Apakah Pinjol UATAS Sebar Data?

Ketika kita sedang mengalami yang namanya telat bayar atau gagal bayar di UATAS, saya yakin Anda pasti bertanya-tanya dalam hati “apakah pinjol UATAS sebar data pribadi ke kontak lainnya (di luar kontak darurat)?” Atau mungkin ada diantara kalian yang pernah diteror atau diancam oleh pihak DC online melalui SMS, Chat WA atau media lainnya yang mengatakan bahwa mereka akan sebar data Anda seperti KTP ke media sosial Anda sendiri.

Di postingan kali ini, semua pertanyaan di atas akan saya bantu jawab berdasarkan fakta yang sebenarnya. Karena informasi terkait hal ini saya dapatkan berasal dari beberapa sumber yang telah berpengalaman gagal bayar di UATAS.

Oleh sebab itu, saya harap kepada Anda untuk menyimak artikel ini secara penuh agar semua informasi yang saya sampaikan dapat diterima dan dimengerti dengan baik.

Apakah Pinjol UATAS Sebar Data?

Apakah Pinjol UATAS Sebar Data

UATAS adalah salah satu aplikasi penyelenggara fintech lending yang telah diawasi dan terdaftar resmi oleh OJK dengan nomor S-454 / NB.213 / 2019 dan telah tersertifikasi ISO/IEC 27001:2013 ISMS dengan Nomor Sertifikat: ISMS1001070. Kalau kita bicara di atas kertas, UATAS adalah aplikasi pinjol yang aman dan terpercaya.

Baca info: Simulasi Pinjaman UATAS: Limit, Tenor dan Bunga

Lalu, apakah pinjol UATAS sebar data ketika kita gagal bayar? Jawabannya adalah TIDAK. Walaupun ketika kita mengalami telat bayar di UATAS, pihak penagih selalu mengancam dengan kata “sebar data” lewat SMS, Chat WhatsApp atau pesan email.

Walaupun UATAS tidak sebar data, namun ada beberapa pengguna yang mengatakan bahwa UATAS menghubungi di luar kontak darurat. Artinya ada satu atau beberapa no kontak yang tersimpan di daftar kontaknya dihubungi oleh pihak DC UATAS.

Kenapa bisa terjadi seperti itu? Dalam asumsi saya, besar kemungkinan bahwa pihak peminjam sulit untuk dihubungi beserta dengan kontak daruratnya. Sehingga secara terpaksa mereka menghubungi orang lain (kerabat atau keluarganya) dari daftar kontak di ponselnya.

Bagaimana Proses Penagihan UATAS?

Sama seperti pinjol-pinjol legal pada umumnya, dalam waktu dua atau tiga hari sebelum jatuh tempo, mereka akan selalu mengingatkan kepada Anda untuk segera melakukan pembayaran cicilan atau pelunasan baik lewat notifikasi aplikasi maupun telepon/chat WA (dalam hal ini bisanya mereka lakukan dengan metode bot).

Ketika tagihan di UATAS jatuh tempo, maka langkah berikutnya adalah menyerahkan semua data Anda ke pihak DC atau Desk Collection sebagai tindak lanjutan atas keterlambatan pembayaran cicilan pinjaman konsumen.

Desk Collection akan terus melakukan melakukan segala upaya menghubungi Anda baik lewat telepon maupun lewat Chat WA.

Rekomendasi: 5 Pinjol yang Bisa Cair ke SeaBank Terbaru

Apakah UATAS Ada DC Lapangan ke Rumah?

Dalam kasus ini, sebelumnya saya sudah menjelaskan secara rinci tentang penagihan UATAS ke rumah. Untuk informasinya bisa ikuti artikel di sini. Karena lewat artikel tersebut, Anda akan mendapatkan informasi lebih lengkap dan lebih update terkait penagihan DC Lapangan UATAS.

Berapa Biaya Denda Keterlambatan di UATAS?

Berdasarkan sumber dari situs resmi UATAS, pengguna akan dikenakan biaya tambahan (biaya denda) sebesar 1.20% perhari ketika telat bayar dari jatuh tempo.

Penutup

Jadi, UATAS SEBAR DATA ATAU TIDAK? Setelah kita membaca artikel di atas, maka kita bisa mendapatkan jawabannya. UATAS dan pinjol-pinjol legal lainnya tidak akan pernah sebar data Anda ke manapun. Biasanya yang sering melakukan sebar data adalah pihak pinjol ilegal.

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 351

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *