Hitung Denda Telat Bayar EasyCash 1 Hari

Menurut situs berita nasional, biaya persentase denda telat bayar EasyCash untuk 1 hari adalah sebesar 0,8%. Apakah benar demikian?

Kami akan mengajarkan Anda cara menghitung denda keterlambatan EasyCash 1 hari. Pada kasus ini, kita akan menggunakan contoh kasus pinjaman angsuran sebesar Rp279.000.

Yuk, kita langsung mulai saja!

Cara Hitung Denda Telat Bayar EasyCash

Untuk mengetahui berapa biaya keterlambatan, kita akan ambil satu contoh pinjaman dengan angsuran Rp279.000.

contoh telat bayar easycash terbaru

Pada bagian gambar di atas, untuk cicilan periode pertama dan seterusnya adalah sebesar Rp279.000. Tertulis telat 1 hari. Kira-kira persentase denda keterlambatan EasyCash?

Seperti yang saya katakan di atas, menurut situs berita nasional, jika pengguna telat bayar di EasyCash, maka pengguna tersebut akan dibebankan tambahan biaya sebesar 0,8% perhari.

Sekarang kita akan cek apakah benar demikian?

  • Biaya Angsuran: Rp279.000
  • Biaya Angsuran + Denda 1 hari: Rp281.700
  • Jadi, jumlah biaya denda keterlambatan satu hari: Rp281.700 – Rp279.000 = Rp2.700.
  • Untuk mengetahui persentase biaya keterlambatannya, maka cara menghitungnya adalah 2.700 / 279.000 x 100 = 0.96%

Jadi, persentase biaya keterlambatan EasyCash adalah sebesar 0,96%.

Nah, itu baru untuk satu cicilan. Bagaimana jika semua periode cicilan tidak bayar atau telat? Tentunya jumlah utang Anda akan bertambah banyak. Karena biaya keterlambatan di periode pertama dan periode seterusnya akan terus berjalan. Contoh seperti gambar di bawah ini:

Risiko Tidak Bayar EasyCash

Apakah Anda berfikir kalau tidak bayar utang di EasyCash akan masuk penjara? Tentu tidak. Sesuai dengan aturan yang berlaku, ini tidak termasuk unsur kasus pidana, melainkan perdata. Jadi orang yang tidak bisa bayar atau galbay di pinjol seperti EasyCash, maka tidak ada alasan apapun yang bisa memasukkan Anda ke dalam penjara karena utang pinjol.

Baca juga: Apakah Galbay di EasyCash Masuk SLIK OJK?

Berikut ini dampak risiko yang terjadi apabila tidak bayar utang EasyCash:

  • Ada Biaya Tambahan: Jumlah tagihan Anda akan terus bertambah apabila sudah melewati tanggal jatuh tempo dari waktu ke waktu.
  • Limit Pinjaman Turun / Dibekukan: Apabila Anda telat bayar EasyCash, biasanya pinjaman berikutnya limit pinjaman yang tersedia akan turun atau dibekukan. Sehingga Anda tidak bisa lagi menggunakan layanan dari EasyCash dalam jangka waktu tertentu.
  • Riwayat Kredit Buruk: Semua pinjaman Anda akan dicatat di database SLIK OJK. Sehingga tingkat kualitas kredit Anda akan turun. Ke depannya, besar kemungkian Anda akan kesulitan menggunakan layanan kredit di platform manapun.
  • Sulit Mencari Pekerjaan: Nah, baru-baru ini kami membaca artikel berita dari bisnis.com. Kata pihak OJK mengatakan bahwa orang yang sering gagal bayar (masuk ke dalam daftar hitam) di banyak platform pinjol, maka dipastikan akan sulit mendapatkan pekerjaan di beberapa tempat kerja tertentu.
  • Dampak Psikologis: Anda akan stres apabila terlalu banyak pikiran, apalagi masalah utang.

Penutup

Itulah cara menghitung biaya denda telat bayar EasyCash. Ternyata persentase biaya keterlambatan EasyCash bukanlah 0,8%, melainkan 0,96%. Tapi saya tidak tahu apakah mungkin setiap nasabah memiliki persentase yang berbeda-beda?

Sedikit tips. Setau saya, biasaya EasyCash ada penawaran keringan untuk pengguna yang sudah kesulitan membayar utang seperti penghapusan biaya keterlambatan atau bayar hanya 50% dari total tagihan. Jadi, saya berharap kepada Anda untuk membangun komunikasi yang baik terhadap DC online EasyCash agar bisa mendapatkan solusi yang terbaik.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan. Jika ada pertanyaan, Anda bisa tinggalkan pesan di kolom komentar!

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 357

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *