat di mana file Anda disimpan.

Menginstal Aplikasi

Anda dapat menginstal aplikasi Windows dengan dua cara—melalui Windows Store atau dengan membuka file EXE atau MSI secara manual. Ini biasanya akan meluncurkan Windows Installer, di mana Anda harus mengikuti beberapa petunjuk, menyetujui beberapa hal, dan kemudian membiarkan proses penginstalan aplikasi selesai. Setelah selesai, Anda dapat meluncurkan aplikasi, biasanya dari Start Menu.

Namun di Mac, prosesnya jauh lebih sederhana. Sekali lagi, cara yang paling disukai untuk menginstal aplikasi adalah melalui App Store. Tetapi jika Anda mengunduh file PKG atau DMG, Anda juga harus menginstalnya secara manual.

Perbedaan Keyboard (Windows 11 VS macOS)

Keyboard pada Mac dan PC Windows sebagian besar sama, kecuali untuk beberapa hal penting: tombol ALT dan Windows masing-masing diganti dengan tombol Option dan Command. Tombol Perintah Mac juga akan berfungsi sebagai tombol Ctrl pada keyboard Windows untuk sebagian besar pintasan.

Namun, meskipun tombol Mac menggantikan tombol fungsi Windows, itu tidak berarti keduanya berfungsi sama. Jadi, jika Anda berasal dari Windows dan ingin mempercepat dengan tombol pintasan macOS, Anda harus memeriksa Pintasan Keyboard Windows vs. Mac.

Trackpad Gestures

Salah satu hal terbaik yang Anda dapatkan dengan MacBook adalah trackpad bawaannya. Faktanya, trackpad Apple sangat bagus sehingga merilis Magic Trackpad untuk iMac, iPad, Mac mini, Mac Pro, dan Mac Studio. Jadi, agar lebih efisien saat menggunakan komputer Apple, Anda harus mempelajari (dan menyesuaikan) semua Gerakan Trackpad di Mac Anda.

Selain menggulir dokumen dan memperbesar foto, Anda dapat menggunakan trackpad Apple untuk berpindah aplikasi, meluncurkan Mission Control, dan memeriksa notifikasi Anda.

Windows mencoba meniru kekuatan trackpad Apple, tetapi tidak memiliki banyak fungsi. Namun, beberapa gerakan umum, seperti menggulir dua jari dan mencubit untuk memperbesar, berfungsi dengan Windows dan macOS. Jadi, jika Anda terbiasa dengan gerakan touchpad Windows 11, Anda juga dapat menggunakannya dengan aman di Mac baru.

Menata Windows Dengan Stage Manager

Menata Windows dengan stack manager - Windows 11 VS macOS

Anda dapat dengan mudah mengatur aplikasi yang terbuka di Windows dengan fitur Snap Layouts yang memungkinkan Anda mengatur jendela dengan cepat untuk melihat aplikasi secara berdampingan, memungkinkan Anda membagi layar menjadi dua, tiga, atau bahkan empat kuadran.

Sayangnya, Anda tidak dapat menjentikkan jendela yang terbuka di macOS — yang paling dapat Anda lakukan adalah membuka dua aplikasi secara berdampingan dalam mode layar penuh. Jika Anda ingin mengatur app yang sedang berjalan, Anda perlu menggunakan Stage Manager, yang pertama kali diperkenalkan di macOS Ventura.

Di Windows, sebagian besar aplikasi akan ditutup secara default jika Anda menutupnya. Selanjutnya, setelah Anda mematikan komputer, Anda harus menekan tombol power untuk membukanya kembali. Ini adalah fungsi default pada Windows yang tidak dapat Anda ubah.

Namun, Mac bekerja secara berbeda. Saat Anda menutup aplikasi, sebuah titik akan muncul di bawah ikonnya. Meskipun instance aplikasi saat ini ditutup, prosesnya masih siaga, sehingga Anda dapat meluncurkannya dengan cepat di lain waktu. Untuk mengakhiri operasi aplikasi, Anda harus menekan (atau menahan) Command + Q.

Seperti halnya Windows, Anda dapat mematikan Mac dengan mengeklik menu Apple, lalu memilih Matikan. Namun, ketika Anda membuka penutup MacBook bertenaga silikon Apple yang dimatikan, komputer akan melakukan boot secara otomatis dan tidak ada cara untuk memperbaiki pengaturan ini.

Maksimalkan Mac Anda

Mac bertenaga Modern Apple silicon adalah perangkat yang andal dan sangat efisien yang memungkinkan Anda melakukan hampir semua hal. Namun, Anda mungkin kehilangan beberapa fiturnya jika Anda terbiasa menggunakan komputer Windows.

Jadi, jika Anda berencana untuk bermigrasi dari Windows ke Mac (atau sudah melakukannya), inilah hal-hal yang harus Anda perhatikan.

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 351