Instagram Insight

5 Tips Instagram Insight: Memahami Audiens dengan IG Insight

Apa itu Instagram Insight? jadi ini merupakan salah satu fitur analitik yang tersedia untuk akun Instagram. dengan menggunakan fitur ini kita bisa mengakses banyak Data. Misalkan data demografi audiens, kemudian data lokasi mereka, kemudian kita juga bisa tahu kapan audiensi itu biasanya mengaktifkan atau menggunakan Instagram dan masih banyak lagi.

Baca: 3 Strategi Ampuh agar Bisnis Berjalan Lancar

Singkatnya, dengan analytics tools macam ini, kita bisa mendapatkan data-data yang membantu kita untuk lebih memahami audiensi kita, lalu juga untuk mengukur performance dari kegiatan instagram marketing yang kita lakukan.

Di artikel kali ini kita akan bahas berbagai tips dan juga cara memahami fitur-fitur Instagram Insight supaya kita bisa lebih paham seperti apa kebutuhan dan keinginan kustomer kita.

Instagram Insight: Pahami Lokasi dan Usia Audiens

caranya kita bisa masuk ke Instagram Insight, kemudian Anda bisa tab di bagian yang namanya total followers (pengikut) dam nanti akan muncul data yang bisa Anda akses.

Pertama kamu bisa tentukan dulu periode data yang Anda inginkan. Misalkan mau lihat data dalam sebulan terakhir atau seminggu terakhir dan sebagainya. Dan nanti akan muncul lokasi dari audience Anda.

Pahami Lokasi dan Usia Audiens

Contoh disini kita bisa lihat di akun Instagram ini ternyata audiensnya kebanyakan berada diwilayah Jakarta dan kita juga bisa lihat tentang usianya.


Pahami Waktu Online Audiens

Kemudian yang kedua Anda juga bisa memahami audiensi dengan mengetahui kapan waktunya mereka online. Seperti hari apa saja mereka online, di waktu (jam) berapa yang paling banyak online. Anda bisa menemukan fitur ini di bagian Most Active Time.

Pahami Waktu Online Audiens

Data ini sangat penting sekali karena untuk membantu kita menyusun timing untuk publish konten nantinya.

Contoh kalau misalkan primetime akun Instagram kita itu ada di weekend, maka kita bisa optimalkan publikasi konten di weekend supaya konten bisa lebih banyak dijankau oleh penguna IG.


Memahami Konten yang Disukai

Ketiga Anda juga bisa menggunakan Instagram Insight untuk memahami konten mana yang disukai oleh audiens.

Caranya sangat gampang. Anda tinggal buka salah satu konten, cek performance-nya kemudian tap View Insight dan nanti akan muncul data terkait dengan performa konten itu.

insight post instagram
Memahami Pelanggan dengan IG Insight

Contoh di bagian pos. Di situ Anda bisa lihat data berapa orang yang yang like, berapa banyak yang komen, berapa banyak yang share dan berapa banyak yang save konten Anda. Itu bisa menjadi indikator dari seberapa bagus ataupun seberapa menariknya konten tersebut bagi audience Anda.

Lalu kemudian Anda bisa lihat juga jangkauan dari konten itu, seberapa jangkauan atau reached dari konten ini. Dan kita bisa mengetahui kualitas atau performance konten kita seperti apa. Fitur ini bisa kita jadikan alat bukti untuk melakukan evaluasi konten di hari berikutnya.


Memahami Performa Konten dan Selera Audiens

Tadi di bagian ketiga kita sudah memahami cara penggunaan fitur Reach di Instagram Insight. Sekarang kita memahami fitur ini secara lebih luas lagi.

Anda bisa masuk ke bagian Instagram Insight, lalu Anda tap di bagian Accounts Reached dan nanti Anda bisa melihat seperti apa jangkauan konten Anda secara keseluruhan berdasarkan waktu periode yang Anda tentukan.

Cara menggunakannya sangat gampang. Setelah masuk ke halaman Accounts Reached yang pertama Anda harus lakukan adalah mengatur periode atau jangka waktu. Nanti akan muncul daftar konten dengan Reached yang paling oke dan Anda bisa urutkan.

Dengan fitur ini, Anda bisa cek mana saja konten-konten IG Anda yang jangkauannya paling banyak. Dari situ kita bisa lihat ternyata beberapa konten ini performancenya lebih bagus.

Dan kemudian Anda juga bisa mengecek juga performance dari setiap konten dan matriks ini bisa kita atur, misalkan Anda ingin mengukur berdasarkan jumlah like, jumlah jangkauan dan sebagainya.


Pahami Bagaimana Audiens Berinteraksi

Yang kelima juga bisa menggunakan Instagram Insight untuk memahami bagaimana audiens berinteraksi dengan kita. Caranya Anda juga bisa masuk ke Instagram Insight kemudiancek di bagian Profile Activity dan disitu akan ada data-data seperti Profile visit, websites taps, email button tabs, business taps dan text button tabs.

Contoh untuk profile visits itu menunjukkan berapa banyak orang ataupun akun Instagram yang menampilkan profil Anda. Jadi ketika mereka buka profil Anda itu akan tercatat dan di simpan di bagian Prifle Activity. Ini bisa menjadi gambaran untuk mengukur seberapa besar traffic yang masuk atau membuka profil Instagramkita. jadi dari situ bisa tahu seperti apa datanya.

Begitu juga dengan websites taps, Setiap ada pengguna yang mengklik tombol website (yang kita pasang di Instagram) akan di kumpulkan dan kita bisa mengetahui secara detail jumlah orang yang telah mengunjungi website bisnis kita.

Baca: Memulai Bisnis dengan Modal 1 Juta! Go Praktek

Itulah beberapa fitur instagram insight yang perlu Anda ketahui. Jika Anda menggunakan Instagram sebagai tempat bisnis Anda, sebaiknya Anda terus pantau perkembangan bisnis Anda melalui tool gratis yang sudah disediakan oleh Instagram.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.