#1 Jualan Di TikTok Shop? Pelajari Dulu Algoritma-nya

Pada kesempatan ini kita akan membahas soal tips cara jualan di TikTok Shop supaya produk kita laris manis, banyak orang yang membeli dan pastinya dapat Profit.

Artikel ini saya buat bagi Anda yang sedang menjalankan dagangan Anda di TikTok Shop namun sedikit pembeli atau bahkan tidak ada.

Anda melihat orang lain berjualan di TikTok Shop yang ramai pembeli padahal produk yang kalian jual itu sama percis.

Untuk itulah saya akan membagikan tips cara menjual produk di TikTok Shop agar ramai pembeli dan pastinya dapat profit besar.

Sebelum itu, kita bahas dulu, ya soal TikTok

TikTok Bukan Sosial Media

Jualan Di TikTok Shop
Jualan Di TikTok Shop

TikTok sebuah platform yang akhir-akhir ini menjadi ekosistem yang sangat luar biasa. Dengan adanya fitur TikTok Shop, banyak para pembisnis online/pedagang online akhirnya memilih TikTok sebagai alat pemasaran online dan terbukti hasil jualannya laris manis.

Tahu nggak, Sebenarnya TikTok itu bukanlah media sosial seperti platform populer lainnya. Bahkan dalam diri mereka sendiri mengatakan bahwa TikTok bukanlah Sosial media, tapi yang lebih tepatnya adalah platform distribusi konten.

Hingga saat ini mereka terus melakukan modifikasi fitur-fitur mereka hingga akhirnya keluarlah TikTok Shop.

Kehadiran TikTok Shop ini merupakan hal yang paling gokil dan keren abis. Fitur yang bisa membuat banyak orang berpeluang untuk mencari keuntungan atau profit melalui media online.

Coba kita bandingkan ketika Facebook dan Instagram mempromosikan product development seperti Instagram Shop itu tidak seheboh seperti TikTok Shop.

Bagaimana cara Supaya Jualan Di TikTok Bisa Laris Manis?

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips agar Anda bisa berjualan di TikTok dan meningkatkan jumlah jangkauan calon konsumen serta meningkatkan profit atau keuntungan.

1. Lakukan LiveStreaming

Meningkatkan penjualan di tiktok shop
Meningkatkan penjualan di tiktok shop dengan rutin livestreaming

Teman-teman harus terbiasa melakukan promosi barang melalui pembuatan video secara langsung atau livestreaming secara rutin.

TikTok bilang, semakin kita sering live, maka semakin besar kesempatan kita untuk mendapatkan kesempatan untuk ditonton oleh banyak orang (berdasarkan mesin algoritma). Mulai dari Frekuensi Live dan Durasi atau Waktu.

Misalnya dalam kurung waktu sebulan kita jadwalkan setiap hari live, berarti kita melakukan live sebanyak 30 kali di TikTok Shop. Dan ini merupakan frekuensi live yang menjadi sebuah poin besar bagi TikTok.

Semakin sering kita LiveStreaming di TikTok Shop dan mendapatkan beberapa komentar atau like, maka secara algoritma, TikTok akun kita akan dinilai sangat berguna dan akan terus direkomendasikan oleh TikTok Shop itu sendiri.

Semakin panjang durasi LiveStreaming kita di TikTok Shop, maka siaran kita akan semakin mudah untuk menyebar ke pengguna lainnya.

Jadi tips pertama rahasia supaya sukses di TikTok adalah:

  • Jadwalkan dan lakukan LiveStreaming setiap hari selama 30 hari.
  • Pertimbangkan waktu atau durasi LiveStreaming berkisar 1-2 jam sehari.

Atau jika Anda punya tim, Anda bisa buat menjadwalkan Live Streaming misalnya dalam sehari 2 atau 3 kali live di TikTok Shop. Contoh:

Jadwal LiveStreaming di TikTok “Baju Murah Meriah”

SHIFT 01SHIFT 01SHIFT 03
10.00 – 12.00013.00-15.0016.00-18.00

Tetap Konsisten!

Jangan pantang menyerah ketika Anda live streaming di TikTok dan ternyata hasilnya yang dinonton hanya beberapa orang saja. Karena jika Anda terus lakukan live secara rutin dan durasi yang lama, maka algoritma akan terus merekomendasikan ke bebarapa penggunanya.

2. Optimasi TikTok Shop

Dengan adanya fitur TikTok Shop, silahkan Anda gunakan fitur-fitur ini untuk berjualan. Hadirnya fitur ini kita lebih mudah berinteraksi dengan konsumen kita secara langsung.

Bisa Anda bayangkan, ketika kita melihat ada yang jualan di Instagram secara Live. Ketika kita tertarik dan ingin membeli produk mereka, maka kita harus keluar dulu dari live mereka, baru setelah itu kita lihat koleksi produk mereka di bio IG.

Sayangnya, berjualan di Instagram itu tidak sekencang kita berjualan di TikTok Shop (pengalaman pribadi).

Nah, salah satu fitur di TikTok yang belum pernah ada di platform lain adalah kita bisa live sambil orang lain langsung melakukan transaksi tanpa harus keluar dari siaran live TikTok Shop.

bisa langsung transaksi saat live Meningkatkan penjualan di tiktok shop

Enaknya fitur ini, kita bisa mengajak para calon konsumen untuk membeli tanpa harus keluar dari Live. Anda bisa secara langsung melakukan demo misalnya produk skincare (kecantikan). Teman-teman bisa mencoba demo (dandan sendiri) sebagai contoh untuk menarik calon konsumen. Dan ketika calon tersebut berminat, mereka tidak perlu keluar untuk melihat produknya karena produk sudah ada di bagian bawah layar live. Tinggal mereka melakukan pembayaran langsung.

Artinya apa?

Pastikan TikTok Shop sudah teman-teman lengkapi dan sudah dioptimasi untuk berjualan. Misalnya yaitu tadi, mengaktifkan TikTok Shop. Lalu atur produknya berdasarkan kategori produk, atur juga kualitas gambar produk.

Jangan berjualan sebelum semua fitur-fiturnya Anda lengkapi dan optimasi.

Harus Tahu!

Dengan adanya TikTok Shop dapat “mengancam” keberadaan marketplace. Bahkan hingga Shopee mengadakan fitur Live Streaming di platform-nya.

3. Rutin Buat Konten

Rajin membuat konten TikTok. Tips mengingkatkan penjualan di TikTok Shop
Tips Meningkatkan penjualan di tiktok shop

Tips jualan di TikTok Shop agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar berikutnya adalah rajin membuat video konten.

Kembali ke basic, TikTok itu sendiri hadir untuk menhadirkan video-video pendek. Oleh karena itu silahkan bagikan konten video pendek yang sifatnya edukatif dan juga entertaining.

Misalnya, Teman-teman bisa melakukan update konten terbaru sehari satu video saja. Buatlah video yang se-kreatif mungkin agar konten Anda itu berkualitas.

Saya tidak mau setelah baca tulisan ini Anda terlalu bersemangat membuat konten sehari tiga video (misalnya) dan akhirnya di titik paling bawah timbul yang namanya jenuh dan bosan.

Intinya adalah lebih baik update konten sedikit namun berkualitas.

Apakah Anda siap? Jika belum membuat toko online di TikTok Shop, simak Panduan Daftar TikTok Shop Seller Center.

Kesimpulan!

Kuncinya adalah Anda harus “watch time”. Maksudnya ketika Anda membuat konten jangan sampai yang nonton itu pengennya langsung swipe atau pindah ke konten yang lain.

Buatlah konten yang akhirnya mereka betah sampai berulang-ulang. Dan itu nantinya sangat berpengaruh pada distribusi konten Anda yang lainnya.

Bagi teman-teman yang ingin memulai berjualan di TikTok Shop namun tidak punya produk. Anda bisa simak “3 Solusi Dropship dari Marketplace ke TikTok Shop“. Di artikel itu saya membahas tentang bagaimana cara kita melakukan dropship dari Shopee, TokoPedia atau marketplace lainnya ke TikTok.

Jadi, itulah 3 tips Rahasia Laris Manis Jualan Di TikTok Shop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *