Cara Ganti “Your Comment is Awaiting Moderation” di WordPress

Pada kesempatan ini, kita akan bahas tentang cara mengubah pesan standar “Your Comment is Awaiting Moderation” atau “Komentar dari anda sedang menunggu moderasi” dalam komentar WordPress.

Kalau Anda punya blog atau website, pasti pernah melihat pesan ini muncul waktu ada pengguna yang kirim komentar di situsmu. Tapi tahukah Anda, pesan ini sebenarnya bisa diubah?

cara ganti teks moderasi komentar wordpress
Ganti moderasi komentar WordPress

Bagi pemilik blog dan website, hal semacam ini penting sekali untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Salah satu caranya adalah dengan personalisasi dan sesuaikan elemen penting di situs Anda. Mengubah teks standar dalam komentar WordPress itu salah satu cara simpel tapi efektif untuk memperkuat merek Anda dan meningkatkan interaksi pengguna.

Langkah-Langkah untuk Menyesuaikan Pesan Moderasi Default WordPress

Secara default, pesan moderasi untuk komentar ini telah diaktifkan secara otomatis (standar) di WordPress. Anda bisa menemukan opsi tersebut di pengaturan diskusi WordPress.

komentar harus diaktifkan secara manual

Jadi, setelah opsi itu diaktifkan, setiap kali komentar dikirimkan ke situs web Anda, diperlukan moderasi sebelum ditampilkan secara publik.

contoh your comment is awaiting moderation

Langkah 1: Tambahkan Kode Snippet ke File functions.php

Pertama, kita akan menambahkan potongan kode PHP sederhana ke dalam berkas functions.php untuk menyesuaikan pesan moderasi WordPress default.

Pada dasbor WordPress Anda, pergi ke Appearance -> Theme File Editor. Anda dapat menemukan Editor Berkas Tema atau Theme File Editor di bawah menu Tool jika Anda menggunakan tema blok.

Setelah masuk ke halaman Theme File Editor, pilih berkas functions.php. Selanjutnya, tempelkan potongan kode PHP di bawah ini di akhir konten file functions. Kemudian, perbarui berkas tema dengan mengklik tombol Update File.

add_filter( 'gettext', function( $text ) {
  if ( 'Your comment is awaiting moderation.' === $text ) {
      $text = 'Mohon Tunggu, Komentar Anda akan kami tinjau dulu';
  }
  return $text;
} );

Catatan: Ganti kata “Mohon Tunggu, Komentar Anda akan kami tinjau dulu” dengan kalimat sesuai keinginan Anda.

tambahkan kode di bawah berkas functions
Ganti moderasi komentar wordpress

Catatan: Jika Anda ragu menambahkan kode di atas ke dalam functions.php, Anda dapat menggunakan child theme atau plugin kustom. Cek di sini untuk informasi lebih lanjut.

Setelah Anda menambahkan potongan kode PHP ke file functions.php, pergilah ke komentar WordPress Anda, dan Anda akan melihat bahwa teks pesan moderasi untuk komentar WordPress Anda telah berubah.

gambar detail moderasi di kolom komentar WordPress
kata “Your Comment is Awaiting Moderation” telah diganti

Catatan: Jika tidak ada perubahan apapun dan website Anda pakai plugin cache. Segera lakukan Purge All (LiteSpeed), Clear and Preload cache (Wp Rocket).

Langkah 2: Tambahkan CSS Kustom

Cari Nama Class pada Elemen Pesan Moderasi

Sebelum menambahkan CSS kustom, Anda harus mencari nama class elemen pesan moderasi Anda. Nama class tersebut bergantung pada tema WordPress yang Anda gunakan. Jadi, bagaimana cara menemukan nama class pesan moderasi?

Catatan: Jika Anda menggunakan tema WP Astra, nama class-nya adalah .ast-highlight-text, Generatepress .comment-awaiting-moderation

Untuk mengetahui nama class elemen pesan moderasi, Terlebih dahulu Anda buka halaman postingan, lalu coba isi dan berikan komentar (sebagai bahan test).

memberikan komentar di kolom komentar

Lalu Anda dapat menggunakan Developer Tools bawaan pada browser Anda (hampir semua browser memiliki fitur ini). Jika Anda menggunakan Google Chrome, Anda dapat mengklik ikon menu (ikon tiga titik) dan pilih More Tools -> Developer Tools.

Setelah Anda masuk ke jendela Developer Tools, klik ikon panah untuk memeriksa elemen di halaman Anda (lihat gambar di bawah).

tanda panah 2

Selanjutnya, arahkan kursor ke elemen pesan moderasi untuk menentukan nama class HTML-nya.

nama class untuk teks moderasi komentar

Seperti pada gambar di atas, nama class muncul saat Anda mengarahkan kursor ke elemen pesan moderasi. Dalam contoh ini, nama class kami adalah ".ast-highlight-text".

Menambahkan Kode CSS Sederhana

Setelah Anda mengenali nama class pada elemen pesan moderasi, kita akan menggunakannya untuk menulis beberapa kode CSS sederhana ke Additional CSS WordPress.

Di dasbor WordPress Anda, pergi ke Appearance -> Customizer -> Additional CSS.

Teks moderasi komentar wordpress 1

Salin cuplikan CSS di bawah ini dan tempelkan ke kolom Additional CSS jika nama class Anda dari elemen pesan moderasi sama dengan yang kita miliki .ast-highlight-text. Namun, jika Anda memiliki nama class yang berbeda, Anda harus menggantinya terlebih dahulu dengan nama class elemen pesan moderasi Anda.

.ast-highlight-text{
  border: solid 1px #E6DA55;
  border-radius: 5px;
  background-color: #afc9cb;
  font-family: "inter";
  font-size: 13px;
  color: #000000;
  padding: 4px 8px;
  margin-top:20px;
  text-align: center;
}

Penjelasan Kode:

Kode CSS ini mendefinisikan gaya untuk elemen HTML dengan nama class “ast-highlight-text".

  • border: solid 1px #E6DA55; Ini mengatur batas solid di sekitar elemen dengan lebar 1 piksel dan warna #E6DA55 (nuansa kuning).
  • border-radius: 5px; Ini membulatkan sudut batas elemen, memberinya radius batas sebesar 5 piksel.
  • background-color:#afc9cb; Ini mengatur warna latar belakang elemen menjadi #afc9cb (nuansa biru muda).
  • font-family: "inter"; Ini akan mencoba menggunakan font “Inter” jika tersedia di perangkat pengguna. Jika font tidak tersedia, browser akan menggunakan font berikutnya yang ditentukan dalam susunan font atau menggunakan font serif atau sans-serif default yang ditentukan oleh pengaturan browser pengguna.
  • padding: 4px 8px; Ini mengatur ruang padding di sekitar konten di dalam elemen. Ini memiliki 4 piksel padding di atas dan bawah, dan 8 piksel di kiri dan kanan.
  • margin-top:20px; Ini mengatur ruang margin di atas elemen, mendorongnya ke bawah sejauh 20 piksel dari elemen di atasnya.
  • text-align: center; Ini mengatur penempatan teks di dalam elemen menjadi tengah.
Teks moderasi komentar wordpress 1
Ganti teks moderasi komentar wordpress berhasil dilakukan

Itu dia. Pesan moderasi Anda telah disesuaikan! Teksnya telah diubah dan diberi gaya. Anda dapat mengedit properti dan nilai pada potongan kode CSS untuk mendapatkan pesan moderasi terbaik pada kolom komentar WordPress di situs Anda.

Kesimpulan

Artikel ini menunjukkan betapa mudahnya Anda dapat mengubah pesan moderasi WordPress default untuk komentar. Jika Anda hanya ingin mengubah teksnya, Anda bisa berhenti pada langkah satu. Namun, jika Anda ingin memperindah pesan moderasi Anda, ikuti tutorial ini hingga langkah dua.

Kami berharap artikel ini bermanfaat, dan jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami dengan mengisi kolom komentar di bawah ini:

Jefry Blog
Jefry Blog
Articles: 15