Cara Ajukan Banding Penalti di TikTok Shop

Cara Ajukan Banding Penalti di TikTok Shop – Kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara agar banding kalian disetujui oleh pihak Tiktok dengan alasan keterlambatan pengiriman dan pembatalan pesanan lebih tinggi dari yang ada di target Tiktok tersebut.

Anda mungkin saat ini toko Anda sedang mengalami penalti yang diberikan oleh pihak TikTok itu sendiri. Akibat penalti biasanya terjadi karena melakukan pembatalan dan keterlambatan pengiriman barang dari Anda sebagai penjual ke konsumen.

Mengenai pembatalan dan keterlambatan pengiriman yang ada di Tiktok, pihak dari mereka sendiri sudah memberikan target khusus yang harus kalian penuhi dari presentase mulai dari pembatalan.

Persentase Pembatalan dan Keterlambatan Pengiriman Paket di TikTok Shop

Untuk presentase dari pembatalan pengiriman barang sendiri itu harus di bawah 2,50%. Jadi otomatis toko kalian itu harus dibawah target yang sudah ditentukan oleh pihak TikTok. Apabila melebihi dari 2,5%, otomatis kalian akan kena penalti di TikTok Shop dan kalian juga akan mendapatkan penalti setiap hari Seninnya sebesar 2 point yang akan diberikan oleh pihak Tiktok kepada penjual.

Mengenai persentase target dari keterlambatan pengiriman itu sebesar 4% target yang sudah ditentukan oleh pihak Tiktok. Jadi otomatis toko kalian harus di bawah target agar Anda tidak dikenakan poin penalti dengan alasan keterlambatan pengiriman.

Mengenai Pembatalan di TikTok Shop

saya akan membahas mengenai pembatalan pesanan terjadi apabila kalian membatalkan pesanan tersebut tanpa konfirmasi ke pihak pembeli.

Jika kalian sudah mengatur pengiriman atau mengeluarkan no resi pesan otomatis pembeli tidak akan bisa membatalkan pesanan tersebut.

Jika barang yang dipesan oleh pembeli tersebut habis otomatis kalian harus menghubungi pihak pembeli untuk mendapatkan solusi, Apakah mau diganti barang lain atau warna lain sesuai dengan barang yang sudah dipesan oleh pembeli tersebut.

Jangan melakukan pembatalan tanpa mengkonfirmasi dari pihak pembeli dan jangan sampai membatalkan pesanan tersebut apabila penjual sendiri yang membatalkan pesanan tersebut otomatis si penjual akan dikenakan presentase dari target yang sudah ditentukan oleh pihak Tiktok

Saat ini pihak Tiktok sudah meluncurkan fitur pembatalan pesanan otomatis apabila si penjual tidak mengirim pesanan lebih dari enam hari, maka otomatis di hari keenamnya pesan tersebut akan dibatalkan otomatis dari sistem dan itu kalian akan dikenakan poin penalti atas pembatalan pesanan tersebut.

Jadi untuk menghindari poin penalti yang akan dan dapatkan di toko kalian, usahakan jangan sampai pesan tersebut dibatalkan oleh Anda sebagai penjual maupun dibatalkan oleh pihak Tiktoknya.

Jika masih dibatalkan oleh pembeli itu masih aman tidak akan mendapatkan poin apapun.

Pembahasan yang kedua mengenai keterlambatan pengiriman. Kapan batas waktu untuk mengirimkan pesan tersebut yang ada di Tiktok?

Mengenai batas waktu standar, kalian harus mengirimkan pesan tersebut kurang dari tiga hari .Apabila lebih dari tiga hari maka otomatis Anda akan dikenakan presentase keterlambatan pengiriman berdasarkan jumlah pesanan yang terlambat di toko.

Lalu bagaimana dengan nasib penjual yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memproduksi produk tersebut? ataumelakukan pengemasan dan pengiriman dari pesanan yang ada di Tiktok?

Apabila kalian merasa keberatan dan kalian ingin sistem pre-order maka bisa kalian ajukan ke pusat bantuan yang ada di Tiktok untuk mendapatkan sistem pre-order bagi penjual yang membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk melakukan proses pengiriman pesanan.

Cara Ajukan Banding Penalti di TikTok Shop akibat Keterlambatan Pengiriman

cara banding mengenai pembatalan pesanan itu bisa langsung kalian screenshot aja kesehatan dari performa toko yang ada di toko kalian.

Jika hasil dari performa toko di TikTok Shop Anda seperti gambar di bawah ini:

performa toko di TikTok Shop

Anda bisa perhatikan. Di situ nilai Toko Saya adalah 0.00%. Artinya nilai ini masih dibawah target (aman) yang sudah dibatasi oleh Tiktok. maka otomatis bisa langsung kalian screenshot dan kalian jadikan sebagai dokumen pendukung pada saat kalian ingin melakukan banding yang ada di Tiktok.

Apabila performa dari toko kalian itu keterlambatannya dibawah target yaitu 2.50% dan apabila melebihi dari target tersebut, Anda harus menunggu sampai presentase dari performa toko ada di bawah target TikTok.

Lalu apa yang harus kalian tuliskan alasan atau deskripsi pada saat kalian ingin mengajukan banding?

Di bawah ini adalah contoh hasil banding dan telah berhasil atau disetujui oleh pihak TikTok:

Ajukan Banding Pinalti di TikTok
Ajukan Banding Penalti di TikTok

Untuk cara banding yang kedua yaitu mengenai banding keterlambatan pengiriman pesanan yang ada di TikTok Shop.

Apa yang dibuat bukti sebagai dokumen pendukung untuk melakukan banding tersebut?

Yang pertama Anda bisa men-screenshot resi pesanan yang sudah kalian kirimkan saat itu juga.

Kalian juga bisa menscreenshot bagian performa atau kesehatan toko dari kesehatan toko yang ada. Apabila dari kesehatan toko atau performa toko Anda itu targetnya melebihi dari target yang sudah diberikan oleh pihak Tiktok, misalnya seperti ini

Ajukan Banding Pinalti di TikTok akibat keterlambatan pengiriman

Di gambar itu Anda bisa lihat targetnya adalah 4.00%, namun persentase toko sebesar 5.81% artinya ajukan banding penalti di TikTok Shop pasti akan ditolak karena buktinya tidak relevan.

Jadi cara ampuh untuk menghindari dan menghapus poin penalti atas keterlambatan pengiriman yang ada di toko Anda adalah bisa screenshot resi pesanan yang sudah kalian kirimkan pada hari itu juga tanpa ada keterlambatan pengiriman.

Apabila ajukan banding penalti di TikTok Shop sudah disetujui, maka otomatis poin penalti tersebut akan dihapus sesuai dengan poin yang sudah diberikan di toko Anda.

Penutup

Semoga informasi ini bermanfaat buat kalian. Jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *