Ulasan EasyCash: Pinjam 15 Juta – Apakah Layak?

Dalam ulasan EasyCash ini, kami mencoba mengajukan pinjaman sebesar 15 juta dengan tenor 6 periode. Jumlah uang yang akan kami terima sebesar 10 jutaan. Apakah pinjam di aplikasi Easycash ini layak digunakan?

Pada artikel ini, kami review Easycash sebagai piminjam berdasarkan pandangan kami. Karena seperti yang kita ketahui, Easycash merupakan layanan yang menjembatani antara pemberi pinjaman dan peminjam. Jadi, selain kita bisa pinjam uang, kita juga bisa investasi dengan memberikan pendanaan kepada peminjam.

Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran atau informasi tentang limit, tenor, angsuran dan biaya tambahan lainnya. Pada bagian akhir, kami juga menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Easycash.

Jadi, mari kita mulai! Berikut ini beberapa poin yang akan kita bahas!

Ulasan EasyCash

EasyCash merupakan salah satu layanan fintech lending P2P populer atau layanan yang menghubungkan antar pemberi pinjaman dan peminjam. EasyCash sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan nomor KEP-49/D.05/2020.

EasyCash dibentuk oleh PT Indonesia Fintopia Technology dan Bank Jago sebagai mitra kerjasama loan channeling.

Berikut ini beberapa profil mengenai EasyCash:

Nama AplikasiEasyCash
KategoriFinansial
DeveloperPT. Indonesia Fintopia Technology
Alamat KantorDEA TOWER 2 LANTAI 18-20 KAWASAN MEGA KUNINGAN JL. MEGA KUNINGAN BARAT KAV. E4 NO. 1-2, Desa/Kelurahan Kuningan Timur, Kec. Setiabudi, Kota Adm. Jakarta Selatan, Provinsi DKl Jakarta, Kode Pos: 12950
OJKKEP-49/D.05/2020
Website Resmihttps://www.easycash.id/
Media SosialFacebook: @EasycashIndonesia
Instagram: @easycash.ind
Twitter: @easycashid
TikTok: @easycash.id
CS1500866

Fitur dan Keunggulan EasyCash

EasyCash mempunyai beberapa fitur dan keunggulan:

  • Limit pinjaman besar: EasyCash menawarkan pinjaman mulai dari Rp200.000 s/d Rp50.000.000
  • Mudah diakses: Aplikasi EasyCash termasuk ringan, simpel dan mudah digunakan.
  • Pilihan akun rekening yang beragam: Selain menggunakan rekening bank offline seperti BCA, Mandiri, BRI, Anda juga bisa menggunakan rekening bank digital sebagai tempat pencairan dana pinjaman. Bank digital yang dimaksud adalah SeaBank, Allo Bank, Neo Bank, Bank Jagoa, BCA Digital dan masih ada lagi.
  • Proses pencairan yang mudah: Setelah pengajuan Anda diterima (di ACC), pencairan dana akan segera di transfer sesuai dengan informasi rekening yang diberikan.
  • Metode pembayaran yang beragam: Anda dan pengguna lainnya bisa menggunakan metode e-Wallet seperti ShopeePay dan lain-lain.
  • Tidak ada biaya layanan: Namun, keunggulan ini tidak semua pengguna yang bisa mendapatkan.

Limit, Bunga dan Biaya Lainnya

EasyCash menawarkan bunga pinjaman sebesar 0,4%, ini menjadi sebagai salah satu opsi pinjaman yang sangat terjangkau di pasaran finansial saat ini. Dengan tingkat bunga yang kompetitif, EasyCash memungkinkan Anda untuk mengakses pinjaman mulai dari 200 ribu hingga 50 juta rupiah.

Dengan limit pinjaman yang fleksibel, Anda memiliki kemampuan untuk memilih jumlah yang sesuai dengan kebutuhan finansial mereka. Tenor pinjaman hingga 6 bulan memberikan kelonggaran dalam mengatur pembayaran cicilan yang sesuai dengan kemampuan pembayaran setiap individu.

Namun di beberapa kasus, ada juga jangka waktu 2 bulan dengan 4 periode. Artinya, dalam tenor 2 bulan, Anda harus membayar cicilan/angsuran sebanyak 4 kali.

Kombinasi bunga pinjaman rendah dan fleksibilitas limit serta tenor membuat EasyCash menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang membutuhkan pinjaman dengan syarat yang mudah dan biaya yang terjangkau.

Contoh Detail Pinjaman 15 juta, Berapa Bunganya?

Sekarang kita bahas contoh kasus pinjaman 15 juta di EasyCash. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar di bawah ini!

Detail pinjaman 15 di easycash

Dalam kasus ini, kita akan melihat kira-kira berapa persentase bunga secara keseluruan.

Menghitung Total Bunga EasyCash 6 Bulan

Untuk menghitung persentase bunga dari pinjaman tersebut, kita bisa menggunakan rumus dasar:

Bunga = Total yang harus dikembalikan − Besar Pinjaman

Dalam kasus ini:

Pinjaman = Rp 15.500.000
Total yang harus dikembalikan = Rp 26.784.000

Bunga = Rp 26.784.000 – Rp 15.500.000
Bunga = Rp 11.284.000

Menghitung Persentase Bunga

Persentase bunga = (bunga/pinjaman) x 100
Persentase bunga = (11.284.000/15.500.000) x 100
Persentase bunga = 72,8%

Hmmm,… lumayan besar, ya..

Menghitung Persentase Bunga Perbulan

Nah, sekarang kita akan cek berapa bunga yang harus kita bayar di tiap bulannya. Kita sudah dapat bunga persentase secara keseluruan yaitu 72,8%. Tinggal kita bagikan saja sesuai dengan tenor pada gambar di atas yaitu 6 periode atau bulan.

Kita tinggal bagikan saja 72,8% dibagi 6 bulan = 12.13%. Jadi, bunga perbulan yang harus dibayar adalah sebesar 12,13%

Menghitung Besar Bunga Perbulan

Pada bagian atas kita sudah mengetahui total bunga yang harus kita bayar selama 6 bulan yaitu sebesar Rp 11.284.000. Jadi, untuk mengetahui berapa bunga yang harus ktia bayar dalam di setiap satu bulannya?

Tinggal kita bagikan saja 11.284.000 / 6 bulan: Rp1.880.666.

Bagaimana menurut Anda?

Persyaratan EasyCash

Untuk mengajukan pinjaman di EasyCash, Anda harus memenuhi syarat-syarat ini:

  • Merupakan warga negara Indonesia,
  • Berdomisili di Indonesia
  • Umur harus 21 s/d 50 tahun
  • Punya KTP Asli.
  • Siapkan daftar kontak darurat.

Cukup mengikuti syarat di atas, Anda bisa mengajukan pinjaman di EasyCash dengan mudah.

Kekurangan EasyCash

Walaupun EasyCash memiliki banyak keunggulan seperti proses pencairan yang cepat, ternyata platform ini juga ada kekurangannya yang perlu Anda pertimbangkan.

Walaupun yang kita bahas di contoh kasus di atas tidak ada biaya layanan, namun pada kasus yang lain, ternyata biaya layanannya cukup besar. Anda bisa lihat gambar di bawah ini:

Menurut kami, jarak tenor periode yang diberikan tidak sepenuhnya 30 hari/1 bulan. Di beberapa kasus, ada jarak periode-nya cuma 15 hari. Anda harus membayar cicilan setiap 15 hari ke depan.

Di beberapa kasus yang lain, jumlah angsuran di periode pertama lebih besar dari pada di periode berikutnya.

Selain itu, dari informasi yang kami dapatkan, ternyata banyak yang tidak bisa pinjam lagi setelah melakukan pelunasan di pinjaman sebelumnya. Bahkan ada yang limitnya dibekukan.

Namun, perlu Anda ketahui, setiap pengguna memiliki tenor, limit dan bunga yang berbeda-beda. Ada yang mendapatkan tenor hanya 4 periode, ada limit yang diberikan hanya Rp500.000, itu semuanya tergantung dari kualitas skor kredit di setiap pengguna.

Kesimpulan: Apakah Layak?

Perlu kamu pertimbangkan jika Anda ingin pinjam dengan nilai pinjaman yang besar. Karna EasyCash juga memberikan biaya tambahan seperti biaya layanan yang cukup mahal.

Bagi kami, EasyCash cocok digunakan untuk pinjaman dengan jumlah yang kecil. Contoh, misalnya Anda butuh uang Rp500.000 atau Rp1.000.000 yang sifatnya mendesak.

Tapi kalau Anda pinjanjam di EasyCash untuk suntik modal usaha dengan dominal yang sangat besar, kami rasa harus mempertimbangkan lagi.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan ulasan EasyCash ini.

FAQs

Berikut di bawah ini kami siapkan beberapa pertanyaan serta jawaban yang berkaitan dengan EasyCash.

Apa EasyCash aman?

EasyCash adalah layanan fintech lending yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dengan No. 10/POJK.05/2022

Easycash kerjasama dengan bank apa?

EasyCash dibangun oleh PT Indonesia Fintopia Technology dan Bank Jago adalah mitra kerjasama loan channeling

Easycash syaratnya apa saja

Syarat pinjam di EasyCash sangat mudah. Anda cukup dengan menyiapkan dokumen pribadi seperti KTP asli , tinggal di wilayah Indonesia dan jangan lupa berikan informasi yang akurat agar tingkat ACC pengajuan Anda tinggi.

Apakah Easycash bisa pinjam 2 kali?

Secara umum, Kita tidak bisa melakukan pengajuan 2 kali. Anda bisa meminjam lagi setelah status pinjaman sebelumnya sudah lunas.

Apakah Easycash bisa pakai Dana

EasyCash tidak bisa mencairkan pinjaman ke e-Wallet seperti DANA. Dulu, bisa menggunakan GoPay, namun sekarang sudah tidak bisa lagi. Alternatifnya, Anda bisa gunakan Bank Jago, Bank Neo dan SeaBank untuk mencairkan pinjaman.

Bagaimana cara menghubungi Easycash?

Anda bisa menghubungi melalui telepon: 1500866

Berapa biaya denda EasyCash 1 hari?

Apabila telat bayar satu hari, maka Anda akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 0,8% perhari.

SiBonar
SiBonar

Panggil saja bang Bonar. Seorang mantan petugas lapangan Koperasi Simpan Pinjam di daerah Jawa Barat khususnya daerah kota Cianjur.

Dengan blog ini, dapat berbagi informasi dan wawasan yang mendalam tentang pinjaman online serta memberikan panduan dan tips untuk memilih layanan pinjaman yang tepat.

Articles: 357

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *